Tempat Wisata

√ Pantai Ancol Jakarta, tiket masuk dan jam buka

Jakarta memang menjadi salah satu tujuan para wisatawan yang ingin berlibur dengan wisata alam yang eksotik, wisata buatan yang edukatif dan wisata kuliner. Salah satu destinasi wisata di Jakarta yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Ancol.

Pantai Ancol

Berapa harga tiket masuk Ancol dan apa yang bisa dilihat di pantai? Simak ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut mengenai harga tiket, lokasi, jam operasional, dan daya tarik pantai di Jakarta ini.

Sekilas tentang Pantai Ancol

Pantai Ancol merupakan salah satu pantai di Jakarta yang terletak di Jakarta Utara dan menjadi tujuan wisata yang populer baik di kalangan penduduk lokal maupun luar daerah. Menjadi taman laut, pantai ini menawarkan banyak hiburan.

Pantai ini juga memiliki fasilitas terlengkap dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Pantai di Jakarta ini tidak hanya berfungsi sebagai wahana taman laut, tetapi juga menjadi dermaga utama untuk berwisata ke Kepulauan Seribu.

Lokasi dan jam buka

Pantai Ancol terletak di utara Jakarta, tepat di Jalan Lodan Raya, Pademangan. Pantai ini juga masih merupakan bagian dari kawasan Taman Impian Jaya Ancol, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Objek wisata pantai ini buka 24 jam setiap hari dari Senin hingga Minggu, sehingga wisatawan bisa datang kapan saja.

Pantai Ancol

Biaya masuk

Untuk dapat menikmati keindahan dan keeksotisan pantai ini dikenakan biaya masuk dari wisatawan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena tiket masuk ke kawasan pantai ini relatif murah. Berikut daftar harga tiket Pantai Ancol 2022.

Tiket masuk (Senin-Minggu) Rp25.000/orang
area parkir Rp 25.000/unit
Parkir motor saja Rp 15.000/unit
Segaraga (Senin-Minggu) 15.000 Rp

Tarif masuk di atas hanya untuk wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan pantai. Jika wisatawan ingin mengunjungi tempat wisata lain maka akan dikenakan biaya masuk lagi.

Rute menuju Pantai Ancol

Untuk menuju pantai di Jakarta ini, ada beberapa pilihan rute yang bisa ditempuh. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan Jalur Pantura di Jakarta Utara.

Setelah Anda menemukan pintu gerbang menuju kawasan Ancol, Anda tinggal mengikuti plang atau rambu-rambu jalan yang ada. Pantai ini bersebelahan dengan objek wisata Dunia Fantasi (Dufan).

Sedangkan wisatawan yang menggunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta bisa menuju Settle Dufan atau Pantai Ancol. Akses menuju pantai ini juga sangat mudah.

Fasilitas di Pantai Ancol

Berbeda dengan pantai lainnya, pantai yang masih menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, diantaranya sebagai berikut.

  • Taman
  • tempat peristirahatan umum
  • ruang sholat
  • toko cendera mata
  • Resor
  • food court
  • hotel dan keluarga angkat

Objek wisata Pantai Ancol

Apa yang ada di Pantai Ancol? Nah, di kawasan pantai ini terdapat banyak tempat hiburan yang menarik wisatawan, seperti Lagoon Beach, Carnival Beach dan festival. Berikut beberapa hal menarik yang ditawarkan pantai di Jakarta ini.

  • bermain air di pantai

Salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini adalah bermain air dan berenang di pantai. Di objek wisata ini juga terdapat toko persewaan pelampung yang bisa digunakan untuk berenang.

Meski termasuk kawasan yang aman, wisatawan harus tetap waspada saat bermain air atau berenang. Saat air pasang, wisatawan biasanya disarankan untuk tidak berenang melebihi batas aman yang telah ditentukan.

Selain bermain air, wisatawan juga bisa menikmati keseruan bermain pasir di pantai. Pantai ini memiliki pasir putih yang panjang dan cukup luas sehingga cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

  • Berjalan-jalan di sepanjang promenade

Pantai ini memiliki panjang garis pantai sekitar 6,5 km. Nah, di kawasan pesisir terdapat promenade yang mengelilinginya dan berfungsi sebagai tempat rekreasi bagi wisatawan.

