Tempat Wisata

Wisata alam Pakalolo, sungai eksotik di Luwu yang dikelilingi berbagai vegetasi hijau

Wisata alam Pakalolo, sungai eksotik di Luwu yang dikelilingi berbagai vegetasi hijau

Jelajahi Wisata Alam Pakalolo, sungai eksotis di Luwu yang dikelilingi vegetasi hijau asri menjanjikan petualangan alam yang menenangkan dan mempesona.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Lengkong, Kec. Bua, distrik. Luwu, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pasti sudah banyak yang mengetahui kalau Kabupaten Luwu di Sulawesi Selatan mempunyai potensi alam yang melimpah. Artinya, masih banyak wisata alam yang bisa dikunjungi.

Sebut saja yang belakangan ini lagi hits dan viral di media sosial: Wisata Alam Pakalolo. Tempat ini begitu indah dan dikelilingi suasana asri. Aliran sungai yang sangat jernih diantara bebatuan menampakkan keindahannya.

Sungai ini menjadi daya tarik wisata utama dimana pengunjung dapat merasakan kesegaran airnya sambil berenang atau mandi. Di sisi lain, dikelilingi oleh vegetasi hijau yang beragam, seolah melindunginya sehingga tempatnya sangat rindang.

Pemandangan alamnya sungguh mempesona, udara terasa sejuk. Tempat wisata di Luwu ini terletak di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Tentu saja banyak wisatawan yang merasa betah dan nyaman.

Untuk merasakan keseruan yang lebih maksimal, sebaiknya kunjungi Wisata Alam Pakalolo bersama rombongan, baik itu keluarga, sahabat, atau berpasangan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik alam Pakalolo

Objek wisata alam PakaloloFoto oleh Zara Kimga di Google Maps

Objek wisata alam ini selalu ramai pengunjung. Keluarga, orang tua dan anak biasanya mendominasi. Semuanya tidak lepas dari daya tarik yang dimilikinya. Dibawah ini ulasan lengkap yang bisa kami berikan!

Pemandangan alam yang indah

Alasan mengapa banyak pengunjung datang setiap hari adalah karena keindahan alamnya. Segalanya menjadi lebih sibuk di akhir pekan atau hari libur panjang. Objek wisata alam ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan.

Bisa dibayangkan sendiri betapa indah dan menakjubkannya panorama alamnya. Wisata Alam Pakalolo Luwu tampak eksotis dari atas dengan kumpulan perbukitan dengan konturnya yang khas.

Bukit ini tampak hijau karena ditumbuhi pepohonan sekaligus sejuk. Semua tampilan yang disajikan cocok untuk segala aktivitas. Bahkan untuk penyembuhan, manfaatnya adalah menghilangkan stres.

Sungai jernih yang indah

Bisa dibilang objek utama di sini adalah sungai. Kebanyakan wisatawan yang datang mempunyai tujuan untuk sampai ke sungai jernih ini. Airnya sangat menyegarkan dan mengalir deras di sela-sela bebatuan.

Berbeda dengan sungai-sungai pada umumnya yang mungkin pernah Anda kunjungi, yang umumnya didominasi oleh daratan di sebelahnya. Sungai di wisata alam Pakalolo ini sebagian besar dihiasi dengan bebatuan alam.

Meski sebenarnya memiliki ukuran yang berbeda, namun sekilas terlihat sama. Batu ini dihias di sepanjang aliran sungai. Bahkan ada yang menghalangi aliran air sehingga menimbulkan suara gemericik indah bak nyanyian alam yang merdu.

Pengunjung menghabiskan waktu liburannya di sini dengan berbagai aktivitas. Beberapa orang mandi di sungai untuk merasakan kesegaran airnya.

Ada juga yang berenang, kedalamannya mencapai 1 hingga 2 meter dengan panjang 3 kilometer. Wisatawan yang ingin bersantai biasanya menggunakan batu kali sambil duduk-duduk menikmati suasana.

Suasana alam terasa asri

Daya tarik wisata alam Pakalolo Luwu selanjutnya adalah suasana alamnya yang masih sangat asri. Semak tumbuh subur di sekitar sungai dan sekitarnya, seolah tak tersentuh peradaban.

Pegunungan dan perbukitan pun terlihat sejuk karena ditumbuhi pepohonan. Dengan ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan laut, udaranya dijamin sejuk. Menyegarkan, hal itu bisa Anda rasakan saat menghirup udara. Tidak ada alasan untuk mempertanyakan kualitas oksigen.

Selain itu, beberapa tanaman hias sengaja dibudidayakan untuk menciptakan nuansa alam yang lebih terpancar. Itu sebabnya banyak pengunjung yang berlama-lama di sana dan enggan pulang.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat wisata alam di PakaloloFoto oleh Nugroho Hasan di Google Maps

Lokasinya yang berada di dataran tinggi atau di perbukitan, namun bukan berarti Wisata Alam Pakalolo sulit ditemukan. Di sisi lain, tempat wisata ini cukup mudah dijangkau karena letaknya yang strategis.

