Tempat Wisata

Wisata Pantai Boom : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Wisata Pantai Boom : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Terletak di Desa Mandar di Banyuwangi, Pantai Boom pernah menjadi pelabuhan penting di Banyuwangi. Terletak di pusat kota banyuwangi, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Pantai ini merupakan khas pantai berpasir hitam dan menawarkan latar belakang Pulau Bali yang eksotik. Pengunjung dapat menikmati pantai sambil menikmati buah kelapa di jalur pejalan kaki atau bersenang-senang dengan menunggang kuda atau bersepeda quad.

Selain menjadi destinasi wisata, pantai ini juga menjadi tempat beberapa acara besar, seperti tari kolosal Sewu Gandrung, acara adat dengan 1000 tarian tradisional, dan Banyuwangi Beach Jazz.

Pada zaman dahulu, Pantai Boom sebenarnya merupakan sebuah pelabuhan penting. Banyak terdapat kapal yang mengangkut berbagai moda transportasi (kopra) dan juga kapal nelayan. Hal ini dibuktikan dengan adanya dermaga pelabuhan, tempat pelelangan ikan bekas dan berbagai gudang bekas.

Biasanya warga memanfaatkan dermaga ini untuk beraktivitas seperti memancing. Di sebelah selatan terdapat Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut yang merupakan tempat peristirahatan pasukan ALRI yang gugur melawan Belanda di kawasan Banyuwangi.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini selain memancing di atas. Anda juga bisa berlatih olah raga pantai seperti paralayang, jet ski dan juga paramotoring.

Walaupun banyak orang memandang pantai di banyuwangi ini dengan sebelah mata karena disebut jorok, jorok, banyak sampah berserakan, tempat berkumpulnya orang-orang jorok, namun sebenarnya Pantai Boom adalah pantai dengan pemandangan yang indah.

Upaya Pemerintah Memperbaiki Pantai Boom

Pada tahun 2014, sebenarnya pemerintah kabupaten. Banyuwangi memutuskan menjadikan Pantai Boom sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Banyuwangi. Pemikiran tersebut muncul dari pertimbangan Pemkab Banyuwangi berdasarkan hasil survei yang mengungkapkan bahwa Pantai Boom mendapat jumlah kunjungan wisatawan domestik terbanyak di antara tempat wisata lainnya di Banyuwangi.

Dengan dukungan pemerintah, sepertinya Pantai Boom akan terus berbenah dan berkembang menjadi pantai yang bersih, nyaman dan indah serta banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara dengan menjadi destinasi wisata berciri khas suku Osing.

Pemkab Banyuwangi sudah mulai mengambil langkah awal. Salah satunya dengan memindahkan lapak-lapak PKL yang biasa berjualan di kawasan pantai ke lokasi baru dan menatanya kembali agar terlihat lebih rapi.

Dan tidak lupa juga mimpi besar yang ingin diwujudkan oleh Pemkab Banyuwangi yang saat ini telah memiliki fasilitas air jet ski yang dapat digunakan oleh pengunjung. Jadi kedepannya akan ada fasilitas untuk penerbangan paralayang dan paramotor. Semoga penantian ini tidak hanya sekedar mimpi, namun menjadi mimpi yang bisa menjadi kenyataan kembali.

Fasilitas di Pantai Boom

Fasilitas yang tersedia di Panti Boom bisa dikatakan cukup lengkap dan bervariasi, apalagi sudah mendapat perhatian lebih dari pemerintah banyuwangi. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai warung makan berjejer yang juga menjual minuman jika Anda ingin rehat sejenak mengisi perut lapar sambil menikmati udara pantai dan sejuknya angin.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi Pantai Boom dan sekitarnya dengan sepeda motor, tersedia juga persewaan sepeda motor. Terdapat pula persewaan kuda, fasilitas olah raga pantai, shelter dan juga beberapa akomodasi yang bisa Anda temukan di sekitar Pantai Boom.

Berburu foto di Pantai Boom

Pastinya tidak sulit menemukan spot menari atau spot pantai untuk berfoto. Entah Anda sedang berfoto selfie, berfoto bersama teman, saudara atau bahkan memotret pemandangan indah yang terbentang di sekitar Anda. Manfaatkan waktu luang Anda untuk mengabadikan momen di Pantai Boom untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Ingin pemandangan yang lebih indah lagi? Pastikan anda datang pada pagi hari atau sebelum matahari terbit karena saat matahari terbit keindahan tempat ini sudah tidak diragukan lagi. Warna jingga langit yang menyentuh gemerlap permukaan air laut menciptakan panorama yang memukau.

Selain itu, objek kamera Anda akan lebih banyak dan menarik jika Anda datang saat pertunjukan budaya atau festival jazz.

Baca juga: Masjid Agung Pondok Tinggi, Indahnya Masjid Kuno di Kerinci

Akses jalan menuju Pantai Boom

Untuk menuju Pantai Boom, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik mobil, sepeda motor maupun kendaraan seperti ojek dan becak. Untuk angkutan umum seperti angkutan umum dan sejenisnya, sayang sekali tidak ada yang melewati tempat ini.

Anda perlu mengambil rute berikut:
1. Dari Simpang Lima ambil Jalan Dr. Sutomo tiba di Taman Blambangan.
2. Dari lampu lalu lintas Taman Blambangan harus terus berkendara ke utara hingga mencapai bundaran PLN.
3. Setelah sampai di bundaran PLN harus belok kanan dan masuk ke Jalan Nusantara.

Biaya masuk Pantai Boom

Sedangkan untuk jam bukanya anda bisa datang dari pagi hingga sore hari dan tidak perlu khawatir mengenai tiket masuk Pantai Boom karena harganya sangat terjangkau, hanya dengan 3.000 rupiah per orang anda sudah bisa menikmati salah satu pantai yang ada di banyuwangi. .

Jam buka Pantai Boom

  • Buka pada hari kerja dari jam 5 pagi sampai jam 9 malam
  • Buka pada akhir pekan mulai pukul 04.30 hingga 22.00

Tips berlibur di Pantai Boom

  • Siapkan uang tunai secukupnya
  • Jangan lupa menggunakan tabir surya dan membawa topi atau kacamata hitam
  • Bawalah kamera agar Anda dapat mengambil foto yang menyenangkan
  • Tentukan moda transportasi mana yang ingin Anda gunakan

Galeri Foto Pantai Boom

Pantai Boom, pantai yang berada di pinggir jalan utama
Potret Pantai Boom
Potret pantai dari jembatan
Berburu foto di jembatan
Matahari terbenam di Pantai Boom

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button