Tempat Wisata

Wisata dan Kuliner di Vatikan Indonesia

Bagi anda yang belum terlalu familiar, Larantuka merupakan salah satu daerah yang termasuk ke dalam diremehkan sebagai destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur. Daerah ini terkenal dengan panorama pegunungannya yang indah dan juga alamnya yang mempesona. Anda akan dapat menemukan berbagai jenis destinasi wisata yang unik dan menarik. Ditambah kuliner khasnya yang terkenal Besar! Mari baca artikel ini sampai habis untuk menjelajahi Vatikan Indonesia.

Larantuka—Indopreneur

Rute ke daerah Larantuka

Untuk menuju tempat ini dengan cepat dan mudah, Anda bisa memilih transportasi dengan pesawat. Pertama pilih penerbangan ke Kupang kemudian dilanjutkan ke Larantuka menggunakan transportasi Transnusa atau Susi Air. Perhatikan rencana penerbangannya, oke? Penerbangan tujuan ini tidak dibuat setiap hari.

Bandara Gewayantana – WordPress

Sayangnya, ketika Anda tiba di Bandara Larantuka Anda tidak akan dapat menemukan taksi atau bus, sehingga mau tidak mau Anda harus memilih antara ojek atau ojek. Bepergian. Jika Anda melihat harga, Anda lebih hemat anggaran jika Anda menggunakan taksi. Jarak yang perlu ditempuh dari bandara ke Larantuka sekitar 10 km atau bisa memakan waktu setengah jam.

Alternatif lain adalah mengunjungi kawasan ini dengan menggunakan kapal dari Surabaya. Namun sayangnya jadwal keberangkatan masih belum pasti, sehingga perlu mencari tahu terlebih dahulu. omong-omongopsi ini bisa lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan pesawat terbang rakyat.

Destinasi Wisata Menarik di Larantuka Flores

1. Taman Kota Nagi

Salah satu kawasan yang bisa dijadikan destinasi saat berkunjung ke Larantuka adalah mengunjungi Taman Kota Nagi. Anda pasti akan takjub dengan keindahan alam yang ditawarkan tempat ini. Di tengah taman kota ini Anda memiliki pemandangan gunung yang sangat megah di belakangnya. Selain itu, Anda juga akan melihat kepulauan yang mengelilingi Larantuka.

Taman Kota Nagi Larantuka - Liburan SayaTaman Kota Nagi – Liburanku

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman yang luas ini antara lain menikmati pemandangan alam yang indah, berkumpul bersama teman atau keluarga, dan mengunjungi kafe-kafe di sekitar untuk mencoba berbagai kuliner. Untuk mencicipi makanan di pusat kuliner ini, Anda bisa mengunjungi taman kota Nagi ini pada malam hari.

2. Taman Dolorosa Mater

Taman ini merupakan ikon Larantuka, yang konon juga memberi nama Vatikan Indonesia pada kota ini. Terletak di Desa Lohayong, Taman Mater Dolorosa atau biasa disebut Taman Sholat merupakan destinasi wisata religi yang sangat terkenal menjelang Paskah. Selama musim Paskah ini, semua hotel di kota Larantuka penuh, guys!

Taman Mater Dolorosa – Tuan Aladin

Mengenai asal usul namanya, Taman Mater Dolorosa menggunakan bahasa Latin, yang kurang lebih berarti “ibu duka”. Simbol utama taman ini adalah patung Bunda Maria menggendong Yesus. Permata tersembunyi utama di tempat ini terletak pada kenyataan bahwa patung ini berasal dari abad ke-16 dan dibawa oleh misionaris Portugis bernama Gaspardo Espirito Santo dan Agostinhode Madalena.

3. Katedral Reinha Rosari

Perjalanan spiritual ke Larantuka tentu tidak lengkap tanpa kunjungan ke Gereja Katedral Reinha Rosari. Secara historis, tempat ibadah yang dijuluki “Gereja Besi” ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Adobala pada tahun 1884.

