Tempat Wisata

Wisata Pulau Tabuhan : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Wisata Pulau Tabuhan : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Tepat di seberang Pulau Bali, namun masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur, terdapat permata sebuah pulau bernama Tabuhan, yang terletak tepat di Selat Bali. Meskipun Tabuhan merupakan pulau kecil, namun memiliki pantai berpasir yang luas, biota laut yang menakjubkan, tumbuhan dan hewan yang menarik, beberapa di antaranya terancam punah, dan juga terbukti ideal untuk selancar layang.

Pulau Tabuhan memang menjadi salah satu lokasi kitesurfing paling ideal di Asia Tenggara karena kecepatan angin di atas pulau tetap berkisar antara 20 hingga 25 knot. Oleh karena itu, pulau ini juga dipilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Pro Kiteboarding pada bulan Agustus 2015. Selain manfaat tersebut, Tabuhan juga menawarkan kesempatan menarik untuk snorkeling dan menyelam. Terumbu karang merupakan rumah bagi berbagai biota laut yang fantastis, sehingga pengunjung dapat segera mengambil peralatan selam dan terjun ke perairan jernih untuk melihat lebih dekat dan bersahabat dengan makhluk bawah air beraneka warna.

Di darat, Tabuhan juga melindungi satwa langka, antara lain burung Maleo yang dapat dikenali dari bulunya yang hitam, kulit sekitar matanya yang kuning, dan kakinya yang berwarna abu-abu. Sebenarnya burung ini biasanya hanya terdapat di Pulau Sulawesi, sehingga menemukan temuan ini di alam liar di pulau ini saja sudah cukup.

Selain maleo, Tabunan juga menjadi habitat burung enggang gading, spesies langka lainnya, area sekitar perut, kaki, dan ekornya berwarna putih. Tanaman lain yang banyak dicari namun dilindungi adalah setigi, yang digunakan untuk membuat tanaman pot hias bonsai Jepang yang rumit.

Pulau Tabuhan adalah pulau fantastis yang dikelilingi pasir putih. Karang tampak bermekaran di taman dalam bentuk dan warna yang menakjubkan. Tumbuhnya karang dari karang menjadi rumah bagi seluruh komunitas biota laut, seperti: ribuan pemandangan laut yang indah, berbagai jenis ikan akuarium (Amphiprion the Dacyllus, Labrida red dan Gorisygula), kerang, bunga karang, kepiting dan tumbuhan laut. . Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas termasuk snorkeling dan menyelam dalam dengan alat bantu pernapasan, menjelajahi terumbu karang dan biota laut di TPA yang spektakuler, serta melihat bawah air atau berjemur – sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Jika Anda suka berselancar, Anda bisa belajar berselancar di Pantai Tabuhan yang indah. Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis selancar? Faktanya, selancar saat ini telah menjadi budaya yang berkembang melampaui olahraga itu sendiri. Perlengkapan fashion dan pakaian untuk setiap pecinta selancar berkembang pesat di seluruh dunia.

Selain menyenangkan karena bisa bermanuver di papan selancar, berselancar juga bisa dilakukan di tempat lain selain pantai. Stand-up surfing di ombak pantai telah menjadi salah satu olahraga ekstrim yang paling terkenal dan menantang. Anda juga dapat mencoba selancar layang, selancar angin, dan selancar jalanan yang dikenal dengan skateboarding.

Sesampainya di Pulau Tabuhan anda bisa menyaksikan hamparan pasir putih luas berhiaskan bebatuan karang, mercusuar yang menjulang tinggi serta burung-burung yang berterbangan menambah indahnya pemandangan disana dan mengajak kita untuk berlama-lama.

Fasilitas di Pulau Tabuhan

Tentu saja karena merupakan pulau yang tidak berpenghuni, tidak ada fasilitas pendukung wisata seperti toilet, tempat cuci tangan, atau kantin yang menjual makanan dan minuman. Satu-satunya hal yang dapat Anda temukan adalah beberapa kabin bambu tempat Anda dapat berganti pakaian.

Selain pondok bambu, pilihan lainnya adalah dengan menyewa peralatan snorkeling yang disediakan di atas perahu saat Anda menyeberang menuju Pulau Tabuhan. Jadi jangan berharap banyak terhadap fasilitasnya bagi anda yang berencana datang ke pulau ini.

Berburu foto di Pulau Tabuhan

Saat Anda berkunjung ke Pulau Tabuhan, banyak tempat menarik yang bisa Anda jadikan tempat untuk mengambil jepretan kamera. Keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di sana, pemandangan air laut yang jernih dan pasir putih yang sangat indah, serta wisatawan dan mancanegara yang menikmati olahraga air di sana juga bisa menjadi destinasi keren.

Tentu saja Anda bisa berfoto selfie sepuasnya di sini selama baterai kamera Anda masih menyala, karena tidak ada tempat untuk mengisi baterai di Pulau Tabuhan. Beberapa perahu yang menyewakan peralatan snorkeling juga menyewakan kamera yang bisa Anda bawa di bawah air sehingga Anda bisa mengambil foto pemandangan bawah laut sambil menyelam.

Baca juga: Agrowisata Kalibendo, Nikmati Keindahan Alam dan Air Terjunnya

Akses jalan menuju Pulau Tabuhan

Untuk menuju Banyuwangi, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda pilih baik dari Jakarta maupun Surabaya, yaitu dengan pesawat, kereta api, atau bus. Setelah sampai di kota banyuwangi, lanjutkan perjalanan dengan taksi atau kendaraan pribadi menuju Pantai Bangsring, dimana anda bisa langsung menyewa perahu untuk menuju Pulau Tabuhan.

Biaya masuk ke Pulau Tabuhan

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya perjalanan dengan perahu: Rp 450.000 (pulang pergi)

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Tabuhan

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Pulau Tabuhan

  • Lebih baik pergi berkelompok, lebih banyak lebih meriah, karena Anda bisa berkelompok untuk menyewa perahu atau perahu
  • Karena belum adanya fasilitas di sana, jangan lupa membawa perbekalan yang cukup, terutama makanan dan minuman
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari berlebihan
  • jangan dibuang
  • Awasi anak Anda saat mereka bermain di pantai

Galeri foto Pulau Tabuhan

Selamat datang di Pulau Tabuhan
Potret pantai di Pulau Tabuhan
Dengan kapal
Keindahan air laut
Snorkeling

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button