Tempat Wisata

√ Pantai Jungwok Jogja πŸ–οΈ Biaya masuk, review pengunjung

Daerah Istimewa Yogyakarta selalu meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi wisatawan. Bagaimana tidak, banyak destinasi wisata kebanggaan di kota ini. Salah satunya adalah Pantai Jungwok yang pastinya sayang untuk Anda lewatkan.

Pantai Jungwok dikenal sebagai pantai yang memberikan kesan mistis atau seram. Namun keindahan pantai ini tidak menyurutkan wisatawan untuk datang kesini dan menikmati pemandangan. Sebenarnya banyak hal menakjubkan yang bisa ditemukan di pantai ini.

Pantai JungwokPantai Jungwok

Biaya masuk

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berlibur ke pantai eksotik seperti Pantai Jungwok ini. Biaya masuknya sangat terjangkau. Anda hanya memerlukan biaya Rp 5.000 per orang untuk memasuki pantai wisata ini.

Beruntungnya, harga tiket masuknya satu paket dengan tiket masuk objek wisata Pantai Wediombo yang letaknya dekat Jungwok. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor normal.

Sedangkan pengemudi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Dengan tarif yang sangat terjangkau ini Anda sudah bisa menikmati keindahan alam pantai-pantai di Yogyakarta.

Rute menuju Pantai Jungwok

Secara umum, ada tiga pilihan rute yang bisa digunakan untuk menuju Pantai Jungwok. Ketiga opsi ini masing-masing memiliki jangka waktu yang berbeda. Anda kemudian dapat menyesuaikan titik awal sehingga Anda dapat memperkirakan waktu tiba di tempat tujuan. Jalur aksesnya antara lain:

Pada jalur ini perjalanan dimulai dari Yogyakarta kemudian melalui Jalan Bausasran. Dari Jalan Bausasran, Anda harus lurus hingga mencapai SMAN 8 Yogyakarta.

Perjalanan dilanjutkan menuju PLN Yogyakarta melalui Jalan Nasional III dan Jalan Yogyakarta. Belum sampai, masih harus menuju Wonosari hingga Jalan Kyai Legi. Kemudian lanjutkan ke Jalan Pantai Selatan menuju Jalan Wediombo.

Jangan salah karena Pantai Wediombo juga dekat dengan Pantai Jungwok. Anda bisa melihat papan petunjuk jalan yang bertuliskan nama tujuan pantai tersebut agar tidak salah tujuan.

Tidak hanya lewat kota Yogyakarta, tapi juga lewat jalur Bantul. Sesuai dengan nama jalurnya, perjalanan pertama dimulai dari lokasi Bantul menuju Jalan Playen Dlingo. Dari Jalan Playen Dlingo bisa langsung menuju Jalan Kyai Legi menuju Jalan Pantai Selatan.

Kemudian lanjutkan ke Jalan Wediombo. Baru setelah itu Anda akan sampai di lokasi Pantai Jungwok. Akses menuju jalur kedua ini sebenarnya lebih cepat. Pasalnya, jarak Bantul ke pantai lebih pendek dibandingkan Yogyakarta.

Jalur ini biasanya digunakan bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Jalur ini juga cocok bagi Anda yang bepergian dari luar kota dan menggunakan bus atau alat transportasi lainnya.

Perjalanan dimulai di Terminal Giwangan. Dari Terminal Giwangan, minta turun di Desa Jepitu. Di desa ini Anda akan menemukan banyak layanan ojek online yang bisa membawa Anda kemana saja.

Anda kemudian dapat naik ojek ke kota pantai. Karena jaraknya yang tidak terlalu dekat, tak heran jika Anda dikenai tarif ojek yang lumayan mahal. Biasanya tarifnya sekitar Rp 40.000 hingga 50.000.

Hal menarik di Pantai Jungwok

Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak hal menarik dari kehebatan Pantai Jungwok. Nama pantai ini mungkin belum sepopuler pantai Parangtritis di Jogja. Namun, berbagai hal menarik dan unik bisa Anda nikmati di pantai ini. Apa itu? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Keunikan ketiga aliran Sungai Tawar

Laut di pantai ini merupakan muara dari tiga sungai air tawar sekaligus. Dengan keunikannya tersebut, Pantai Jungwok bahkan terlihat seperti terdiri dari tiga bagian dengan air mengalir di dalamnya. Perpaduan dua jenis air tawar dan air asin menjadi daya tarik yang sangat unik.

Tidak semua lautan di pesisir merupakan muara dari tiga sungai sekaligus. Namun, di sini Anda bisa melihat pesonanya yang menakjubkan. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa diingatkan untuk bersyukur atas kekuatan Tuhan.

2. Garis pantai yang unik dan melengkung

Bukan hanya sungai air tawarnya yang membuat pantai ini unik. Garis pantainya yang melengkung juga mempunyai sesuatu yang unik. Bentuk pantai unik melengkung ini bisa jadi subjek foto terbaru Anda.

Sayang sekali jika tidak mengabadikan suasana eksotik pantai ini. Anda dapat mengambil gambar dari segala arah. Pemandangan garis pantai yang melengkung semakin menarik jika dilihat dari atas.

3. Olahraga pantai

Pantai Jungwok diberkati dengan pasir putih, halus dan bersih. Apalagi suasana pantainya sangat seru. Salah satu aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini adalah olahraga pantai. Contohnya adalah voli pantai.

4. Berkemah

Suasana Pantai Jungwok yang asri, eksotik, dan tenang sangat cocok dijadikan destinasi camping bersama teman-teman. Namun perlu diketahui bahwa pihak pengelola pantai tidak menyediakan perlengkapan berkemah.

Jika ingin berkemah, perlengkapan berkemah harus dibawa sendiri dari rumah. Meski gratis digunakan sebagai tempat perkemahan, Anda tetap perlu berhati-hati saat menginap di sana. Selalu menjaga kebersihan dan sopan santun di area pantai.

5. Pulau kecil di tengah laut

Hal lain yang sangat menarik dari pantai ini adalah adanya pulau kecil di tengah laut. Pulau kecil ini akan menambah kesan indahnya Pantai Jungwok. Bagi Anda yang hobi fotografi, pemandangan ini bisa menjadi objek yang sangat menarik dan mengesankan.

6. Topi Batu

Batu Topi merupakan sebuah benda karang berukuran besar yang terletak di tengah laut di pantai ini. Namun jarak menuju daratan tidak terlalu jauh sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat memancing.

Warga sekitar pantai memberinya istilah β€œbatu puncak”. Selain bebatuan karang berukuran besar, di beberapa bagian laut juga terdapat bebatuan karang kecil yang menambah keindahan pantai.

Tak perlu menghabiskan liburan hanya sekedar berbelanja, Pantai Jungwok juga bisa dijadikan alternatif wisata saat berkunjung ke Yogyakarta. Anda pasti bisa melihat pesona Provinsi Yogyakarta dengan lebih baik.

Ulasan pengunjung

NN

13:33 09 21 Oktober

Sumpah.. pantainya bersih.. masih sepi.. berasa private beach.

Alvita Zheronia

07:23 24 Agustus '21

Tempatnya keren, belum banyak yang mengetahuinya

Silvia Sudarto

18:30 23 November 21

Tempat yang menyegarkan bagi tua dan muda, terutama untuk berkemah

RBR

08:31 07 21 Agustus

Salah satu pantai selatan Jawa dengan pasir dan karang yang indah

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button