Jarak dari pusat Kota Luwu atau Alun-Alun Belopa hanya 40 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kecepatan normal. Silakan gunakan transportasi pribadi untuk berkunjung, baik mobil atau sepeda motor.

Anda juga dapat mencapainya menggunakan layanan perjalanan. Di tempat-tempat tertentu hanya ada angkutan umum, akses menuju desa belum memungkinkan. Alamat lengkapnya di Desa Lengkong, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Cara tercepat menuju Wisata Alam Pakalolo di Luwu adalah melalui Jalan Poros. Saat mendekati lokasi, banyak tanda yang menunjukkan bahwa ini adalah objek wisata populer di Luwu, Sulawesi Selatan.

Jika Anda tidak yakin, silakan bertanya kepada penduduk setempat. Tidak ada salahnya menggunakan Google Maps, namun pastikan Anda mengambil rute yang benar.

Mengunjungi objek wisata ini tidak memerlukan banyak biaya karena tiket masuknya gratis. Hanya saja bagi yang membawa kendaraan pribadi perlu menyiapkan dana untuk biaya parkir.

Tentu saja tidak mahal, karena sama dengan tempat wisata pada umumnya. Dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan wisata alam di PakaloloFoto oleh Ahyana Alwasir di Google Maps

Selama berada di objek wisata alam ini pasti tidak akan bosan dan ingin segera pulang. Pasalnya, ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, semuanya menyenangkan jika dikunjungi bersama keluarga dan rombongan.

1. Menikmati keindahan alam

Tidak hanya saat berada di Wisata Alam Pakalolo saja, saat berwisata pun Anda bisa menemukan keindahan alam. Barisan pegunungan dan perbukitan sangat mengesankan. Ibarat karpet yang tidak digulung, hanya konturnya saja yang diinjak.

Apalagi saat berada di lokasi prima, pesona alam semakin sempurna dengan jernihnya sungai yang dihiasi bebatuan.

2. Bersantai di tepian Sungai Wisata Alam Pakalolo

Kegiatan selanjutnya di Wisata Alam Pakalolo adalah relaksasi. Sekilas memang tidak membantu, namun banyak manfaatnya.

Setidaknya Anda bisa bersantai sejenak dan menghilangkan pikiran stres. Untuk melakukan aktivitas ini, pengunjung dapat menggunakan pendopo di tepi sungai atau duduk di atas batu.

3. Mandi dan berenang di sungai

Tak lengkap rasanya jika tidak merasakan kesegaran airnya saat berkunjung ke Wisata Alam Pakalolo di Luwu. Airnya jernih dan menggoda siapa pun yang melihatnya.

Anda bisa berenang di pantai dan bermain air secara bersamaan. Selain itu, berenang agak ke tengah relatif aman, terutama jika Anda menggunakan ban atau pelampung.

4. Cobalah sensasi river tubing

Sungai tersebut mengalir cukup deras dan membawa serta segala sesuatu yang dilaluinya. Kondisi tersebut membuat Wisata Alam Pakalolo di Luwu cocok untuk river tubing.

Berbeda dengan arung jeram dengan perahu, kali ini Anda menggunakan ban karet. Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan ini karena menyenangkan dan membuat liburan semakin berkesan.

5. Petualangan menyusuri sungai

Jika masih ada waktu, Anda bisa menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan dan suasana alam. Tentu saja cukup panjang, karena panjang sungai ini sekitar 3 kilometer.

Namun tidak semuanya, karena ada kawasan khusus yang dijadikan tempat wisata. Kegiatan ini tidak kalah serunya dengan kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan sebelumnya.

6. Berburu Spot Foto

Untuk melengkapi aktivitas di Wisata Alam Pakalolo, silahkan mencari lokasi terbaik untuk backdrop foto atau video.

Tidak ada lahan yang tersedia untuk ini, namun Anda bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Tempat terbaiknya adalah sungai karena terlihat begitu eksotis dan aroma alamnya merata.

Fasilitas wisata yang tersedia

Sarana wisata alam di PakaloloFoto oleh Sagita Inggriani di Google Maps

Berbagai macam fasilitas yang dapat Anda nikmati di Wisata Alam Pakalolo Luwu, mulai dari fasilitas wajib hingga fasilitas pendukung. Misalnya saja di tempat parkir Anda hanya perlu membayar biaya yang disebutkan di atas.

Ada juga toilet, kamar kecil, dan tempat ibadah. Jika ingin bersantai sejenak, manfaatkan pendopo yang berjejer rapi di sepanjang tepi sungai.

Cukup sekian penjelasan kami mengenai wisata alam di Pakalolo, salah satu tempat yang bisa anda kunjungi saat berlibur.

Banyak atraksi yang ditawarkan, tiket masuknya gratis, dan fasilitasnya lengkap. Karena semua alasan ini, selalu ada banyak hal yang terjadi di sini, baik di hari kerja maupun akhir pekan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button