Tempat Wisata

√ Pantai Klatak (HTM, rute, hal menarik dan review pengunjung)

√ Pantai Klatak (HTM, rute, hal menarik dan review pengunjung)

Tulungagung merupakan sebuah kabupaten kecil di Provinsi Jawa Timur yang terletak di bagian paling selatan provinsi ini. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Selatan. Tak heran jika kawasan ini diberkahi dengan banyak pantai indah dan salah satunya adalah Pantai Klatak.

Bagi wisatawan, traveller atau backpacker yang ingin menikmati keindahan pantai pribadi, pantai ini menjadi salah satu pilihan ideal di Tulungagung. Karena letaknya yang terpencil dan akses yang sulit, pantai ini tidak terlalu ramai pengunjung, meski sangat indah.

Pantai KlatakPantai Klatak

Biaya masuk

Pantai Klatak telah dibuka untuk umum sejak Januari 2017 dan saat ini harga tiket masuknya masih sangat terjangkau karena pengunjung hanya perlu menyiapkan Rp 5.000/orang untuk menikmati keindahan pantai ini antara pukul 06.00 hingga 18.00.

Pantai ini tidak buka 24 jam karena tidak dilengkapi penerangan dan juga jalan menuju pantai ini gelap dan sulit dilalui pada malam hari.

Namun tidak ada hari libur karena pantai ini tetap buka dari hari Senin hingga Minggu dan sejauh ini belum ada informasi bahwa harga tiket menjadi lebih mahal di akhir pekan.

Namun saat musim liburan seperti Natal atau Tahun Baru biasanya pengunjung akan lebih banyak dan ada kemungkinan harga tiket naik sekitar Rp 7.000 hingga 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkirnya sekitar Rp2.000 per sepeda motor dan sekitar Rp3.000 hingga 5.000 untuk roda empat.

Rute menuju pantai Klatak

Pantai Klatak terletak di sebuah desa bernama Keboireng di Kecamatan Besuki, Tulungagung. Jika berjalan kaki dari pusat kota, misalnya dari Alun-Alun Tulungagung, maka arah kecamatan ini adalah ke arah selatan.

Sedangkan jarak dari alun-alun kota sekitar 26 km atau memerlukan waktu berkendara 30-50 menit tergantung menggunakan sepeda motor atau mobil. Rutenya terlihat seperti ini:

Alun-alun kota – menuju pertigaan Tamanan – menuju kabupaten Boyolangu – melewati objek wisata Gunung Budheg – menuju kecamatan Campurdarat – menuju kabupaten Besuki.

Pantai Klatak sendiri sangat dekat dengan pantai Popoh dan Gemah yang hampir seluruh warga Tulungagung mengetahuinya. Jadi jika Anda merasa kesulitan menemukan lokasi pantai ini, cukup buka peta dan ikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Besuki. Kemudian Anda bisa bertanya kepada warga.

Penunjuk jalan menuju pantai sebenarnya sudah ada, namun bagi masyarakat luar Tulungagung sepertinya lebih mudah bertanya kepada warga sekitar. Sebagai tambahan informasi, sebagian besar penduduk kabupaten ini lebih banyak berbahasa Jawa dibandingkan bahasa Indonesia.

Jadi jika kebetulan Anda tidak bisa berbahasa Jawa sama sekali, disarankan bertanya kepada orang muda dibandingkan orang tua.

Gambaran rutenya: Setelah berada di kawasan Besuki dan hampir sampai di Pantai Klatak, kondisi jalan cukup menantang karena pengunjung harus melewati jalanan asri, berbukit, naik turun, dan berada pada ketinggian yang cukup memacu adrenalin. untuk ujian.

Akibat kondisi aspal yang rusak, terlihat bebatuan di jalan berbukit ini, sehingga sangat berbahaya bagi masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan untuk mengendarai sepeda motor atau mobil.

Oleh karena itu, bagi pengunjung yang belum memiliki kemampuan mengemudi, sebaiknya tidak mencoba menyetir sendiri, apalagi jika hari sudah gelap dalam perjalanan pulang.

Namun jangan terlalu kecewa karena begitu sampai di pantai, perjalanan yang menantang ini tidak akan sia-sia. Pasalnya, Pantai Klatak menawarkan panorama indah khas pantai pribadi yang belum banyak dijamah orang.