Saat itu, untuk memperingati pembaptisan raja, masyarakat Larantuka rela berenang ke tengah laut untuk mengambil besi yang telah mereka buat.jatuh oleh kapal dagang Portugis. Jika Anda menghitung, Katedral Reinha Rosari berusia 129 tahun dan secara luas dianggap sebagai simbol terpenting kejayaan agama Katolik di Flores.

Gereja Katedral Reinha Rosari - Katomed - LarantukaKatedral Reinha Rosari – Katomedo

Terletak di pusat Flores, Gereja Katedral Reinha Rosari menjadi tujuan wajib bagi banyak wisatawan, terutama pada malam puncak ritual Sesta Vera atau pada Jumat Agung atau Samana Santa.

4. Danau Romantis

Sekarang Larantuka terkenal dengan keindahannya yang tiada duanya, kawasan ini juga sering dijadikan sebagai basis wisata sebelum pernikahan. Dilihat dari sejarah yang ditemukan, kawasan danau ini terbentuk akibat efek letusan Gunung Sodoberawao Kobanara sekitar 400-500 SM. Inilah yang membuat kawasan danau ini begitu unik.

Danau Cinta – Mongabay

Pemandangan yang indah dan sejuk dapat dirasakan bersama dengan air danau yang biru dan pepohonan yang rimbun di sekelilingnya. Getaran yang sangat sejuk ini membuat semua orang merasa ingin menghabiskan waktu di area ini. Oh ya, untuk lokasinya sendiri, Danau Asmara terletak di desa Waibao di kecamatan Tanjung Bunga, sekitar 45km dari Larantuka.

5. Pelabuhan Larantuka

Destinasi ini dianggap sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di NTT. Hal ini dikarenakan pelabuhan ini merupakan tempat dimana 3 pulau yang berbeda dapat dilintasi yaitu Adonara, Solor dan Lembata. Setiap hari Anda bisa melihat puluhan perahu motor silih berganti datang dan pergi di kawasan wisata unik ini.

Pelabuhan Larantuka – Trenz Indonesia

Angka ini belum termasuk beberapa kapal kecil yang juga berlayar. Berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda bisa menikmati luasnya bentang alam pulau-pulau di seberang kota Larantuka.

6. Pulau Adonara

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Ada berbagai wisata yang bisa dicoba di tempat ini. Ada banyak pantai yang masih alami dan jarang dijamah oleh masyarakat dan secara alami dikaruniai pasir putih yang membuatnya terlihat sangat indah.

Pulau Adonara – NewsHags

Selain itu, pegunungan yang hijau dan mata yang dikelilingi oleh pantai yang luas dan bersih pasti akan memanjakan mata Anda yang mungkin lelah dari hiruk pikuk kota. Permata tersembunyi di tempat ini adalah air terjun dengan air super jernih yang begitu mempesona. Untuk menuju kawasan pulau ini dari Adonara Anda harus melakukan penyeberangan yang memakan waktu sekitar 15 menit.

7. Pantai Weri berpasir putih

Pantai ini sering disebut sebagai pantai paling alami di Larantuka. Selain pasir putih dan air laut yang jernih, kamu juga bisa menikmati keindahan luasnya pegunungan dan pemandangan alam matahari terbit yang menenangkan dan juga melihat pulau Adnara yang bisa dinikmati dari sisi pantai. Sekarang, untuk pemandangan matahari terbit Bagus Keindahan ini hanya ada di pagi hari, jadi kamu harus datang ke tempat ini di pagi hari!

Pantai Pasir Putih Weri – ValidNews

Wisata kuliner

1. Restoran Siquarra

Salah satu restoran yang wajib dikunjungi di kawasan Larantuka adalah Restoran Siquarra. Hidangan lezat di restoran ini dirancang dan disiapkan langsung oleh tim suami istri, Jansen dan Merdy. Sop ayam goreng dan seafoodnya pas di lidah dan porsinya juga cukup besar, cocok untuk satu atau dua orang.

