Tempat Wisata

√ 5 Rekomendasi Tempat Penyembuhan Terbaik di Bandung

Bandung cocok sebagai tempat wisata kesehatan dengan segala daya tarik wisatanya. Ada banyak destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang indah. Wisatawan bisa memilih tempat penyembuhan di Bandung yang menurut mereka paling menarik untuk dikunjungi.

Pada artikel kali ini, ada 5 rekomendasi tempat penyembuhan di Bandung yang bisa dipilih wisatawan untuk berlibur:

Ranca Upas, Wot Batu, Orchid Forest Cikole, Kawah Putih Ciwidey dan Tangkuban Perahu menjadi rekomendasi tempat wisata yang akan dibahas kali ini. Apa daya tarik tempat wisata terbaik untuk penyembuhan di Bandung? Yuk, simak 5 Daftar Tempat Penyembuhan di Bandung yang Recommended!

1. Rencanakan Upas

Rencana upas

Kampung Cai Ranca Upas Bandung adalah tempat penyembuhan pertama yang direkomendasikan. Karena tempat ini berada di kawasan Ciwidey, daya tarik utamanya adalah interaksi dengan rusa yang hidup di sana. Tempat wisata ini cocok untuk keluarga yang membawa anaknya.

lokasi dan rute

Destinasi wisata ala mini ini berada di ketinggian 1700 meter. Udaranya sejuk dan masih sangat segar. Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Patengan Km.11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Untuk menuju Ranca Upas disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Karena tempat wisata ini cukup jauh dari kota Bandung, tidak mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Dari pusat kota Bandung, jarak menuju Ranca Upas sekitar 54 km.

Untuk lebih dekat, pengunjung dapat mengambil jalan setapak Soreang. Dari sana hanya berjarak 15 km menuju Ranca Upas. Situs ini berjarak sekitar 4 mil dari Kawah Putih Ciwidey.

jam operasi

Kawasan wisata Ranca Upas buka setiap hari. Jam operasional mulai Senin hingga Jumat pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Pada akhir pekan dan hari libur nasional lainnya, Ranca Upas buka pada pukul 08:00 WIB dan tutup pada pukul 17:00 WIB.

Biaya masuk dan wahana

Untuk masuk ke kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas, biaya per orangnya adalah Rp 20.000. Harga tersebut belum termasuk harga wahana seperti :

kendaraan HTM (dalam rupiah)
jembatan ayun 15.000
Jembatan Elvis 15.000
rubah terbang 15.000
Berenang 15.000
bola warna 90.000
trampolin terompet 15.000
Burma V 15.000
Permainan lucu 75.000
sepeda gunung 10.000

Perubahan harga tentu saja bisa terjadi kapan saja.

daya tarik

Ranca Upas banyak dikunjungi wisatawan karena ada aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan yang satu ini. Pengunjung dapat memberi makan rusa, bertamasya, dan mandi air panas. Kegiatan lain yang juga banyak diminati adalah berkemah.

Ada pilihan sewa tenda untuk camping dengan harga yang berbeda-beda. Harga sewa tenda kecil sekitar Rp 150.000 dan tenda besar Rp 600.000. Selain itu, alat bantu lain seperti kantong tidur, kasur, dan kompor gas bisa disewa.

2. Wot batu

Wot Batu

Tempat penyembuhan di Bandung yang recommended selanjutnya adalah Wot Batu. Tempat wisata ini dikenal sebagai tempat wisata seni dan budaya. Masukkan Wot Batu ke dalam bucket list Anda karena ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di tempat ini.

lokasi dan rute

Terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No 98, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat. Akses ke sana dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti jalan Ir.H.Juanda menuju Dago. Setelah mengikuti jalan sejauh 9 km, ambil jalan menuju Jl. Bukit Pakar Timur.

Jika menggunakan kendaraan umum, naiklah kendaraan dengan arah Ciroyom – Ciburial.

jam operasi

Wot Batu buka setiap hari Senin dan Selasa hingga Minggu. Jam buka tempat wisata ini adalah pukul 10.00 WIB – 18.00 WIB.

Biaya masuk

Tarif masuk yang dikenakan untuk pengunjung dibagi menjadi beberapa kategori. Kisaran HTM di Wot Batu berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000. Selain membayar tiket masuk, pengunjung juga harus menunjukkan kartu identitas.

daya tarik

Wot Batu merupakan karya seniman terkenal Sunaryo berupa instalasi jembatan batu. Inilah daya tarik utama Wot Batu atau dikenal juga dengan Selasar Sunaryo. Karya seni ini merupakan cerminan dari jiwa spiritual manusia.

