Tempat Wisata

√ 7 rekomendasi pantai yang wajib dikunjungi di Cianjur

Liburan merupakan momen yang paling ditunggu banyak orang karena memungkinkan mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang tersayang. Salah satu pantai di Cianjur ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati waktu liburan dengan berbagai aktivitas seru dan pemandangan yang luar biasa.

Cianjur memiliki potensi alam yang menakjubkan. Tak heran banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan alam Cianjur, terutama di pantainya. Setiap pantai di Cianjur memiliki keunikan tersendiri yang membuat wisatawan betah saat berlibur. Berikut 7 pantai di Cianjur yang bisa dijadikan referensi:

1. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti merupakan salah satu pantai yang sangat populer di Cianjur, bahkan bagi wisatawan dari luar kota. Pantai di Desa Cidamar, Kec. Cidaun berjarak sekitar 240 km dari pusat kota kabupaten Cianjur, sehingga lokasinya cukup strategis.

Pantai ini memiliki ombak yang sangat tinggi sehingga tidak cocok untuk berenang. Butiran pasir yang besar di pantai berwarna hitam kecoklatan, yang dilengkapi dengan terumbu karang besar yang mengelilingi pantai, membuat pemandangan semakin indah.

Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk menikmati keindahan sunset. Rumah batu Kukumbung di bagian selatan pantai konon pernah dijadikan tempat persinggahan Prabu Kiansantang dan Prabu Siliwangi dan dicirikan dengan sol yang sangat besar.

Meski garis pantai Jayanti tidak begitu panjang, namun cukup untuk dijadikan arena bermain pantai. Di bagian barat pantai terdapat beberapa tempat yang tidak memiliki parit yang dalam, sedangkan di bagian timur terdapat daerah berbatu dan berbatu.

Wisatawan dari kota Bandung bisa melalui Ciwidey dan Naringgul Cidaun hingga akhirnya tiba di Pantai Jayanti. Keindahan alam yang eksotis dapat menjadi pendamping sepanjang perjalanan, sehingga wisatawan tidak perlu menunggu untuk tiba di tempat tersebut.

2. Pantai Apra, Sindangbarang

Pantai Apra Sindangbarang

Pantai terdekat di Cianjur yang bisa dipilih adalah Pantai Apra Sindangbarang yang cocok untuk bersantai dan menenangkan pikiran karena jarang ada pengunjung. Meski begitu, pesona alamnya tak perlu diragukan lagi karena sangat eksotik.

Pantai Apra memiliki ombak yang relatif aman dibandingkan dengan pantai lain di Cianjur karena pantai ini merupakan muara Sungai Cisadane. Pemandangan pantai semakin indah dengan perpaduan antara pantai, laut dan bebatuan.

Salah satu kegiatan di sekitar sungai dan pantai adalah perjalanan dengan rakit tradisional untuk mencari ikan. Daya tarik lain dari pantai Apra ini adalah sejarahnya yang erat kaitannya dengan pasukan Ratu Adil.

Namun nama pantai ini berasal dari cerita yang menyebutkan bahwa tempat ini pernah dijadikan base camp pasukan Ratu Adil yang disingkat APRA. Kisah ini juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat beberapa pengunjung penasaran dan berkunjung.

Pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dan sering disebut sebagai pantai yang romantis. Mencapai tempat ini bisa sangat sulit karena petunjuk arah sulit didapat, tetapi penduduk setempat dengan senang hati memberi Anda petunjuk.

3. Potong Pantai Coral

Potong Pantai Karang

Pantai Karangcut juga memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dari pantai-pantai sebelumnya. Tempat ini sempat viral karena konsep wisatanya yang modern mulai dari spot foto, restoran camp yang glamor, resort mewah hingga taman bermain anak.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau, apalagi dengan hamparan pantai yang eksotik sebagai daya tarik utama yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Ocean View Cut Coral dibangun di atas tanah luas di tepi pantai.

Di sore hari, semakin banyak wisatawan yang bersantai di pantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang jelas. Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto selfie karena banyak spot foto yang instagramable di kawasan wisata ini.

Spot foto yang wajib dicoba antara lain Roman Colosseum of Italy, Japanese Tori Gate, Balon, Candy Tone Neon Flex, Viewpoint, Saung Unik, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang akses jalan menuju objek wisata cukup rumit karena lokasinya yang jauh dari pusat kota Cianjur. Dibutuhkan sekitar 4 jam berkendara dari pusat Cianjur ke pantai Karang Bolong di kawasan Saganten, Sindangbarang, Kab. cianjur.

4. Pantai Sereg

Pantai Sereg

Destinasi wisata pantai terdekat di Cianjur adalah Pantai Sereg di Kec. Sindangbarang, Cianjur Selatan Cab. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 120 km dari pusat kota Cianjur dan 3 km dari pusat kota Sindangbarang.

