Tempat Wisata

√ 5 Rekomendasi Tempat Penyembuhan Terbaik di Bogor

Destinasi wisata alam pada umumnya merupakan destinasi penyembuhan dan penghilang penat. Kota Bogor dan sekitarnya menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diminati masyarakat saat akhir pekan. Bukan tanpa alasan, karena pusat pengobatan di Bogor menawarkan berbagai aktivitas menarik.

Selain Kebun Raya Bogor, masih banyak tempat yang bisa dijelajahi dan dikunjungi wisatawan bersama keluarga. Bogor dan sekitarnya memiliki wisata alam yang indah yang masih terjaga keasriannya. Setiap akhir pekan tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Artikel ini merekomendasikan 5 tempat penyembuhan di Bogor bagi wisatawan yang mencari tempat liburan. Tempat wisata yang dinilai merupakan tempat wisata alam yang dijamin menyegarkan dan menenangkan pikiran. Mari dengarkan!

1. Leuwi Balong Endah

Leuwi Balong Endah

Leuwi Balong Endah merupakan air terjun dengan pemandangan alam yang indah seperti namanya. Meski begitu, air terjun ini merupakan permata tersembunyi di kawasan Bogor. Lokasinya sendiri berada di tengah hutan yang tentunya menawarkan panorama air terjun alami.

lokasi dan rute

Curug Leuwi Balong Endah terletak di kaki Gunung Halimun-Salak, lebih tepatnya di desa Gunung Picung, Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Lokasinya berada di Kabupaten Bandung dan aksesnya cukup sulit.

Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena akan sulit menemukan angkutan umum menuju ke sana dan sebaliknya. Rute yang bisa ditempuh dari IPB Darmaga adalah menuju Ciampea dan di pertigaan Cikampak ambil jalan menuju Gunung Bunder.

Tak jauh dari Gunung Bunder akan terlihat pintu masuk menuju Curug Leuwi Balong Endah. Dari kota Bogor, perjalanan memakan waktu sekitar satu setengah jam. Tentu saja tergantung kondisi jalan.

HTM dan jam buka

Tempat wisata alam ini buka setiap hari. Jam buka adalah pukul 07.00 hingga 17.00. Harga tiket masuk berbayar terbagi menjadi 3 yaitu tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, tiket masuk air terjun Leuwi Balong Endah dan biaya taman.

HTM untuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak adalah Rp 10.000 per orang. Jika ingin mengunjungi air terjun Leuwi Balong Endah harus membayar lagi sebesar Rp 7.500 per orang. Retribusi sebesar Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil) dikenakan untuk kendaraan bermotor.

daya tarik

Meski jalan menuju tempat wisata ini cukup terjal, namun sebenarnya Air Terjun Leuwi Balong Endah menjadi salah satu cara wisatawan menghabiskan liburannya. Banyak hal yang bisa dilakukan di sana, seperti menikmati pemandangan air terjun yang menjadi daya tarik utamanya.

Selain itu, pengunjung bisa berenang di kolam air jernih dengan kedalaman 1 hingga 3 meter. Aktivitas lain yang tak kalah menarik adalah hiking menyusuri sungai. Di sana pengunjung akan menemukan banyak spot foto yang indah untuk kenang-kenangan.

2. Lembah Tepus

Lembah Tepus

Rekomendasi tempat penyembuhan di Bogor selanjutnya adalah Lembah Tepus. Sama seperti wisata air terjun Leuwi Balong Endah, Lembah Tepus menawarkan pemandangan air terjun yang berbeda. Pasalnya, pengunjung bisa mengagumi keindahan air terjun berundak di sana.

lokasi dan rute

Lokasi wisata air terjun ini adalah Jl. Pasir Reungit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jarak dari pusat kota Bogor ke Lembah Tepus sekitar 27 km. Waktu yang dibutuhkan jika menggunakan kendaraan pribadi sekitar 90 menit.

Pengunjung cukup mengendarai kendaraan menuju Gunung Salak. Lembah Tepus juga terletak searah dengan destinasi wisata lainnya yaitu Perbukitan Ranggon.

HTM dan jam buka

Lembah Tepus terbuka untuk umum setiap hari dan setiap saat. HTM yang dikenakan per orang adalah Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 20.000 pada akhir pekan.

daya tarik

Lembah Tepus menawarkan keindahan pemandangan alam dengan air terjun bertingkat dan air yang jernih membuat setiap orang ingin berenang di sana. Aktivitas yang dapat dilakukan di Lembah Tepus selain berenang adalah piknik di tepi sungai dan menikmati pemandangan serta sejuknya udara di kawasan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di sana seperti toilet, mushola dan tempat ganti pengunjung terapung sudah cukup memadai. Tempat parkir cukup luas. Pada akhir pekan dan hari libur, wisatawan dari berbagai daerah berduyun-duyun ke tempat wisata tersebut.