Selain Wot Batu, pengunjung bisa mengagumi karya seni rupa kontemporer lainnya.

3. Orchid Forest Cikole

Hutan Anggrek Cikole

Wisatawan yang menyukai bunga anggrek wajib menentukan Cikole Orchid Forest sebagai destinasi wisata. Tur ala mini memungkinkan pengunjung untuk melihat koleksi tanaman anggrek lokal dan internasional.

lokasi dan rute

Tempat wisata ini terletak di Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40391. Sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi jika ingin datang ke tempat ini. Anda sebenarnya bisa menggunakan transportasi umum, tetapi Anda harus turun dan berganti kereta beberapa kali.

Dari kota Bandung ke alun-alun, jarak ke Hutan Anggrek Cikole adalah 22 km. Jika perjalanan berjalan lancar, waktu kedatangan sekitar 1 jam. Arah tempat wisata ini sama dengan rute menuju Tangkuban Perahu.

Hutan Anggrek Cikole terletak di depan tempat wisata Tangkuban Perahu.

jam operasi

Destinasi wisata ala mini buka setiap hari. Jam operasional mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun pihak pengelola membuka akses 24 jam bagi pengunjung yang ingin berkemah.

Biaya masuk

Ada biaya masuk Rp 47.500 sudah termasuk asuransi dan voucher makan senilai Rp 10.000 per orang.

daya tarik

Daya tarik yang menarik wisatawan ke Cikole Orchid Forest adalah merupakan taman anggrek terbesar di Indonesia. Selain itu, banyak juga spot foto kekinian dengan pemandangan berupa hutan pinus.

4. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Berada di Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali, Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pemandangan alam di sana sangat mempesona karena obyek yang dipamerkan adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

lokasi dan rute

Lokasi tempat wisata ini adalah Jalan Raya Soreang – Ciwidey, Ciwidey, Cab.Bandung Jawa Barat. Jarak tempuh dari kota Bandung sekitar 50 km. Bila menggunakan kendaraan pribadi, waktu tempuhnya kurang lebih 1,5 jam.

jam operasi

Sering dijadikan sanatorium di Bandung, objek wisata ini buka setiap hari. Kawah Putih Ciwidey buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Biaya masuk

Wisatawan domestik dikenakan HTM sebesar Rp 28.000 dan wisatawan mancanegara harus membayar tiket masuk sebesar Rp 81.000. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan wahana.

daya tarik

Pemandangan alam yang ditawarkan kepada pengunjung berupa danau kawah yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Air danau berwarna biru atau putih kehijauan dan berubah dengan tingkat belerang dan suhu.

5. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Rekomendasi spot penyembuhan di Bandung yang terakhir adalah Tangkuban Perahu. Obyek wisata ini sangat terkenal, begitu juga dengan legenda Tangkuban Perahu. Pengunjung tidak hanya bisa melihat-lihat pemandangan di sana, tapi juga bertamasya.

lokasi dan rute

Tangkuban Perahu berjarak 20 km dari kota Bandung dan lebih mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Rute yang dipilih bisa melalui Jalan Dago Giri dan berlanjut ke Jalan Tangkuban Perahu.

jam operasi

Obyek Wisata Tangkuban Perahu buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Biaya masuk

Tiket masuk dibagi menjadi dua kategori, yaitu untuk wisatawan domestik dan mancanegara. HTM tidak termasuk biaya parkir. Rincian lengkap dari HTM Tangkuban Perahu adalah sebagai berikut:

Harga tiket pada hari kerja (dalam rupiah)
Wisatawan Lokal 20.000
Turis asing 200.000
Parkir untuk 2 sepeda 12.000
Parkir untuk 4 sepeda 25.000
parkir bis 110.000
tempat parkir sepeda 7.000
Harga tiket liburan (dalam rupiah)
Wisatawan Lokal 30.000
Turis asing 300.000
Parkir untuk 2 sepeda 17.000
Parkir untuk 4 sepeda 35.000
parkir bis 150.000
tempat parkir sepeda 10.000

daya tarik

Landmark utama dan daya tarik wisata saat berkunjung ke Tangkuban Perahu adalah tiga kawah yang ada di kawasan wisata Tangkuban Perahu. Kawah yang dimaksud adalah Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas.

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang terdekat di pusat pengobatan di Bandung tentunya akan sangat menyenangkan. Rasa lelah apapun dijamin langsung hilang dan pikiran jadi lebih segar!

Itulah tadi 5 tempat wisata di Bandung yang bisa menjadi tempat penyembuhan. Saya harap ini bermanfaat!

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button