Keindahan alam yang mempesona menarik banyak wisatawan ke pantai yang terkenal dengan keajaiban matahari terbenamnya. Banyak wisatawan yang datang dari jauh untuk menikmati keindahan sunset di sore hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kegiatan lain yang lebih seru yaitu berolahraga di pantai, misalnya sepak bola, voli dan lain-lain. Wisatawan juga bisa berenang di bagian barat dan tengah pantai yang cukup landai sehingga aman untuk berenang.

Pohon kelapa banyak terdapat di bagian utara pantai, menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi di lepas pantai. Akses jalan menuju lokasi dapat dilalui melalui dua jalur yaitu jalur Cianjur dan jalur Bandung-Ciwidey.

Masih banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi sekaligus karena berdekatan dan dilewati selama perjalanan, seperti Kawah Putih, Pemandian Air Panas Ciwalini, Situ Patenggang, Bumi Perkemahan Rancaupas, Kebun Strawberry Ciwidey dan lain sebagainya.

5. Pantai Cipanglay

Pantai Cipanglay

Pantai di Kabupaten Cianjur ini menjadi salah satu destinasi yang selalu dikunjungi pengunjung karena pesona alamnya yang mempesona. Hamparan sawah di sekitar kawasan pantai membuat pemandangan semakin unik, yang tidak bisa ditemukan di pantai lain.

Suara deburan ombak di pantai selatan membuat suasana lebih tenang dan romantis, apalagi menjelang sore hari. Biasanya Pantai Jayanti menjadi objek wisata pelengkap yang membuat panorama Pantai Cipanglay semakin menawan.

Daya tarik pantai ini adalah suasananya yang masih alami dengan angin sepoi-sepoi dan ombak yang indah. Terletak 135km dari kota Cianjur, pantai ini memang belum sepopuler tempat wisata lainnya seperti Pelabuhan TPI Jayanti.

Namun keindahan alamnya sama sekali tidak kalah dengan objek wisata lainnya, hanya saja tidak memiliki penataan dan pengelolaan yang optimal. Justru dengan kondisi seperti itulah wisatawan bisa menemukan pantai-pantai yang masih sangat asri karena belum terlalu sering dikunjungi.

Pantai yang relatif masih alami ini masih bebas dari segala bentuk pencemaran air dan udara karena penduduk setempat jarang menemukan pemukiman. Pantai ini memiliki pasir laut di sebelah kanan dan bebatuan di sebelah kiri.

6. Pantai Cigebang

Pantai Cigebang

Pantai lain di Cianjur yang memiliki pesona alam mempesona adalah Pantai Cogebang di Kab. Cianjur Selatan, Jawa Barat. Pantai ini bisa dijadikan destinasi liburan tak terlupakan bersama keluarga, sahabat atau pasangan.

Hamparan pasir yang luas dan suara deburan ombak membuat wisatawan betah meski hanya duduk bersantai di pinggir pantai. Kawasan pantai yang jarang dikunjungi wisatawan ini masih tergolong bersih, ditambah dengan keindahan pantai yang masih alami.

Pengembangan objek wisata ini masih tertunda karena semakin banyak wisatawan lokal memilih Pantai Jayanti sebagai tujuan wisata mereka. Pantai ini dulunya dipadati wisatawan, namun pesona Pantai Jayanti membuat sebagian orang berpaling.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di tempat yang asri dan damai, Pantai Cigebang mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Masih banyak pemuda dan pemudi yang berkunjung ke kawasan wisata ini, terutama pada malam minggu untuk menikmati sunset.

7. Pantai Lugina

Pantai Lugona

Destinasi yang tak kalah menarik di pesisir Cianjur adalah Pantai Lugina di Agrabinta Cianjur. Pantai Lugina mungkin terdengar aneh karena keberadaannya belum begitu populer di kalangan wisatawan bahkan belum dimaksimalkan oleh pemerintah.

Letak pantai di Cianjur ini cukup tersembunyi sehingga jarang sekali wisatawan yang mengetahuinya, padahal potensi wisata yang ditawarkannya sangat luar biasa. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dan menjadi spot foto untuk Instagram.

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Lugina adalah bermain bola bersama teman-teman. Olahraga ini bisa dilakukan di pantai, karena pantai Lugina memiliki hamparan pasir yang cukup luas untuk bermain bola.

Bahkan, wisatawan bisa menerbangkan layang-layang karena angin cukup kencang di kawasan ini. Kegiatan ini dapat menghilangkan penat dan stress akibat pekerjaan atau masalah yang ada.

Masih banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Cianjur. Setiap pantai di Cianjur memiliki keunikan dan pesona tersendiri. Jadi jangan lewatkan liburan tanpa mengunjungi kawasan pantai yang memiliki pesona alam yang luar biasa indah ini.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button