Tempat Wisata

Wisata Gua Buniayu : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Wisata Gua Buniayu : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Dari sekian banyak gua yang ada di wilayah Jawa Barat, Gua Buniayu lebih disukai wisatawan karena keindahan gua dan kealamian ornamen yang ada di dalam gua. Gua ini tepatnya terletak di kota Sukabumi, Jawa Barat.

Dengan menjelajahi gua, wisatawan bisa menikmati suasana berbeda. Misalnya menikmati stalaktit, stalagmit, tirai, labu, dan dekorasi gua lainnya. Hal ini akan meninggalkan kesan berbeda saat Anda menikmati keindahan alam.

Gua Buniayu di Pangandaran berarti “keindahan yang tersembunyi” dan berasal dari kata “Buni” yang berarti “tersembunyi” dan “Ayu” yang berarti “indah”. Gua ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film “Wiro Sableng” dan “Buta dari Gua Hantu”.

Fasilitas di Gua Buniayu

Bagi wisatawan yang ingin menginap di Wana Wisata Buniayu, terdapat pilihan akomodasi seperti gubuk kecil dan balai untuk bermalam atau sekedar beristirahat. Harga akomodasi yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp150.000 hingga Rp600.000 per malam dengan kapasitas 3-12 orang.

Jika ingin mendapatkan kesan natural, Anda juga bisa mendirikan tenda di sekitar Wana Wisata Buniayu. Di sekitar lokasi juga banyak terdapat warung-warung kecil dan fasilitas lain seperti toilet umum dan keran air bersih.

Ada dua jenis perjalanan yang ditawarkan kepada wisatawan:

  1. Untuk mencari minat umum, wisatawan memasuki gua yang kedalamannya sekitar 500 meter. Selama pencarian ini, wisatawan tidak memerlukan peralatan khusus. Kenakan saja sepatu anti selip dan pakaian yang nyaman.
  2. Untuk menjelajahi gua tersebut wisatawan memerlukan peralatan khusus antara lain helm, sarung tangan, sepatu boot, ransel tahan air dan perlengkapan lainnya. Peralatan ini disiapkan langsung oleh operator Buniayu.

Sensasi mengalah di Gua Buniayu tak mengenal waktu. Selama wisatawan berada di dalam gua, mereka tidak bisa membedakan siang dan malam. Wisatawan juga bisa memasuki gua ini pada malam hari dan keluar pada pagi hari.

Sejarah Gua Buniayu

Dulunya gua ini dikelola oleh sipir Perhutani. Namun kini sudah ada operator swasta yang mengoperasikan pariwisata di tempat ini secara profesional. Pencarian dan pemetaan Goa Siluman pertama kali dimulai pada tahun 1982 oleh seorang speleologist Indonesia yaitu Dr. RKT Kho dan bersama beberapa pencari Perancis.

Hingga saat ini, sudah ada tujuh gua yang ditemukan dan berhasil dipetakan di kawasan Wana Wisata Buniayu. Namun keindahan Gua Buniayu membuatnya sangat populer di kalangan wisatawan karena lokasi dan suasananya yang lebih menarik dan unik dibandingkan gua lainnya.

Berburu foto di Gua Buniayu

Jika wisatawan ingin mengabadikan momen tersebut, bisa membawa perlengkapan fotografi. Wisatawan bisa mencari foto keindahan dan kealamian Gua Buniayu yang menarik. Hal-hal tersebut dapat menjadi kenangan menarik bagi wisatawan.

Berhati-hatilah agar tidak merusak keindahan gua yang tercipta melalui proses ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Jika Anda menemukan ornamen unik di sini, usahakan untuk tidak menginjaknya, memanjatnya, atau bahkan mengambil foto dari atas, karena dapat merusak formasi mikro labu.

Akses lokasi ke Goa Buniayu

Biaya masuk Gua Buniayu

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk Gua Horisontal Buniayu: Rp 20.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Gua Buniayu

Tips berlibur di kawasan wisata Goa Buniayu

Persiapan pribadi, tentukan jadwal yang tepat di sela-sela kesibukan Anda. Sangat disarankan juga untuk membawa pakaian ekstra karena tentunya Anda akan basah karena air. Jadi jangan lupa membawa baju tambahan agar tidak kehabisan baju disana.

Kondisi fisik Anda juga mempengaruhi perjalanan Anda. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Disarankan untuk memesan panduan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengikuti instruksi pemandu Anda.

Jika Anda tertarik untuk menjelajah Gua Buniayu Hal ini unik sehingga sangat disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Keunikan gua ini merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang patut kita jaga dan lestarikan. Anda juga bisa menerapkan tips yang dibahas dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Galeri foto Gua Buniayu

Selamat datang di Gua Buniayu
Potret Pintu Masuk Gua Buniayu
Potret pengunjung gua
Hunting foto di dalam gua
Air di Gua Buniayu
Makan jajanan di Gua Buniayu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button