3. Desa Wisata Malasari

desa wisata Malasari

Permata tersembunyi lain di Bogor yang bisa disebut tempat penyembuhan di Bogor adalah Desa Wisata Malasari. Desa Wisata Malasari terletak di Kabupaten Bogor dan masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak.

lokasi dan rute

Alamat Desa Wisata Malasari adalah Jl. Karamat Banteng, RT003/RW012, Desa Malasari, Desa Karamat, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dibutuhkan 2 hingga 3 jam berkendara ke Desa Wisata Malasari dari pusat kota Bogor.

Akses jalan yang berbatu membuat perjalanan semakin lama. Namun semuanya akan terbayar dengan keindahan alam yang ada disana. Pengunjung dapat membawa kendaraan roda dua maupun roda empat karena jalannya cukup lebar dan memadai.

Rute yang bisa ditempuh dari arah kota Bogor adalah melalui Jalan Raya Cibadak – Ciampea. Lanjutkan perjalanan melalui Jalan Leuwiliang – Bogor. Lanjutkan menuju Jalan Raya Sadeng dan Jalan Raya Kalong II.

Rute terakhir melalui Jalan Raya Ace Tabrani dan pengunjung akan menemukan pintu masuk Desa Wisata Malasari.

HTM dan jam buka

Ada biaya Rp 5.000 per orang untuk masuk ke Desa Wisata Malasari. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam WIB. Buka setiap hari dan pengunjung dapat menginap dengan menyewa akomodasi yang tersedia.

daya tarik

Keindahan alam dan budayanya membuat wisatawan penasaran untuk berkunjung ke sana. Di sekitar desa wisata, pengunjung akan menemukan beragam flora dan fauna khas hutan hujan yang masih terjaga dan terlindungi dengan baik.

4. Taman Wisata Rusa

Taman Wisata Rusa

Taman Wisata Rusa Tanjungsari merupakan tempat liburan yang populer bagi keluarga dengan anak-anak. Tempat ini dikenal dengan Penangkaran Rusa Cariu Bogor. Di sana, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan unik berkaki empat bertanduk tersebut.

lokasi dan rute

Alamat lengkap taman wisata satwa ini terletak di Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kab.Bogor, Jawa Barat. Peternakan rusa berjarak 40 km dari pintu tol Cibubur. Rute yang bisa Anda tempuh melalui Cileungsi, selanjutnya menuju Jonggol, Cariu dan berakhir di desa Buanajaya.

HTM dan jam buka

Tempat penyembuhan di Bogor ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Tips bagi pengunjung yang berencana datang: Waktu terbaik untuk melihat dan berinteraksi dengan rusa adalah sekitar pukul 22.00 hingga 14.00.

HTM yang dikenakan per orang adalah Rp 5.000 untuk masuk ke kawasan wisata dan Rp 10.000 untuk masuk ke kawasan penangkaran rusa.

daya tarik

Melihat kawanan rusa dan berinteraksi dengan hewan tersebut menjadi alasan utama pengunjung mengunjungi taman wisata rusa ini. Tempat penyembuhan di Bogor ini cocok untuk mengajari anak-anak cara menghadapi hewan. Dari perjalanan ke sana Anda tidak hanya bisa mendapatkan penyegaran, tetapi juga pesan-pesan instruktif.

5. Danau di Puncak

Danau Puncak

Rekomendasi tempat penyembuhan di Bogor yang terakhir untuk refreshing adalah Danau Puncak. Wisata alam di Puncak sebenarnya cocok untuk menyembuhkan dan menenangkan jiwa. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di akhir pekan dan hari libur.

lokasi dan rute

Beralamat di Cibulao, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Karena akses menuju tempat wisata ini masih berbatu dan agak terjal, sebaiknya pengunjung membawa kendaraan sendiri. Tempat wisata ini agak sulit dijangkau dengan kendaraan umum.

Pengunjung bisa melewati Jl dari tol Gadog atau Jagorawi. Raya Puncak dan berkendara sampai Anda menemukan MELRIMBA. Dari sana, Danau Saat Puncak tidak jauh.

HTM dan jam buka

Telaga Saat Puncak buka setiap hari mulai pukul 07:30 WIB hingga 18:00 WIB.

daya tarik

Danau eksotis yang diselimuti kabut ini menawarkan panorama yang menarik bagi banyak wisatawan. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah, membuat pengunjung betah berlama-lama.

Ini dia 5 rekomendasi tempat penyembuhan di Bogor yang cocok untuk refreshing dan relaksasi sejenak. Setelah berlibur, pengunjung dijamin siap untuk kembali beraktivitas di kantor sehari-hari.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button