Tempat Wisata

√ 7 wisata pantai terpopuler di Malang 🏖

Kota Malang memiliki destinasi wisata yang lengkap. Di kota ini terdapat wisata pegunungan, wisata buatan yang menarik, beragam kuliner yang nikmat dan juga pantai yang mempesona. Pantai-pantai di Malang menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali dan Lombok.

Di Malang bagian selatan Anda bisa menyaksikan sejumlah pantai dengan panorama yang mempesona. Ada puluhan pantai di Malang yang menanti Anda untuk menjelajahi keindahannya. Setiap pantai mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri.

Penasaran dengan keindahan pantai di kawasan Malang? Di bawah ini informasi mengenai 7 destinasi wisata pantai terbaik yang sedang populer dan sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Malang:

1. Pantai Ngudel

Pantai NgudelPantai Ngudel

Pantai di Malang ini memiliki ikon batu unik berbentuk setengah segitiga yang berada di tengah laut. Batu ini sering menjadi subjek foto wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngudel. Selain bebatuan ikoniknya, Pantai Ngudel juga memiliki keindahan laut dan pasir putih bersih.

Lain halnya dengan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, ombak di sini cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Namun pengunjung sebaiknya menghindari berenang di tengah laut karena berbahaya.

Di dekat Pantai Ngudel terdapat hutan pinus yang rindang dan asri. Anda bisa menikmati keteduhan hutan pinus sambil berjalan melewatinya atau bersepeda santai di antara pepohonan yang berjajar rapi.

Pantai Ngudel juga dekat dengan Bukit Asmara. Lokasinya kurang lebih 30 menit dari Pantai Ngudel. Untuk mencapai puncak bukit Anda harus melintasi jalan setapak dan mendaki. Dari puncak bukit Anda bisa menikmati indahnya panorama pantai dan perbukitan disekitarnya yang mempesona.

Pantai Ngudel terletak di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Untuk menuju Pantai Ngudel dari pusat kota Malang, Anda perlu berkendara sejauh 62 km. Biaya masuknya Rp 15.000 per orang.

2. Pantai Balekambang

Pantai BalekambangPantai Balekambang

Pantai paling terkenal di Malang Selatan adalah Balekambang. Pantai ini mirip dengan Pantai Tanah Lot di Bali yang memiliki pura di tengah laut. Jika di Tanah Lot ada Pura Besakih, maka di Balekambang ada Pura Amerta Jati.

Pura Amerta Jati terletak di Pulau Ismoyo, sebuah pulau karang di tengah Laut Balekambang. Pengunjung dapat melihat candi dengan berjalan melintasi jembatan. Anda juga bisa mengunjungi pulau Anoman dan Wisanggeni.

  • Pasir putih dan spot foto Instagramable

Pemandangan pantai berpasir putih dengan latar pura menjadi spot foto yang menarik dan ikonik. Selain itu, pihak pengelola menghiasi pantai dengan spot-spot Instagrammable untuk memanjakan para pecinta foto.

Balekambang sangat cocok untuk liburan keluarga. Anda bisa menikmati keindahan ombak dan pasir putih bersih. Ombak laut Balekambang tenang sehingga cocok untuk berenang.

Pantai ini ramai dikunjungi terutama di akhir pekan. Untuk itu, Pemprov juga menyediakan fasilitas penunjang mulai dari tempat parkir, toilet, tempat perkemahan, warung makan, musala, toko cinderamata, dan akomodasi.

Untuk menuju Pantai Balekambang dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 48 menit dengan mobil dari pusat kota Malang. Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pengunjung harus membayar biaya masuk objek wisata ini sebesar Rp 10.000 per orang pada hari biasa. Saat hari libur, harga tiketnya adalah Rp 15.000 per orang.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga WarnaPantai Tiga Warna

Pantai di Malang ini wajib masuk dalam bucket list destinasi wisata bahari kamu. Pantai Tiga Varna menawarkan pesona nuansa biru kehijauan di laut serta putih kemerahan di pasirnya. Pemandangannya membuat semua orang jatuh cinta.