Siquarra Restaurant Larantuka - Satu TendaSiquarra Restaurant – Sebuah tenda

Pilihan lainnya termasuk sate tuna, sop ayam, sop ayam homemade, ikan goreng crispy, mie goreng fillet ayam, nasi goreng ayam fillet, mie sup sayur, kentang goreng ikan bakar, omelet keju dan banyak lagi. Kentang goreng, pisang raja goreng dengan keju dan cokelat, dan salad mangga. Ada berbagai jenis minuman termasuk jus yang berbeda, jus jeruk, air mineral dan teh.

Untuk menikmati makanan di restoran ini Anda tidak perlu khawatir karena setiap makanannya relatif murah bahkan di bawah Rp10.000,00. Karena Restoran Siquarra berada di kawasan Trans Flores, Anda bisa mengunjungi restoran ini jika akan tiba dan mendarat di Larantuka.

2. Kafe & Bistro Emas

Untuk menikmati hidangan lezat di restoran ini, Anda harus datang ke kawasan Weri Sarotari Larantuka. Ada banyak jenis hidangan yang bisa dinikmati di restoran ini. Salah satu yang bisa Anda temukan adalah dori filet dengan saus sambal dan disajikan dengan nasi liwet. Makanan yang satu ini pasti bikin semua orang air liur dengan tampilan.

Golden Cafe & Bistro - Nasi Liwet Dori Filet - Official FacebookGolden Cafe & Bistro – Nasi Liwet Dori Filet – Facebook Official

Selain itu, Anda juga akan menemukan nasi bakar khas Golden Cafe yang sangat enak. Saat menikmati hidangan ini, Anda bisa mencium aroma daun pisang yang membuat makanan ini lebih segar. Harga yang ditawarkan untuk bersantap di sini juga cukup terjangkau, sehingga Anda tetap bisa berhemat meski makan di restoran mewah.

3. Kafe Duta Besar

Cafe Duta merupakan salah satu warung makan UKM yang bisa ditemukan di kawasan Larantuka. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis makanan dan juga oleh-oleh untuk dibawa pulang. Hidangan khas yang terdapat di sini antara lain granola sorgum jahe, granola kelor, dan juga kopi yang dibuat dari bahan dasar bumbu jahe.

Sereal Sorgum Jahe – Portal NTT

Untuk hidangan utama, Anda akan menemukan nasi Tonu Wujo, yang hanya tersedia di sini. Nama tonu wujo terinspirasi dari sebuah legenda yang berkembang di masyarakat petani Lewolema Kamu tahu! Untuk hadiahnya sendiri tidak perlu dipersiapkan anggaran Apalagi karena setiap porsi sajiannya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Restoran & Kafe Weri

Restoran ini terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 86 Sarotari Larantuka. Begitu masuk, Anda pasti akan merasa nyaman dengan suasana restoran ini. Selain itu, hidangan yang disiapkan di restoran ini juga tersedia dari berbagai jenis makanan khas Indonesia yang sangat otentik dengan bumbu rempahnya. Weri Resto & Cafe menawarkan banyak makanan mulai dari mie dengan bakso hingga makanan khas lainnya seperti Rawon.

Nasi Mie Goreng - Weri Resto & Cafe LarantukaNasi Mie Goreng – Weri Resto & Cafe

Selain itu, ada hidangan seperti nasi goreng, mie ayam, ayam goreng dan capcay. Selain menikmati hidangan super lezat, Anda juga akan ditemani oleh performa musik yang akan menemani Anda saat Anda menunggu makanan. Alhasil, suasana di restoran ini akan menjadi salah satu yang paling unik!

Ayo liburan di Larantuka

Dalam hal tujuan wisata, Indonesia memiliki pilihan terluas. Salah satunya adalah Larantuka. Kami dapat memastikan bahwa kunjungan Anda ke daerah Flores Timur akan definitif penuh senyum. Selain banyak destinasi wisata, Anda juga bisa menemukan restoran atau tempat kuliner yang menawarkan berbagai hidangan lezat.

Larantuka – Kemenparekraf

Setelah mengunjungi Vatikan Indonesia, saatnya juga kamu ke Little Venice, lho! – Little Venice Puncak, recomended tour ala Eropa di Puncak Bogor

Yuk liburan ke tanah air dengan mengikuti referensi terbaik Aneka Wisata!

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Back to top button