Tempat Wisata

Wisata Pantai Nepa : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Madura seringkali jarang terlihat oleh wisatawan yang datang ke Jawa Timur, sebagian besar lebih memilih mengunjungi ibu kota provinsi Jawa Timur yaitu Surabaya, atau kota lainnya. Namun siapa sangka ternyata masih banyak surga di Pulau Madura yang sebagian besar masih belum terjamah dan baru, padahal banyak penggemar travelling yang sekedar melihatnya saja. Jika Anda sedang berlibur atau jalan-jalan ke Pulau Jawa, tak ada salahnya jika Anda menjelajahi pulau garam ini sekaligus merasakan pengalaman menaiki Jembatan Suramadu.

Destinasi wisata di Madura yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Nepa, sebuah pantai yang terletak di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Pantai ini juga satu dengan destinasi wisata menarik lainnya yaitu Nepa Monkey Forest. Meski tempatnya agak terpencil dan cukup jauh dari pusat kota, namun banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini karena pantai ini masih terbilang jarang terjamah oleh tangan-tangan jahil manusia.

Pemandangan yang tertata rapi dan indah selalu menanti Anda jika berhasil menyelesaikan perjalanan menuju tempat ini. Memang tidak mudah untuk mencapai Pantai Nepa, namun begitu sampai disana semua rasa penat dan penat akan langsung hilang, karena pandangan anda langsung tertuju pada birunya air laut yang sangat kontras dengan pasir putih dan halusnya. jika terlihat mengundang, Anda akan betah berlama-lama dan menikmati pesonanya.

Pepohonan rindang juga terlihat di sekitar Pantai Nepa yang sebagian besar berasal dari hutan monyet. Di bawah pepohonan tersebut Anda bisa bersantai atau piknik sambil mengagumi keindahan pantai ini.

Beragam aktivitas bisa Anda lakukan di Pantai Nepa, mulai dari bermain voli pantai bersama keluarga atau teman di pasir putih lembut, bermain di pantai sambil mencelupkan kaki ke air laut, atau bermain di laut karena deburan ombak di pantai. pantainya tidak terlalu besar sehingga masih dianggap aman. Meski demikian, penting untuk tetap berhati-hati dan memperhatikan jarak.

Namun bagi Anda yang tidak ingin bermain atau berenang di laut, Anda bisa memilih aktivitas lain yaitu mengunjungi Nepa Monkey Forest yang berada di dekat pantai. Selama Anda tidak takut dengan monyet, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri hutan di kawasan ini dan memberi makan kepada monyet yang Anda temui. Tenang saja, meski ada sekawanan monyet liar di sana, mereka tidak akan menyerang Anda jika Anda tidak bersikap sembarangan atau kasar terhadap monyet tersebut. Untuk masuk ke sana, Anda hanya perlu berjalan sedikit hingga menemukan gerbang berwarna hijau dengan tulisan tersebut “Selamat datang di Hutan Monyet Nepa”.

Yang juga menarik dari Nepa Monkey Forest adalah terdapat dua kerajaan monyet yang berbeda yaitu kubu utara dan selatan. Sehingga pihak utara tidak akan mau melintasi wilayah milik pihak selatan dan sebaliknya. Namun jika mampir ke sana, Anda tidak bisa membedakan mana monyet yang berasal dari selatan dan mana yang berasal dari utara, karena bentuknya sama.

Fasilitas di Pantai Nepa

Sangat disayangkan keindahan alam yang bisa dinikmati di pantai ini berbanding terbalik dengan fasilitas yang sangat kurang dan memadai di Pantai Nepa. Meski pemerintah telah berencana membangun fasilitas penunjang bagi wisatawan, namun hal tersebut belum terealisasi. Karena dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh objek wisata ini, maka akan semakin menarik wisatawan jika dibangun tempat-tempat seperti kantin, toilet umum, tempat siram dan lain-lain.

Di sini hanya terdapat tempat istirahat berupa bangku dan kursi, namun tanpa payung yang dapat melindungi Anda dari teriknya sinar matahari. Untuk akomodasi sendiri, Anda bisa memilih antara berkemah di pinggir pantai atau menginap di homestay di rumah warga terdekat.

Berburu foto di Pantai Nepa

Tak perlu khawatir tempat wisata ini kekurangan tempat menarik untuk berfoto. Pemandangan birunya air laut dan deburan ombak di pinggir pantai bisa menjadi latar yang sempurna untuk Anda berfoto bersama keluarga atau teman. Selain itu, karena letaknya yang dekat dengan hutan, burung-burung liar sering terlihat di sini, sehingga semakin sering menarik perhatian burung-burung ini.

Anda juga bisa mengambil foto saat berkunjung ke Nepa Monkey Forest. Tak perlu takut, monyet-monyet di sini biasanya cukup jinak untuk difoto. Bahkan menjelang matahari terbenam pun Anda bisa menikmati pemandangan yang tak kalah indahnya. Langit jingga membuat air laut semakin berkilauan, membuat Anda betah berlama-lama memotret pemandangan.

Baca Juga: Wisata Makam Bung Karno Mengenang Presiden Pertama Kita di Kota Blitar

Akses jalan menuju Pantai Nepa

Untuk mencapai wisata Pantai Nepa, Anda mempunyai dua pilihan jalan yang bisa dipilih, khususnya bagi Anda yang melakukan perjalanan dari luar Pulau Madura. Perjalanan memakan waktu sekitar dua jam dan jaraknya sekitar 90 km. Anda yang menggunakan jalan tol di Jembatan Suramadu dapat segera berganti kendaraan dan melewati kota Sampang. Untuk jarak yang lebih pendek dan waktu tempuh yang lebih singkat, Anda juga dapat mengambil jalur alternatif dengan berkendara melalui kota Bangkalan kemudian mengarahkan kendaraan Anda ke arah pantai utara. Perlu anda ketahui bahwa jarak yang harus ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 70 kilometer.

Angkutan umum juga banyak tersedia di sepanjang akses jalan menuju Pantai Nepa. Anda membayar sekitar 15.000 rupiah, namun tentunya harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, dan untuk angkutan umum yang bisa Anda gunakan juga tersedia beberapa jenis bus antara lain minibus dan juga bus patas atau bus ekonomi, dan ada pula juga kendaraan L 300 yang tentunya juga bisa anda pilih untuk Wisata Pantai Nepa.

Biaya masuk Pantai Nepa

  • Biaya masuk: Rp 5.000 hingga 10.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Pantai Nepa

  • Buka setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 18.30

Tips berlibur di Pantai Nepa

  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Jika Anda berencana mengambil foto di sana, bawalah kamera
  • Jangan bersikap agresif terhadap monyet saat mengunjungi hutan

Galeri Foto Pantai Nepa

Potret Pantai Nepa di Madura
Keindahan Pantai Nepa
Foto sebelum pernikahan di Pantai Nepa
Penyewaan ATV
Fasilitas saung
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button