Tempat Wisata

√ Pantai Jayanti (HTM, rute, hal menarik dan review pengunjung)

√ Pantai Jayanti (HTM, rute, hal menarik dan review pengunjung)

Jawa Barat terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Potensi wisata hampir ada di setiap sudut Jawa Barat. Salah satu tempat wisata alam di Jawa Barat yang paling populer adalah Pantai Jayanti di Cianjur Selatan.

Pantai Jayanti memiliki ombak yang sangat besar sehingga tidak aman jika dijadikan tempat berenang. Besarnya ombak tersebut disebabkan karena lokasi pantai tersebut berada di sisi selatan Pulau Jawa yang menghadap laut Samudera Hindia.

Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam kecokelatan dan dikelilingi terumbu karang besar. Pesona keindahan alam laut yang masih alami bisa Anda rasakan ketika deretan perahu nelayan berjejer rapi di cekungan dalam atau kawasan “Lawang” bibir laut.

Pantai JayantiPantai Jayanti

Biaya masuk

Anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berwisata ke Pantai Jayanti. Sebab, pihak pengelola tempat wisata hanya menetapkan harga parkir kendaraan.

Jika menggunakan kendaraan bermotor roda dua maka harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 per sepeda motor. Sedangkan jika menggunakan kendaraan roda empat atau mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000 per mobil.

Rute Menuju Pantai Jayanti

Wisata Alam Pantai Jayanti terletak di Jalan Pantai Jayanti tepatnya di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur Selatan. Sebagai salah satu obyek wisata alam terpenting di Provinsi Jawa Barat, banyak pengunjung yang datang ke Pantai Jayanti setiap akhir pekan.

Pengunjung pantai ini sebagian besar berasal dari Kota Bandung dan juga dari pusat kota Kabupaten Cianjur. Ada berbagai rute perjalanan yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Pantai Jayanti. Pantai ini berjarak sekitar 140 km dari pusat kota Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jika dari kota Bandung rutenya menuju ke Ciwidey, lalu ke Naringgulm, Cidaun dan terakhir ke Jayanti. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jalur ini pun tidak terlalu lama, hanya sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan dengan mobil.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menyaksikan keindahan alam eksotis yang terhampar di sisi kanan dan kiri jalan. Jika Anda dari Jakarta, Anda bisa menuju kawasan Cianjur terlebih dahulu lalu mengambil jalur Sukanagaram Tanggeung.

Dari Sukanagaram Tanggeung ambil jalur Sindangbarang lalu ke Cidaun. Terakhir ambil jalan menuju Jayanti. Ini merupakan jalur yang paling sering dilalui wisatawan dari Jakarta menuju Pantai Jayanti. Selain jalur di atas, Anda juga bisa memilih jalur alternatif lain yang dirasa paling nyaman bagi Anda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Jayanti

Seperti halnya tempat wisata lainnya, objek wisata Pantai Jayanti juga mempunyai sejuta pesona yang pastinya sayang untuk Anda lewatkan. Pengunjung dapat menikmati keanekaragaman keindahan dan keistimewaan Pantai Jayanti sambil melakukan kegiatan wisata sebagai berikut:

  • Terumbu karang besar

Salah satu keunikan yang ditawarkan Pantai Jayanti adalah terumbu karang di sekitar pantai yang sangat besar dan banyak jumlahnya. Garis pantai Pantai Jayanti sendiri terbentang dari sisi barat yaitu Cipakis hingga sisi timur yaitu Cisela.

Batuan karang besar sebagian besar berada di sisi timur pantai. Keberadaan batu karang berukuran besar dan terhampar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama sebagai latar untuk berswafoto. Besaran dan luasnya batuan karang ini mempunyai daya tarik tersendiri yang eksotik.

  • Menikmati fenomena matahari terbenam

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan fenomena alam matahari terbenam yang luar biasa indahnya di tepi pantai. Momen saat matahari perlahan terbenam dengan sinar cerahnya yang berubah warna menjadi jingga merupakan keajaiban alam menakjubkan yang wajib Anda abadikan sebagai latar belakang saat mengambil foto di tepi pantai.

Saat matahari terbenam, air laut tampak perlahan menjadi gelap karena kehilangan cahayanya. Berdirilah di tepi pantai, sentuh tepian ombak dengan kaki Anda dan Anda siap mengabadikan momen menakjubkan ini.

Inilah salah satu keunggulan atau daya tarik utama yang ditawarkan Pantai Jayanti. Sebelum dijadikan objek wisata yang dibuka untuk umum, Pantai Jayanti pada awalnya merupakan pelabuhan tradisional bagi para nelayan yang mencari ikan di laut.

Itu sebabnya banyak perahu kayu yang berlabuh di pinggir pantai. Untuk menunjang pariwisata, banyak perahu kayu milik nelayan yang diubah menjadi perahu fiber agar terlihat lebih menarik dan tahan lama.

Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk menjelajahi tengah laut atau beberapa tempat tepi pantai yang sangat mempesona. Bahkan, Anda juga bisa menjelajahi kawasan tersebut dengan perahu sambil memancing. Jika beruntung, Anda bisa menangkap ikan besar.

  • Nikmati pilihan makanan laut yang baru diolah

Ciri khas Pantai Jayanti sebagai tempat persinggahan perahu nelayan adalah beragamnya kuliner khas laut yang bisa dicicipi di sekitar pantai. Banyak kuliner berbahan dasar seafood yang bisa Anda nikmati jika nyaman menjelajahi keindahan alam di tepi pantai.

Tak hanya makanannya yang lezat, Anda juga berkesempatan mencicipi makanan laut segar yang didatangkan langsung dari para nelayan. Belum lagi harga makanan lautnya yang tentunya lebih murah karena didatangkan langsung dari nelayan.

  • Ambil foto di lokasi yang Instagrammable

Ada banyak spot foto instagramable di seluruh area pantai. Salah satu backdrop foto yang menarik selain bebatuan besar adalah benteng beton yang dibangun di pinggir pantai. Benteng beton melengkung yang sangat besar ini menjadi salah satu keunikan pantai ini.

Banyak wisatawan yang berjalan di atas benteng beton yang luas ini, sehingga tidak berbahaya. Anda juga bisa mengambil foto dari atas beton dengan perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi dan indah di pinggir pantai.

Di Pantai Jayanti, pengunjung bisa menghirup udara segar semilir angin Samudera Hindia. Untuk pengalaman wisata yang lebih menyenangkan, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar mengelilingi laut dan memancing.

Ulasan pengunjung

Wah, Farisorganizer

04:28 09 20 November

Pemilik warungnya kurang ramah, jangan suruh dia sebutkan nama warungnya. Kalau ada yang mau ke Jayanti mending ke warung lain.

Elma Mulyana

15:13 tanggal 21 Oktober

Pantainya bagus, tidak terlalu banyak orang, kekurangannya hanya kurang terawat. Tapi cocok banget buat liburan gak jauh dari kota

FENENSIUS FNS

09:03 07 November 21

Jika beruntung bisa nego tiket masuk yang bisa langsung dipanggang, atau penginapan murah jika beruntung. Ombaknya kadang besar dan tinggi, serta terdapat bebatuan karang. Keindahannya hanya terletak di pantainya saja. Ada pasar ikan. Bisa nego, kalau beruntung bisa dapat diskon.

Medi Suryadi

14:27 30 September 21

Suka banget sama T4, tapi sayang sepertinya kurang terawat. Tiketnya murah dan juga kalau pakai gubuk 10km dan langsung parkir di dalamnya sejauh 10km lagi

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button