Pantai ini juga memiliki zona pejalan kaki dengan lebar 8 meter yang sering digunakan sebagai jalur untuk jalan-jalan santai menikmati suasana pantai. Dengan hembusan angin laut yang sepoi-sepoi, kawasan promenade ini memang menjadi tempat yang populer bagi wisatawan untuk bersantai.

Perbatasan antara wilayah laut dan daratan juga menjadi tempat berfoto yang populer, terutama saat matahari terbenam. Di beberapa tempat, wisatawan juga akan menemukan taman kebugaran yang bisa digunakan untuk kegiatan olahraga.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Ancol adalah naik kereta wisata Sato-Sato. Kendaraan ini membawa wisatawan ke tempat-tempat wisata lain di kawasan Ancol seperti Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark dan Dunia Fantasi.

Kereta Sato-Sato memungkinkan wisatawan menikmati pemandangan indah sepanjang pantai di jalur kereta sepanjang kurang lebih 3,6 kilometer. Rute kereta api ini dimulai dari Gerbang Timur, Pantai Bende, Ocean Dream Samudra dan menuju Dunia Fantasi.

Kendaraan ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dengan 3 rangkaian kereta dan mampu mengangkut hingga 400 penumpang. Salah satu gerbong kereta Sato-Sato diperuntukkan bagi wisatawan berkebutuhan khusus (difabel).

Daya tarik lain dari pantai ini adalah lokasinya yang strategis, menjadikannya tempat yang ideal untuk piknik keluarga. Banyak wisatawan menggelar tikar untuk duduk bersantai dan bercengkerama dengan keluarga atau teman sambil menikmati keindahan pantai.

Meski banyak warung dan warung yang menjajakan makanan, namun tidak sedikit pula wisatawan yang membawa bekal sendiri, mulai dari nasi lengkap dengan lauk pauknya hingga jajanan atau buah-buahan.

Pantai ini memiliki banyak spot menarik yang direkomendasikan sebagai tempat berfoto dan mengabadikan momen. Ada banyak tempat menarik untuk dijadikan latar foto, seperti Le Bridge, Lagoon Beach, dan Monument Lake.

Waktu terbaik untuk mengabadikan momen di pantai ini adalah saat matahari terbenam dengan panorama alam yang menampakkan rona jingga yang indah dan eksotis.

  • Nikmati kuliner lezat di pinggir pantai

Ada banyak kuliner yang bisa dinikmati selama berlibur di pantai ini, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Wisatawan tidak hanya disuguhi kelezatan, tetapi juga pemandangan pantai dan laut yang indah.

Ada beberapa restoran yang direkomendasikan seperti Gubug Mang Engking, Rumah Kayu, Bandar Jakarta dan masih banyak lagi. Di tempat makan ini, wisatawan bisa menikmati berbagai sajian menu lezat ditemani semilir angin pantai yang sejuk.

Pengelola pantai kerap mengadakan acara-acara hiburan menarik saat liburan, misalnya memperingati HUT RI, malam tahun baru dan acara-acara lainnya. Misalnya pada pergantian tahun, kawasan pantai banyak digunakan untuk acara-acara seperti festival musik dan pesta kembang api.

Gunakan ulasan di atas sebagai referensi bagi anda yang ingin berlibur ke Jakarta. Dengan banyaknya wahana yang menarik dan fasilitas yang memadai, tidak heran jika Pantai Ancol menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Peringkat Pengunjung

Syahrul Akhdan

13:27 25 Juli 22

Pantainya landai dan bersih. Susah parkir…..

Giyarto Giyarto

04:13 Jan 03 22

Celananya bagus banget sekarang…dibandingkan tahun 80-an…

Ramdan M

09:38 28 Juli 22

Sangat cocok untuk bermain anak-anak, pantainya tenang.

Saluran Ramdani18 (Abie)

04:25 26 Agustus 20

Ada mitra baru di Ancol… seperti di Bali

DENI BUDIMAN

13:39 05 April 22

Pantai Ancol… sebuah pantai di ibu kota Jakarta.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button