  • Snorkeling dan pemandangan dari puncak bukit

Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi keindahan alam bawah laut dengan menyelam atau snorkeling. Tak masalah jika lupa membawa perlengkapan, karena di sekitar pantai terdapat posko yang menyewakan perlengkapan snorkeling dan diving.

Tempat terbaik untuk melihat keindahan Pantai Tiga Varna adalah dari atas bukit. Bukit ini dilengkapi dengan view point sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan lebih luas. Dari atas bukit, selain Pantai Tiga Varna, Anda juga bisa melihat pantai-pantai lain di sekitarnya dan Pulau Sempu.

  • Terletak di cagar alam

Pantai Tiga Warna terletak di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC). Secara administratif terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk mengakses kawasan ini, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Untuk menuju Pantai Tiga Warna, Anda harus berjalan kaki melewati kawasan hutan bakau dan menyusuri beberapa pantai. Pertarungan tersebut selaras dengan sajian alamnya yang indah

Waktu berkunjung di Pantai Tiga Varna dibatasi 2 jam dan maksimal 200 orang dalam waktu bersamaan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga cagar alam tetap bersih dan asri. Untuk masuk ke tempat wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

4. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk AsmaraPantai Teluk Asmara

Pantai favorit di Malang Selatan selanjutnya adalah Pantai Teluk Asmara. Pantai di Pulau Jawa ini dijuluki “Raja Ampat Kecil”. Luasnya laut biru yang dikelilingi pulau-pulau kecil mengingatkan kita pada keindahan panorama Raja Ampat di Papua yang terkenal di dunia.

Jika Anda berada di dataran tinggi, kepulauan ini bisa Anda jadikan tempat berfoto yang menarik. Jika diperhatikan, kepulauan ini membentuk untaian berbentuk hati. Bentuk hati inilah yang menjadi dasar lahirnya nama Teluk Asmara.

  • Puluhan anak tangga menuju ke pantai

Untuk menuju Pantai Teluk Asmara, Anda harus menaiki puluhan anak tangga. Memang sedikit melelahkan, namun rasa lelah itu akan hilang begitu Anda melihat panorama pantai yang menakjubkan. Teluk Asmara memiliki pasir putih yang lembut dan gradasi warna pantai yang indah.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata ini. Selain berfoto dan menikmati pemandangan indah, Anda juga bisa bermain pasir putih, menyelam, snorkeling, berkemah, dan menjelajahi gua-gua yang mengelilingi pantai.

Pantai Teluk Asmara terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang jaraknya sekitar 71 km atau 2 jam perjalanan dengan mobil.

Untuk masuk ke Pantai Teluk Asmara anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 saja. Harga sangat terjangkau untuk menikmati indahnya suasana pantai.

5. Pantai Sendiki

Pantai SendikiPantai Sendiki

Sendiki merupakan sebuah pantai di Malang yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari Pantai Tiga Varna sekitar 6 km menuju Pantai Sendiki. Tempat ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2015 dan masih dikelola secara mandiri oleh warga sekitar.

  • Pantai nyaman yang belum banyak dikunjungi orang

Pantai Sendiki memang belum ramai dikunjungi wisatawan, karena akses menuju tempat ini cukup sulit dan hanya bisa menggunakan sepeda motor. Namun justru itulah kelebihan pantai ini: Anda bisa lebih leluasa menjelajahi keindahan alamnya tanpa diganggu oleh keramaian pengunjung lainnya.

Pantai yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa ini menawarkan panorama alam yang indah. Pantai berpasir putih, laut biru jernih dan suasana tenang menjadi daya tarik Pantai Sendiki.

