Tempat Wisata

Wisata Pantai Grajagan : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Wisata Pantai Grajagan : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Selain pantai-pantai yang lebih terkenal, Pantai Plengkung (G-Land), Pantai Pulau Merah, dan Pantai Pesanggaran, pantai berpasir hitam di Pantai Grajagan merupakan bagian dari garis pantai mempesona yang bersama-sama membentuk Pantai Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Pantai Grajagan juga semakin populer di kalangan penggemar selancar dari seluruh dunia.

Pantai Grajagan terletak kurang lebih 52 km sebelah selatan jantung kota Banyuwangi dalam Kawasan Pemanfaatan Hutan (KPH) Banyuwangi seluas 314 hektar di Taman Nasional Alas Purwo dan dekat dengan desa Grajagan di Kecamatan Purwoharjo. Pantai ini berfungsi sebagai pintu gerbang ke tempat selancar hebat lainnya di dekat Banyuwangi, termasuk G-Land yang populer.

Pemandangan pantainya yang luas ditutupi pasir hitam yang indah dan dihiasi gua dan bukit. Berjalan di pinggir pantai, masyarakat akan disambut dengan panorama pantai yang tenang dan deretan perbukitan indah yang terdengar suara deburan ombak yang kencang. Di sini kita juga bisa mengunjungi tiga gua yang pernah digunakan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.

Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah di mana Anda dapat menyaksikan nelayan tradisional berlayar ke tengah laut dan menyaksikan perahu kembali di sore hari dengan membawa hasil tangkapannya. Di sini Anda bisa membeli ikan segar yang ditangkap langsung dari perahu. Atau untuk pengalaman unik, cobalah berlayar bersama mereka dan menangkap ikan dengan cara tradisional.

Grajagan merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pasir yang luas dan bersih menghalangi pantai. Bukit di seberang lautan, menempel kuat ke tanah. Di sini Anda bisa menikmati indahnya panorama desa nelayan Grajagan. Gua-gua perlindungan tempur pada zaman Jepang dapat dilihat di sini.

Kegiatan rekreasi luar ruangan dapat dilakukan di banyak tempat, seperti: B. di hutan, gunung, danau, pantai dll. Grajagan merupakan salah satu pantai di banyuwangi yang memiliki perpaduan antara lembutnya ombak laut di satu sisi dan hutan lebat di sisi lainnya. Dari sini kita bisa menikmati indahnya panorama desa nelayan Grajagan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Di sini Anda akan menemukan sebuah gua kuno yang ditutup oleh tentara Jepang.

Dan jika Anda penggemar selancar, Anda pasti harus menjajal ombak di Pantai Grajagan di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Grajagan dikatakan memiliki ombak yang paling konsisten di dunia dan direkomendasikan hanya untuk peselancar profesional. Tak hanya ombaknya yang indah, garis pantai yang berjarak 53 kilometer selatan Banyuwangi ini juga menawarkan pesona yang luar biasa.

Tempat yang nyaman dan asri, jauh dari hiruk pikuk kota besar sangat cocok untuk kita habiskan waktu, seperti Pantai Grajagan. Pemandangan birunya air laut dan deretan pegunungan di kejauhan seolah mengajak kita berlama-lama.

Fasilitas di Pantai Grajagan

Meski fasilitas yang ada di tempat ini jauh dari kata lengkap, namun setidaknya ada beberapa fasilitas yang dibangun untuk membantu wisatawan yang datang ke Pantai Grajagan, seperti toilet umum, tempat parkir yang cukup luas dan asri dengan banyak pepohonan dan bangku-bangku. Di sini Anda bisa bersantai. Duduk santai dan nikmati segarnya suasana pantai. Di dekat kawasan Grajagan juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Akomodasi juga disediakan bagi siapa saja yang ingin bermalam di Pantai Grajagan. Properti ini memiliki 10 kamar dan 2 rumah berupa bungalow yang menghadap ke laut. Bayangkan indahnya pemandangan yang bisa Anda nikmati saat bangun tidur di pagi hari. Harganya sendiri terbilang masih terjangkau, hanya berkisar 100.000 hingga 150.000 rupiah per kamar.

Berburu foto di Pantai Grajagan

Berburu foto di tempat ini memang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda datang di hari biasa saat belum banyak pengunjung atau wisatawan yang mengunjungi Pantai Grajagan, sehingga Anda bisa leluasa mengabadikan momen bersama bersama keluarga atau teman Anda selama berkunjung ke pantai.

Tentunya jika ombak pantai tidak terlalu besar, Anda juga bisa mengambil foto pantai atau sambil bermain di laut dengan kamera tahan air. Jika tidak, Anda perlu berhati-hati karena air laut dapat dengan mudah merusak kamera ponsel Anda.

Baca Juga: Wisata Desa Telemung, Melihat Dari Dekat Pengolahan Biji Kopi Luwak

Akses jalan menuju Pantai Grajagan

Untuk menuju Pantai Grajagan cukup mudah karena sudah tersedia jalan beraspal untuk mobil dan angkutan umum. Dari Banyuwangi dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Pantai Grajagan. Jalannya cukup lebar bahkan untuk bus besar.

Jika ingin menggunakan angkutan umum, naik bus dari Banyuwangi tujuan kota Jember (dan sebaliknya) dan turun di Benculuk. Dari Benculuk perjalanan menggunakan minibus sejauh kurang lebih 12 km sebelum sampai di Pantai Grajagan.

Biaya masuk Pantai Grajagan

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Grajagan

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur di Pantai Grajagan

  • Meski warung buka di sana, ada baiknya jika Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Jika Anda menghitungnya, Anda dapat menghemat biaya
  • Jangan lupa memakai topi atau kacamata pelindung di siang hari
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari
  • Jangan lupa membawa kamera agar bisa mengambil foto yang asyik

Galeri Foto Pantai Grajagan

Potret Pantai Grajagan
Perburuan Foto
Titik foto di bebatuan pantai

Berkemah di Pantai Grajagan
Potret perahu nelayan di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button