Tempat Wisata

√ Pantai Pangandaran (HTM, rute, hal menarik dan review pengunjung)

Pantai Pangandaran merupakan pantai yang terkenal di kalangan wisatawan khususnya warga Jawa Barat. Pasalnya pantai ini merupakan salah satu pantai kebanggaan Jawa Barat karena pemandangannya yang eksotis dan banyak aktivitas seru.

Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran di sebelah tenggara Provinsi Jawa Barat. Jika Anda baru pertama kali datang ke Jawa Barat khususnya Kab. Jika Anda sedang berkunjung ke Pangandaran dan ingin mengunjungi pantai ini, sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Pantai PangandaranPantai Pangandaran

Pantai Pangandaran menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Jawa Barat. Pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat indah baik saat matahari terbenam maupun matahari terbit. Uniknya, di pantai ini Anda bisa menikmati matahari terbenam dan matahari terbit dari tempat yang sama.

Pasalnya, sebagian Pantai Pangandaran menjorok ke laut. Artinya, Anda bisa menikmati matahari terbit di sisi timur dan matahari terbenam di sisi barat sama indahnya.

Selain itu, alasan lain mengapa pantai ini patut Anda kunjungi adalah letaknya yang tidak jauh dari kota Bandung. Seperti diketahui, kota ini kerap dijadikan basis destinasi wisatawan luar Jawa Barat yang berkunjung ke provinsi ini.

Pantai Pangandaran sendiri merupakan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Kawasan alam di sini masih sangat alami dan jarang diubah oleh tangan manusia. Pasirnya merupakan campuran pasir putih dan pasir hitam. Cocok sekali bagi anda yang menyukai suasana alami.

Bisa dikatakan air di pantai ini tergolong tenang. Di sini terdapat cagar alam dengan luas 530 hektar yang memanjang hingga ke laut. Jalur alami ini secara alami berperan sebagai pemecah gelombang. Meski pantai ini menghadap ke laut selatan, namun ombaknya tidak terlalu besar.

Selain keindahan alamnya, pantai ini juga sering dikunjungi oleh para nelayan dari daerah lain karena ombaknya yang tenang dan tidak berbahaya.

Biaya masuk

Dengan pemandangan alam yang indah dan banyaknya aktivitas menarik, Anda bisa mengakses pantai ini dengan biaya masuk yang relatif terjangkau. Berikut daftar tarif masuk Pantai Pangandaran:

  • Pejalan kaki: Rp.6000 per orang
  • Sepeda Motor: Rp.14.000
  • Kendaraan pengangkut: Rp.65.000
  • Kendaraan jenis jeep/sedan : Rp.37.500
  • Mobil penumpang besar: Rp.92.500
  • Minibus: Rp.126.000
  • Bus sedang: Rp.188.000
  • Bus besar: Rp 310.000

Khusus untuk pejalan kaki, tarifnya dikenakan per orang. Kendaraan kini dihitung per kendaraan, berapa pun jumlah orang yang diangkut.

Rute Menuju Pantai Pangandaran

Ada beberapa alternatif jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju Pantai Pangandaran, antara lain:

  • Alternatif 1: Jalur utama lewat Bandung -> Tasikmalaya -> Banjar -> Pangandaran. Jalur ini paling mudah diikuti dan memiliki banyak rambu jalan. Bagi Anda yang baru pertama kali berwisata ke Pangandaran, jalur ini sangat direkomendasikan.
  • Alternatif 2: Bandung -> Tasikmalaya -> Pantai Cipatujah -> Pangandaran
  • Alternatif 3: Bandung -> Pangalengan -> Cisewu -> Rancabuaya -> Pameungpeuk -> Cipatujah -> Pangandaran. Jalur alternatif ini merupakan jalur melalui jalur selatan Jawa Barat. Relatif sepi di rute ini karena ada pengemudi lain.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan jalur-jalur di atas. Jika tidak memungkinkan menggunakan kendaraan pribadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena banyak pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju Pantai Pangandaran.

Salah satunya adalah Anda bisa menggunakan bus dari Kampung Rambutan, Jakarta ke Pangandaran atau dari Bandung ke Pangandaran. Alternatif lainnya adalah naik pesawat dari Jakarta langsung menuju Pangandaran dan turun di Bandara Nusawiru Pangandaran dengan maskapai Susi Air.

Hal menarik di Pantai Pangandaran

Banyak hal dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai indah ini antara lain:

  • Nikmati matahari terbenam dan matahari terbit di satu tempat

Secara umum, hanya ada satu momen terindah di sebuah pantai, baik itu matahari terbit atau terbenam. Namun berbeda dengan Pantai Pangandaran. Di sini Anda dapat menikmati kedua momen tersebut dengan sama baiknya. Di dua momen indah tersebut Anda bisa mengambil foto epik bak siluet indah.

Bagi Anda yang ingin berjemur namun tidak menyukai sinar matahari yang tidak terlalu terik, pantai ini adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai di Kabupaten Pangandaran ini memiliki sinar matahari yang tidak terlalu terik dan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Suhu di sini relatif sejuk untuk ukuran pantai. Oleh karena itu, sangat cocok bagi wisatawan yang tidak menyukai suhu panas yang biasa terjadi di pantai.

  • Nikmati keindahan laut lepas dari atas bukit

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah menikmati keindahan Pantai Pangandaran dan laut lepas dari atas bukit. Karena di sini Anda bisa menuju tempat yang cukup tinggi untuk menikmati keseluruhan pantai dari atas. Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbenam dan matahari terbit.

Ingin menikmati keseruan olahraga air di pantai yang masih alami? Anda pasti wajib melakukan olahraga air di pantai ini. Berbagai jenis wahana olahraga air seru tersedia di sini antara lain Jet Ski, Banana Boat, Aqua Glade, Big Mable Boat dan lain sebagainya.

Harganya relatif murah. Dengan wahana tersebut anda bisa merasakan sensasi bermain air hanya dengan 30.000 hingga 300.000 saja.

  • Kegiatan penangkapan ikan dan pasar ikan

Selain pemandangan alam yang indah dan olahraga air yang seru, aktivitas menarik lainnya di pantai ini adalah menyaksikan para nelayan melakukan aktivitasnya. Pantai ini sendiri merupakan pusat pemancingan ikan dan anda juga bisa mengunjungi pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan langsung dari hasil tangkapan di pantai ini.

Pemandangan alamnya yang indah dan banyaknya aktivitas menarik sepertinya menjadi alasan mengapa Pantai Pangandaran wajib masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi pada liburan berikutnya. Jangan lupa jaga alam dengan tidak merusaknya.

Ulasan pengunjung

Satria Watadhos

16:51 11 Oktober 20

pantainya indah…penjaga pantai standby…penginapan nyaman dan murah…harga relatif terjangkau…

Watin Nurul Farwizah

12:16 15 September 21

Tenang…dulu…refresh dari segala penat…

Sally Gagak

00:30 09 21 Agustus

Tempatnya asri, hutan lindungnya sejuk, jiwa tenang….

zep_wan

05:11 13 November '21

Tempat yang wajib dikunjungi. Cobalah

Epul Hidayat

06:18 06 Februari 21

Menjelang matahari terbenam :)#Pos3 #Sinar Rahayu Akomodasi 3

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button