Tempat Wisata

Wisata Kawah Putih Ciwidey : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Anda bisa mendapatkan referensi destinasi liburan atau wisata dari berbagai sumber. Bahkan jika kita tertarik dengan tempat yang digunakan untuk pemotretan. Misalnya untuk kegiatan prewedding atau lokasi pemotretan. Apa kamu tahu di mana itu? Jawabannya ada di Wisata Kawah Putih Ciwidey.

Nah, tempat wisata ini sebenarnya terkenal dengan keindahannya. Pernah digunakan sebagai lokasi syuting beberapa film, untuk kegiatan berkuda, atau sekadar sebagai tempat melukis. Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Ya, seperti namanya, tanah di danau ini berwarna putih karena bercampurnya unsur belerang. Air di kawasan ini juga berwarna putih agak kehijauan bahkan bisa berubah warna, tergantung kandungan belerang yang dikandungnya, suhu dan cuaca.

Fasilitas di Kawah Putih Ciwidey

Keindahan tempat wisata ini tidak hanya airnya yang bisa berubah warna tetapi Anda juga akan merasa lebih nyaman karena didukung dengan beberapa fasilitas yang tersedia disana. Di beberapa diantaranya, misalnya begitu sampai di pintu gerbang, Anda akan menemukan transportasi yang akan membawa Anda ke kawah. Ontang – nama anting-anting. Ontang-anting berarti “berjalan mondar-mandir” dalam bahasa Sunda. Ini adalah sebutan khas untuk kendaraan di lokasi wisata. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, jangan khawatir karena tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Pusat informasi sekarang juga tersedia di sini untuk memberikan informasi tentang pariwisata lokal. Tempat peristirahatan umum. Tempat ibadah atau mushola dan tersedianya rumah makan atau warung makan di sekitar lokasi.

Legenda Kawah Putih Ciwidey

Keberadaan Kawah Putih merupakan hasil dari letusan dahsyat Gunung Patuha pada abad ke-10. Setelah letusan ini, banyak orang mengira tempat ini adalah tempat yang mempesona atau mistis karena setiap burung yang terbang melewati tempat ini akan mati.

Sekitar tahun 1837, seorang ahli botani Jerman mengunjungi Danau Kawah Putih untuk melakukan penelitian. Namanya dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang begitu terpesona dengan keindahan kawasan tersebut. Dia berkeliling desa untuk mencari informasi karena dia tidak percaya bahwa tempat ini dihuni oleh hantu.

Dr Franz perjalanan dan mencapai puncak dan menemukan keindahannya. Sejak itu keindahan tempat ini mulai terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan tempat wisata ini.

Tiket masuk Kawah Putih Ciwidey

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 30.000/orang
  • Harga tiket internasional: Rp 81.000/orang
  • Harga Tiket Terusan (Anting Ontang, Skywalk dan Jembatan Apung): Rp 74.000/orang
  • Biaya parkir motor : Rp 8.000
  • Biaya parkir: Rp 15.000
  • Biaya parkir bus: Rp 43.000

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Kawah Putih Ciwidey

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Peta dan Lokasi Akses Kawah Putih Ciwidey

Untuk mengunjungi Kawah Putih tidak jauh dari Situ Patenggang, Ciwidey. Itu pula sebabnya Kawah Putih dan Situ Patenggang kerap dijadikan salah satu sasaran. Kawah putih terletak di Jalan Raya Soreang, Ciwidey KM 25, Bandung Selatan, Jawa Barat. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, Anda dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan dari Situ Patenggang ke tempat ini karena Anda akan menemukan banyak penunjuk jalan di sana.

Situs tersebut berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Karena ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan tersebut tentu lebih dingin dibandingkan di Situ Patenggang dengan suhu antara 8 hingga 22 derajat Celcius.

Tips mengunjungi Kawah Putih Ciwidey

Agar perjalanan Anda menyenangkan, Anda bisa simak dulu beberapa tips yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Meski suhu udara di kawasan tersebut relatif dingin, tetap tidak ada salahnya melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung.
  • Bawalah masker untuk melindungi diri dari bau belerang yang menyengat. Banyak juga toko yang menjual masker.
  • Sebaiknya jangan berada di kawah terlalu lama karena dapat mempengaruhi pernapasan.
  • Jika Anda berkunjung dengan teman yang tidak terlalu banyak, sebaiknya parkir kendaraan Anda di bawah dan nikmati perjalanan yang menyenangkan, lebih murah. Sekaligus, Anda bisa menikmati pemandangan hutan pegunungan yang lebih jelas.
  • Perhatikan kebersihan saat berada di tempat wisata untuk menjaga keindahan dengan tidak membuang bungkus makanan atau sampah sembarangan.

Yuk, atur jadwal dan liburanmu, nikmati keindahan kawasan danau yang masih alami Kawah Putih Ciwidey. Dijamin Anda tidak akan berhenti mengambil foto. Jangan lupa anda bisa membagikan keindahan ini melalui media sosial anda agar tempat wisata ini semakin ramai dan berkembang.

Galeri Foto Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Potret jembatan terapung yang ikonis
Potret kawah saat dipadati pengunjung
berburu foto
Spot foto di jembatan apung
Kawah Putih Ciwidey saat berkabut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button