Tempat ini cocok untuk berkemah bersama teman atau keluarga. Jika Anda tidak memiliki tenda, jangan khawatir karena di sini tersedia jasa sewa tenda. Harga sewa tenda sekitar Rp 75.000 untuk 4 atau 5 orang.

Jika membawa tenda sendiri dikenakan biaya Rp 20.000. Hindari berkemah di dekat pantai karena ombaknya cukup kuat. Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung membayar tiket senilai Rp10.000 per orang pada hari kerja.

Saat hari libur, tiket masuknya adalah Rp 15.000 per orang. Pantai Sendiki memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pantai ini menyediakan musala, pemandian umum, toilet, warung makan, dan homestay rumah pohon.

6. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang BiruPantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk menuju tempat ini, Anda perlu menempuh perjalanan dengan mobil selama kurang lebih 2 jam dan menempuh jarak 71 km dari Kota Malang.

Tiket masuk Pantai Sendang Biru dibanderol Rp 5.000 per orang. Pantai di Malang Selatan ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Sendang Biru dalam bahasa Jawa berarti mata air biru.

Hal tersebut tidak salah karena air lautnya berwarna biru jernih. Saking jelasnya, kita bisa melihat biota laut dengan mata telanjang.

  • Wisata snorkeling dan perahu motor

Untuk mengetahui lebih jauh lagi keindahan alam bawah laut, Anda bisa menyelam atau snorkeling. Di tempat wisata ini terdapat perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling pantai.

Biaya sewa perahu motor keliling pantai sekitar Rp100.000 hingga 150.000, sedangkan perahu dayung sekitar Rp50.000 hingga 75.000.

Anda juga bisa menggunakan perahu motor atau perahu dayung untuk mengunjungi Pulau Sempu yang terkenal dengan lagunanya yang indah. Jika beruntung, Anda akan melihat lumba-lumba melompat-lompat di tengah laut dalam perjalanan menuju Pulau Sempu.

Pantai Sendang Biru merupakan tempat pelelangan ikan. Berbagai jenis ikan dan hasil laut segar bisa Anda beli dari para nelayan. Nikmati kelezatan hidangan laut sambil menyaksikan matahari terbenam yang mempesona di ufuk barat.

7. Pantai Modangan

Pantai ModanganPantai Modangan

Keindahan pantai Malang juga bisa kita temukan di Modangan. Lokasinya berada di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Jarak pusat kota Malang ke Pantai Modangan kurang lebih 70 km.

Pantai ini terletak di perbatasan kabupaten Malang dan Blitar. Perjalanan menuju Pantai Modangan cukup berliku dan menantang. Namun, patut untuk mengagumi keindahan alam Pantai Modangan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih di sisi kirinya. Namun di sebelah kanannya didominasi oleh hamparan bebatuan hitam yang indah, lengkap dengan muara sungai yang airnya jernih. Tujuan pengunjung tempat ini selain menikmati keindahan pantai juga bermain paralayang.

Lokasi take off di Bukit Waung dan landing di Pantai Modangan. Jika Anda tertarik mencoba aktivitas yang memacu adrenalin ini, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan seorang pelatih.

Rasakan sensasi terbang dari Bukit Waung ke Pantai Modang. Nikmati pemandangan menakjubkan ditemani angin sepoi-sepoi. Kondisi angin di Bukit Waung tidak terlalu ekstrim sehingga cocok bagi para atlet pemula maupun profesional. Namun, untuk bisa terbang, Anda harus memperhatikan kondisi cuaca.

Di Waung Hill, Anda juga bisa berfoto selfie di depan spot foto unik bertuliskan “I Love You”. Untuk menikmati aktivitas seru di tempat wisata ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Daftar 7 tempat wisata pantai populer di Malang ini bisa kamu jelajahi dan jelajahi keindahannya bersama keluarga atau teman. Pahami rutenya agar rencana liburan Anda lancar. Jangan lupa membawa kamera dan pakaian renang untuk menikmati seluruh sisi area pantai.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button