Tempat Wisata

Wisata Taman Nasional Meru Betiri : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Wisata Taman Nasional Meru Betiri : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Berwisata ke Jawa Timur akan membawa Anda pada pesona alam yang belum tercemar. Taman Nasional Meru Betiri terletak di Kecamatan Pesanggaran di wilayah Banyuwangi dan Jember Provinsi Jawa Timur. Objek wisata ini merupakan cagar alam dengan keajaiban alam yang menakjubkan seluas 580 kilometer persegi.

Daerah subur ini secara geografis terletak pada 8° 21′-8° 34′ Lintang Selatan dan 113° 37′-113° 58′ Bujur Timur dan telah dilindungi sebagai cagar alam sejak pemerintah Belanda pada tahun 1931 karena kekayaan kekayaannya. Tempat ini dikenal sebagai habitat alami harimau belang lokal Jawa. Saat ini, taman nasional ini masih menjadi rumah bagi spesies langka dan terancam punah seperti bunga Rafflesia Zollingeriana yang menakjubkan dan tupai terbang Jawa.

Ia juga memiliki luas 8,54 kilometer persegi dengan pantai-pantai alami seirama alam, tersembunyi di balik rimbunnya hutan hujan hijau di taman yang luas. Pantai Sukamade merupakan tempat bersarangnya spesies penyu yang terancam punah seperti penyu belimbing, tempayan, dan penyu hijau.

Rasakan keajaiban alam penyu yang bertelur di sini pada malam hari. Atau temani bayi penyu kembali ke laut lepas setelah menghabiskan waktu di tempat pembenihan setempat yang menjaga kesejahteraan anak-anaknya.

Taman Nasional Meru Betiri dibuka untuk umum sejak tahun 1982 dan terdiri dari beberapa dataran tinggi dengan ketinggian hampir 1.200 m.Beberapa gunung yang berada di kawasan tersebut adalah Gunung Meru (343 m) dan Gunung Betiri (1.233 m) di sebelah barat, Mereka dipilih bersama-sama sebagai nama taman nasional ini.

Di sebelah selatan terdapat Gunung Sumbudadung (520 m), Gunung Sukamande (363 m), Gunung Rajegwesi (181 m) dan Gunung Benteng (222 m). Di dalam cagar alam yang luas tersebut terdapat gunung-gunung lain seperti Gunung Gamping (538 m), Gunung Butak (609 m), Gunung Sukamade Atas (801 m), Gunung Gendong (840 m) dan Gunung Mandilis (844 m).

Di tempat ini anda juga bisa menemukan berbagai jenis tanaman yang tidak dapat anda temukan di semua tempat seperti: Misalnya Rafflesia Zollingeriona, Balanphora Fungosa, Mangrove, Api-api, Waru, Nyamplung, Rengas dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Satwa yang terlihat tidak hanya penyu, tetapi juga kucing hutan, trenggiling, landak, berbagai jenis kera bahkan harimau jawa.

Sejarah Taman Nasional Meru Betiri

Nama taman nasional ini sendiri diambil dari nama gunung yang ada di lokasi ini yaitu Gunung Meru dan Gunung Betiri. Karena itulah objek wisata ini dinamakan Meru Betiri.

Taman ini ternyata sudah ada sejak zaman Belanda, bahkan saat pertama kali diresmikan yaitu pada tahun 1929, yang membangunnya adalah pemerintah Belanda karena saat itu kita masih jauh dari kemerdekaan.

Fasilitas di Taman Nasional Meru Betiri

Jangan takut kekurangan fasilitas di tempat ini karena untungnya fasilitas penunjang wisata bisa dikatakan cukup lengkap, mulai dari tersedianya tempat parkir yang luas untuk kendaraan bermotor, toilet umum dan beberapa kantin tempat menyajikan makanan. dan dijual minuman, musala untuk salat bahkan akomodasi. .

Penginapan di tempat ini juga menarik lho, berbentuk panggung kayu yang pastinya memberikan kesan tersendiri saat menginap disana.

Berburu foto di Taman Nasional Meru Betiri

Karena luasnya negara ini, dijamin kamu tidak akan kekurangan tempat untuk berfoto atau mengabadikan pemandangan disana, mulai dari penampakan fauna yang mungkin kamu jumpai saat menjelajah Meru Betiri, dan masih banyak lagi pantai yang menjadi lokasinya. tidak demikian, banyak orang yang mengetahuinya. .

Pemandangan di pantai ini tentu tak kalah indahnya dengan pemandangan di sekitar Taman Nasional Meru Betiri. Selain itu, di situs Meru Betiri Anda juga bisa mengabadikan kehidupan para nelayan yang tinggal di kawasan pesisir pantai.

Baca Juga: Wisata di Sumber Udel Water Park, Relaksasi Sambil Bermain Air

Akses ke Taman Nasional Meru Betiri

Terdapat beberapa jalur menuju taman nasional: Ambulu-Curahnongko-Bandealit selama tiga jam (31 km), Jajag-Sarongan-Sukamade selama tiga jam (60 km), Surabaya-Jember-Ambulu selama lima jam (225 km) dan Surabaya- Banyuwangi- Jajag dengan waktu tempuh enam jam (342 km). Beberapa jalan menuju lokasi mungkin bergelombang dan memerlukan pemandu berpengalaman dengan kendaraan 4WD untuk melakukan manuver di jalur yang tidak rata. Jember – Surabaya juga dapat dicapai dengan kereta api atau angkutan umum. Angkutan umum bervariasi berupa ojek, minibus, bemo, bus besar atau truk harian. Jika Anda lebih menyukai kenyamanan ekstra, pesan tur pribadi di situs perjalanan terpercaya untuk liburan bebas stres.

Biaya masuk Taman Nasional Meru Betiri

  • Biaya masuk tiket domestik: Rp 5.000/orang
  • Harga tiket internasional: Rp 150.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Taman Nasional Meru Betiri

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Taman Nasional Meru Betiri

  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya
  • Karena Anda akan berjalan jauh dalam waktu yang lama, sebaiknya kenakan sepatu yang nyaman
  • Jangan biarkan diri Anda sendirian, pastikan untuk berjalan melewati taman ini bersama setidaknya satu teman
  • Jagalah anak Anda agar dia tidak tersesat
  • Jangan ganggu fauna yang Anda temui
  • Flora di sana juga tidak boleh dirusak

Galeri foto Taman Nasional Meru Betiri

Teluk Ijo di Taman Nasional Meru Betiri
Ombak kecil di pantai
Keindahan pantai
Taman penangkaran penyu
Keindahan alam Teluk Ijo
Liburan di Taman Nasional Meru Betiri
Bersantai di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button