Daya Tarik Pantai Klatak

Meski jalan yang berbukit-bukit cukup tidak bersahabat dengan kendaraan, namun mata pengunjung disuguhi panorama alam yang mempesona di sepanjang perjalanan.

Perasaan sejuk dan segar, bebas polusi dan pemandangan pepohonan rimbun yang berjejer di sepanjang jalan benar-benar bisa kamu rasakan. Ditambah lagi tidak ada pemukiman apa pun, jadi 100% natural. Setelah sampai di pantai, beberapa hal menarik menanti pengunjung:

  • Pemandangan air laut yang hijau berpadu dengan bebatuan dan pasir berwarna coklat

Keistimewaan utama dari pantai ini adalah air lautnya yang memiliki warna kehijauan yang indah apalagi jika terkena sinar matahari. Warnanya terlihat begitu unik sekaligus eksotik sehingga tidak bisa Anda temukan di beberapa pantai sekitar Klakak.

Warna hijau ini sangat kontras dengan dominasi pasir pantai yang berwarna coklat tua dan tampak hampir hitam. Pasir ini dihiasi bebatuan dengan berbagai ukuran dan bentuk, yang berfungsi sebagai garis pemisah antara Blood Area dan laut.

Batu-batu ini terlihat seperti berasal dari laut, terbawa ombak dan terdampar di pinggir pantai. Namun batu-batu tersebut sebenarnya berasal dari sungai-sungai di pegunungan selatan yang mengalir secara alami dan akhirnya mencapai pantai.

Lalu ceritanya, bebatuan tersebut mengeluarkan suara yang terdengar seperti “klak” saat bertabrakan dengan ombak, yang akhirnya menjadi nama pantai ini.

  • Melihat matahari terbit

Pengunjung yang datang pagi-pagi akan mendapatkan pemandangan yang estetis, baik melalui mata maupun dengan lensa kamera berbentuk matahari terbit, karena pantai ini menghadap ke timur.

Pemandangan ini sangat serasi dengan sejuknya udara khas pantai, beberapa pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai, serta perahu-perahu nelayan yang terparkir rapi di pinggir pantai. Faktor-faktor inilah yang menjadikan Pantai Klalak banyak menjadi tempat asyik untuk berfoto, terutama di pagi hari.

  • Naik perahu dan nikmati keindahan laut

Pantai ini sebenarnya merupakan base camp para nelayan setempat dan tempat budidaya lobster. Tak heran jika pantai ini banyak dipagari dengan perahu kayu dan rumah kayu kecil di dekat bibir pantai.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa beberapa spot di pantai ini merupakan tempat belajar memancing. Beberapa perahu nelayan kecil bisa disewa untuk melaut dan menikmati pemandangan pantai dari sudut pandang berbeda, yang mungkin juga ingin Anda abadikan dengan lensa kamera.

Kunjungan ke Pantai Klatak selama berada di Tulungagung akan menambah pengalaman liburan tak terlupakan Anda di kabupaten ini. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat makan siang di warung makan pantai dan menikmati hidangan seafood seperti ikan, lobster, cumi-cumi dan gurita.

Ulasan pengunjung

Dzulfikar Ramadhan

07:51 24 Agustus '20

Agak jorok, pasti cocok untuk menyendiri

sutarman tr

08:41 14 September 20

Tempatnya nyaman dan mudah dijangkau

Itu menimpa Wacono

06:46 17 September 20

Orangnya baik, bersih, ramah

Basman

04:38 30 November 21

Terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, di pesisir selatan Laut Jawa, Pantai Klatak dihiasi perbukitan hijau yang menjulang tinggi dan pepohonan rindang di pinggir pantai, memberikan keteduhan bagi wisatawan yang bermain air di tepian pantai. Sangat menarik jika dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga

Laela Fitriani

23:33 02 November 21

Pantai Klatak atau biasa disebut dengan pantai nelayan… Tempatnya asri, waktu saya kesana sepi, pengunjungnya sedikit… Ada beberapa pendopo di pinggirnya, jadi enak mau istirahat. .. Lokasi dekat pantai gemah, akses jalan bagus, tempatnya dekat pemukiman warga tapi walaupun dekat, pemukiman pantainya bersih hehehe…kalau ke pantai gemah jangan lupa mampir

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button