Tempat Wisata

Wisata Pantai Bangsring : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Wisata Pantai Bangsring : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, tak lengkap rasanya jika tidak singgah ke Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Banyuwangi, dalam wisata Bangsring Under Water (Bunder).

Wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan wisata bahari seperti terumbu karang di dasar laut, pengunjung juga bisa melihat sirip hiu kecil berukuran sekitar 30-50cm yang telah dijinakkan. Puluhan bayi hiu dipelihara dalam kandang di samping alat apung yang disediakan pengelola wisata Pantai Bangsring.

Waktu yang tepat untuk menyelam

Nama keren untuk aktivitas bawah air di tempat ini adalah Bangsring Under Water atau Bunder. Dan para traveller yang pernah mencoba snorkeling di Pantai Bangsring pasti setuju bahwa alam bawah laut di pantai ini tidak kalah dengan Raja Ampat. Wah, bisa dibayangkan kalau panorama bawah lautnya sangat spektakuler, eksotik dan penuh warna. Hal ini berlebihan karena tidak sesuai dengan kenyataan.

Sesampainya di sana, Anda bisa snorkeling dan menyaksikan biota laut di kolam besar seluas 15 hektar di kawasan Pantai Bangsring. Di sana terdapat rumah-rumah terapung yang dasar lautnya dipenuhi terumbu karang dengan kedalaman sekitar 3-5 meter, baik yang baru ditanam maupun yang tumbuh secara alami. Tidak benar?

Makhluk bawah laut seperti terumbu karang di Bangsring Turki tampaknya tumbuh subur. Pancaran warna-warni biota laut yang begitu terang saat terkena sinar matahari tampak begitu mempesona. Siapa pun yang pertama kali melihat permukaan air pasti akan terpesona. Tak heran jika popularitasnya kini bisa disandingkan dengan Raja Ampat.

Meski ikannya masih sedikit, jangan khawatir karena terumbu karang yang tersebar di dasar laut seakan membuat Anda terpesona sehingga Anda bisa kembali menikmati pesonanya. Ikan yang paling banyak ditemui saat snorkeling dan diving di Pantai Bangsring adalah ikan hiu berukuran sedang dan bintang laut biru. Warnanya kontras dengan dasar laut sehingga lebih mudah ditemukan.
Karena pesonanya, tempat ini dimaksudkan untuk menjadi proyek pelestarian alam. Gelar ini diharapkan dapat membantu kelestarian biota laut Pantai Bangsring.

Rumah terapung Bangsring

Rumah terapung yang satu ini cukup terkenal di banyuwangi, sehingga sayang sekali jika tidak mengunjunginya saat berkunjung ke Pantai Bangsring karena jaraknya hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai. Untuk mencapai bangunan yang berbentuk gubuk atau shelter ini, Anda harus menggunakan perahu.

Berenang bersama hiu

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Bangsring. Salah satunya yang sangat menguji ketakutan kita adalah berenang bersama hiu. Bagi yang berani bisa berenang bersama anak-anak hiu blacktip yang dipelihara di dalam sangkar. Walaupun aktivitas ini tergolong aman, namun tetap perlu berhati-hati, apalagi jika baru pertama kali mencobanya, karena jika terlalu takut dan panik dapat menarik perhatian anak-anak hiu dan menyebabkan mereka berperilaku agresif.

Dan jangan khawatir, berenang bersama hiu aman karena di Pantai Bangsring terdapat penjaga atau pemandu yang akan menjaga dan menjamin keselamatan Anda saat berenang.

Tidak hanya hiu yang hidup di keramba, namun juga banyak hewan air lainnya seperti lobster, kerapu, dan berbagai jenis ikan hias.

Mereka yang takut menyelam, berenang bersama hiu atau snorkeling dan lebih menyukai aktivitas santai yang tidak membutuhkan banyak tenaga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk memberi makan ikan-ikan yang biasa hidup di sekitar rumah terapung.

Fasilitas di Pantai Bangsring

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika datang ke Pantai Bangsring, mulai dari Wi-Fi yang penting bagi Anda yang suka berselancar di Internet, paviliun untuk bersantai, hingga kamar mandi dan ruang ganti bagi yang sudah selesai bermain. di dalam air. beberapa akomodasi dengan harga berbeda dll.

Bagi anda yang tidak ingin atau tidak mempunyai alat snorkeling dari rumah, disini juga bisa menyewanya dengan harga berkisar antara 25.000 hingga 35.000 per orang, cukup murah bukan?

Sedangkan untuk rumah terapung sendiri terdapat fasilitas seperti 4 buah banana boat, 17 buah kano, 8 buah kolam keramba dan banyak toilet umum.

Berburu foto di Pantai Bangsring

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Bangsring, pastinya ada lebih banyak tujuan yang ingin Anda jepret kamera, mulai dari mengabadikan pemandangan alam yang indah, deburan ombak yang menghantam karang, rumah terapung, memberi makan ikan atau sekedar bersantai sambil menikmati suasana. Pantai.

Anda juga bisa menyewa kamera tahan air untuk dibawa ke laut sambil snorkeling atau menyelam untuk mengabadikan berbagai jenis biota laut yang Anda temui di sana.

Baca Juga: Wisata Desa Telemung, Melihat Dari Dekat Pengolahan Biji Kopi Luwak

Akses jalan menuju Pantai Basring

Selain memilih kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum. Artinya, pertama-tama Anda harus naik angkot atau becak untuk sampai ke Terminal Sri Tanjung, lalu memilih bus jurusan Situbondo, namun setelah itu harus turun di jalan utama kawasan Bangsring. Dari jalan utama tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Pantai Bangsring karena jaraknya hanya 1,5km.

Biaya masuk Pantai Bangsring

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Bangsring

  • Buka setiap hari mulai pukul 08:30 hingga 16:30

Tips berlibur di Pantai Bangsring

  • Siapkan uang jika ingin snorkeling dan menyelam
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Bawalah baju ganti
  • Berhati-hatilah saat bermain di pantai
  • Bawalah kamera
  • Dan jangan membawa banyak barang berharga

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button