Tempat Wisata

√ 8 tempat wisata terkenal di Solo

Kota Solo adalah julukan dari kota Surakarta, salah satu kotamadya di Jawa Tengah bagian selatan. Daftar tempat wisata terbaik di Kabupaten ini mungkin bisa Anda temukan di artikel lain di blog ini.

Namun dalam artikel ini kita akan membicarakannya secara khusus Tempat wisata di Solo Anda harus mengunjungi. Lagi-lagi khusus untuk tempat wisata di kota Solo.

Setiap kota bersaing untuk mengembangkan wilayahnya dengan pariwisata sebagai daya tarik utama kota tersebut. Kini Surakarta atau Solo telah dijadikan sebagai klaster wisata dengan tempat wisata di Solo dan kabupaten sekitar Solo.

Tempat wisata di Solo

Berikut tempat wisata terkenal di Solo

1. Tempat Wisata Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo (THR).

Objek wisata Taman Hiburan Rakyat Sriwedari merupakan taman sejarah kota Solo.

Tempat wisata ini sudah lama dijadikan sebagai tempat pertunjukan kesenian tradisional khas Jawa Tengah seperti wayang orang, kethoprak, pesta gamelan dengan keroncongan dan tarian Jawa.

Namun kini Taman Sriwedari telah disulap menjadi tempat yang lebih modern, dengan permainan untuk anak-anak bahkan taman air mini.

Tidak hanya wahana permainan tetapi juga warung makan dan panggung untuk pertunjukan musik lokal seperti Dangdut, lagu Koes Plus atau panggung band lokal.

2. Tempat Wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Mataram.

Akhirnya karena perebutan kekuasaan dan masalah politik, Kerajaan Mataram terpecah menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi.

Selanjutnya Pangeran Mangkubumi menyandang gelar Sultan Hamengku Buwono I dan sekaligus menjadi titik awal berdirinya Kerajaan Yogyakarta yang masih eksis hingga saat ini. Begitu juga dengan Keraton Surakarta yang masih berdiri hingga sekarang.

Di dalamnya tersimpan berbagai jenis peninggalan raja-raja terdahulu. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis koleksi di keraton ini.

Tak hanya itu, Keraton Surakarta juga kerap menggelar upacara adat pada hari-hari tertentu, seperti sekat pada malam maulid Nabi dan arak Kyai Slamets Kebo pada malam 1 Suro.

Oleh karena itu, Keraton Surakarta dijadikan sebagai tempat wisata di Solo yang banyak diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

3. Tempat Wisata Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat wisata di Solo yang paling indah berikut ini berupa objek wisata kebun binatang. Objek wisata Kebun Binatang Jurug atau nama resminya Kebun Binatang Taru Jurug merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan warga Solo.

Tempat wisata Kebun Binatang Jurug berada di pinggiran Bengawan Solo atau di perbatasan Kabupaten Karanganyar.

Tempat wisata Solo, Kebun Binatang Jurug memiliki koleksi satwa yang lengkap. Suasana di tempat wisata solo ini juga sangat sejuk dan nyaman serta aman, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman anda.

Setiap hari Minggu dan hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

4. Tempat Wisata Museum Radya Pustaka

Obyek wisata Museum Radya Pustaka terletak di dekat Kompleks Taman Sriwedari Solo. Obyek wisata Museum Radya Pustaka ini merupakan salah satu museum tertua di Indonesia.

Di dalamnya banyak terdapat benda-benda yang berhubungan dengan kota Solo dan peninggalan Keraton Mataram.

Koleksi yang cukup terkenal adalah koleksi porselen yang merupakan pemberian Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV.

Namun sayangnya, museum ini mengalami sejarah buruk berupa pencurian benda-benda koleksi oleh oknum keluarga kerajaan Surakarta.

Namun kasus ini diselesaikan oleh polisi. Ini menunjukkan betapa kita selama ini kurang menghargai sejarah negara kita sendiri. Peninggalan-peninggalan sejarah harus selalu kita jaga agar kita selalu dapat mengingat sejarah bangsa kita sendiri.

5. Tempat Wisata Pasar Malam Ngarsopuro Solo

Ngarsopuro merupakan bagian dari jalanan di kota Solo yang telah disulap menjadi kawasan yang sangat nyaman untuk berkumpulnya warga Solo.

Untuk kawasan Ngarsopuro tepat berada di Jalan Diponegoro atau Candi Mangkunegaran bagian selatan. Setiap malam hari kerja tempat ini dipadati anak muda yang sekedar nongkrong.

Namun setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 19.00 – 21.00 WIB, tempat ini dijadikan pusat keramaian berupa pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya kepada pengunjung. Barang-barang yang dijual di Solo City Tour adalah tie-dye, cinderamata, kerajinan tangan, kuliner khas Solo dan barang-barang suvenir lainnya.

6. Tempat wisata Museum Batik Solo Danar Hadi

Jika Anda datang dari luar kota dan berwisata ke Solo, rasanya kurang lengkap jika belum membeli Batik Danar Hadi sebagai oleh-oleh. Danar Hadi merupakan salah satu brand tie-dye ternama dari Solo. Baju ikat celup danarhadi bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh dari Solo yang sangat cantik dan menarik.

Tidak hanya outlet, Danar Hadi juga membuat museum tentang batik yaitu Museum Batik Danar Hadi. Di Museum Batik Danar Hadi Solo, pengunjung dapat melihat koleksi berbagai motif batik dari seluruh nusantara.

Baca juga: Berkeliling ke Heritage Palace Solo

7. Tempat Wisata Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer merupakan pasar yang menawarkan berbagai macam kain, batik dan pakaian, terbesar di Solo. Di sini kamu bisa membeli baju dengan harga murah karena pasar Klewer merupakan tempat grosir baju.

Tapi ingat, Anda juga harus pandai menawar harga. Meski tidak sebagus tawar-menawar, gaun itu sebenarnya bisa mahal.

Selain wisata budaya, kota Solo juga dikenal dengan wisata belanjanya. Salah satu wisata belanja solo yang tidak boleh dilewatkan adalah berbelanja di Pasar Klewer Solo.

8. Tempat wisata Galabo Solo

Tempat wisata di Solo berikut ini berupa wisata kuliner yang buka pada malam hari. Tempat Wisata Galabo adalah singkatan dari Gladak Langen Bogan Ini semacam pusat kuliner di Solo dan buka setiap malam.

Di tempat ini terdapat berbagai jenis takeaways dan snack yang siap menawarkan makanan favorit Anda.

Gerai yang menjual ini pada dasarnya adalah gerai yang ada di Kota Solo namun diberi ruang khusus untuk membuka toko di lokasi tersebut agar pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan dalam satu tempat.

Untuk makanan yang dijual di Wisata Kuliner Solo ini misalnya bandeng goreng, sop, bistik, angkringan, sate, timlo, gudek dll. Oh iya, lokasi Galabo sesuai namanya di kawasan Gladak, lebih tepatnya sebelum PGS.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandungan Semarang

Demikian tadi informasi mengenai tempat wisata paling indah di kota Solo yang wajib anda kunjungi. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi tempat wisata di Solo dan sekitarnya yang paling anda minati. Jangan lupa untuk mencoba sajian wisata kuliner Solo yang sangat diminati wisatawan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button