Berita Wisata

Wisata Pasir Berbisik Bromo, plus fasilitas dan harga tiket

YOGYAKARTA – Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Jawa Timur. Destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi adalah pasir berbisik Bromo. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang eksotis di kaldera Gunung Bromo.

Pasir Berbisik adalah julukan untuk kawasan di puncak Gunung Bromo yang memiliki hamparan gurun pasir yang sangat luas. Banyak pengunjung datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan alamnya yang indah. Di tempat ini pengunjung biasanya berfoto dan mengabadikan momen.

Wisatawan juga bisa menikmati wisata keliling pasir berbisik Bromo menggunakan jeep. Di lokasi wisata, jasa menawarkan wisata jip kepada pengunjung. Selain itu, di kawasan pegunungan, Bromo juga menawarkan spot untuk melihat matahari terbit.

Wisata Lautan Pasir Berbisik Bromo

Pasir berbisik telah menjadi ikon wisata di Bromo. Liburan ke Gunung Bromo belum lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki di kawasan pasir berbisik. Sesampainya di sana, wisatawan akan mengabadikan momen dengan berfoto di tengah lautan pasir dan latar Pegunungan Tengger.

Kawasan Pasir Berbisik berada di sebelah timur Kawah Bromo. Tempat ini berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Pasir kawasan ini menawarkan keunikan dan eksotisme karena warnanya yang hitam.

Sedangkan asal usul nama Pasir Berbisik dikaitkan dengan film yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Pada tahun 2001, Garin membuat film berjudul Pasir Berbisik. Lautan pasir Gunung Bromo disebut pasir berbisik karena angin yang bertiup di sana membuat butiran pasir terdengar seperti bisikan.

Luas Pasir Berbisik mencapai 5.300 hektar. Tempat ini dikelilingi ngarai dan lembah yang sangat indah untuk dijadikan spot foto.

Pilihan Wisata Gunung Bromo

Wisata Jeep Pasir Berbisik Bromo

Wisatawan dapat mengunjungi kawasan pasir berbisik dengan mengendarai jeep. Pengelola taman wisata hanya memberlakukan kendaraan Jeep roda empat yang diperbolehkan melewati zona ini. Biasanya pasir berbisik juga menjadi paket yang disediakan oleh travel agent untuk wisata TNBTS.

Pengunjung tidak perlu bingung jika tidak membawa jeep ke tempat ini. Di lokasi, ada banyak persewaan mobil jip untuk wisatawan. Pengunjung akan diajak berkeliling menikmati hamparan gemerisik pasir dari pengemudi Jeep. Pengunjung juga bisa menggunakan Jeep sebagai properti foto agar lebih menarik dan keren.

Jejak pemandangan di Pasir Berbisik Bromo

Selain jeep, pengunjung juga bisa mengelilingi kawasan pasir berbisik menggunakan sepeda trail. Di tempat ini juga disediakan persewaan sepeda track bagi pengunjung. Tawaran wisata ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai adrenalin.

Pengunjung bisa mengendarai sepeda sambil melintasi hamparan pasir Bromo. Kondisi medan berpasir yang sulit dilalui sepeda motor dan pasir yang beterbangan menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung.

Wisata Menunggang Kuda di Pasir Berbisik Bromo

Di tempat wisata Pasir Berbisik Bromo juga terdapat persewaan kuda. Tawaran wisata ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan dengan santai dan santai. Pengunjung dapat mengelilingi hamparan pasir tersebut dengan menunggang kuda dan dipandu oleh pawang anjing.

Serunya menunggang kuda menelusuri pasir berbisik Bromo merupakan keseruan tersendiri. Pengunjung dapat duduk dengan nyaman di atas sadel kuda karena kuda yang disewa sudah jinak dan dirawat dengan baik. Pengunjung juga bisa menggunakan kuda sebagai teman untuk berfoto agar lebih estetik.

Jam Wisata Pasir Berbisik Bromo

Situs Pengunjung Pasir Berbisik Bromo terbuka untuk umum selama 24 jam. Biasanya tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada jam 5 pagi untuk menyaksikan golden sunrise. Dari kawasan pegunungan Tengger, wisatawan bisa melihat momen matahari terbit yang sangat indah.

Selain itu, banyak juga wisatawan yang datang ke tempat ini pada bulan Juli dan Agustus untuk melihat Fenomena Es Bromo di pagi hari. Selama bulan ini, suhu di tempat ini bisa mencapai -5 derajat Celcius. Suhu dingin membentuk lapisan es dan salju di Bromo setebal 2 hingga 3 sentimeter.

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo

Harga tiket masuk kawasan wisata Bromo bervariasi tergantung hari dan kewarganegaraan pengunjung. Berikut rincian Tiket Masuk Wisata Bromo.

Wisatawan lokal: weekdays = Rp 29.000. Hari libur nasional = Rp 34.000

Wisatawan mancanegara : weekdays = Rp 220.000. Hari Libur = Rp 320.000

Menunggang kuda: Rp 150.000

Sewa jeep: Rp 500.000

Sewa sepeda touring: Rp 250.000

Demikian informasi mengenai Wisata Pasir Berbisik di Gunung Bromo dan harga tiket masuknya. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tour. Bagi Anda yang sedang mencari tujuan liburan, wisata Gunung Bromo menjadi pilihan terbaik.

Tetap up to date dengan berita terbaru dalam dan luar negeri di VOI. Anda menyajikan berita dan pembaruan di tingkat nasional dan internasional.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button