Tempat Wisata

√ Pantai Santolo Garut 🏖 Rute dan Harga Tiket

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi yang tentunya memiliki banyak kota besar dan tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata air, hingga wisata museum, semuanya bisa Anda cari dan temukan di Jawa Barat. Contohnya adalah Pantai Santolo.

Pantai ini terletak di Garut, Jawa Barat. Jangan bertanya tentang kecantikan. Bahkan digadang-gadang pantai ini menjadi favorit Garut. Keindahan pantainya membuat banyak pengunjung betah berlama-lama di sana. Selain itu, pantai ini juga disebut sebagai surga tersembunyi Garut.

Pantai SantoloPantai Santolo

Biaya masuk

Meski sangat indah, namun harga tiket masuk pantai di Garut ini sangat terjangkau. Pembayaran tiket berlaku untuk anak-anak dan dewasa. Pembayarannya hanya berkisar Rp 7.500 saja.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa fasilitas lain di kawasan pantai. Pada akhir pekan atau hari libur, harga tiket bisa naik tergantung jumlah pengunjung.

Rute menuju Pantai Santolo

Lokasi tepatnya pantai ini berada di Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari Kota Garut, Anda memerlukan waktu berkendara sekitar 3 jam untuk mencapai kota pantai tersebut. Jarak dari kota Garut ke pantai ini sekitar 80 km.

Untuk menuju lokasi dari kota Garut, menuju ke Cikelet melalui Cikajang. Dari Cikelet Anda berkendara ke Pameungpeuk. Setelah itu langsung menuju lokasi pantai. Keberangkatan dari kota Garut menuju kota pantai dapat dilakukan dengan kendaraan umum.

Jika anda berangkat dari Ciwidey, anda bisa menggunakan angkutan pribadi karena angkutan umum masih jarang. Dari Ciwidey Anda perlu menuju Cisewu dan terus menuju Bungbulang. Dari Bungbulang, Anda bisa berkendara ke Pameungpeuk dan menuju kota pantai.

Hal menarik di Pantai Santolo

Karena terkenal dengan keindahan Garut, pasti banyak hal menarik yang ada di pantai ini. Berbagai atraksi wisata menarik bisa memperkaya liburan Anda selama berada di pantai. Objek menarik apa saja yang bisa kamu nikmati di pantai ini? Berikut penjelasannya:

  • Pemandangan pantai yang eksotis

Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan Pantai Santolo. Pasirnya putih bersih, airnya jernih, ombaknya tenang, dan hamparan pantainya cukup panjang. Selain itu, banyak juga makhluk laut yang datang ke darat.

Dengan cara ini Anda juga bisa bermain dan mencari koleksi makhluk laut ini secara bersamaan. Tentunya ini akan menjadi kegiatan yang sangat seru dan sulit untuk dilupakan. Selain itu, karena ombaknya tenang, Anda bisa bermain air dengan aman.

Tidak semua pantai menawarkan kesempatan berlayar ke pulau seberang. Namun Pantai Santolo terbukti menjadi salah satu pantai yang menawarkan aktivitas pantai seru tersebut.

Disana Anda akan banyak menjumpai perahu-perahu nelayan yang disewakan khusus sebagai alat transportasi penyeberangan menuju pulau kecil di seberangnya. Ombaknya yang tenang sangat mendukung aktivitas berlayar ini.

Aktivitas berlayar ini akan memberikan kesan yang sangat menarik bagi Anda. Pasalnya, Anda bisa menikmati tenangnya ombak pantai ini sambil menyaksikan biota laut yang naik ke permukaan laut, apalagi ombak lautnya cukup tenang.

Kawasan atol yang sangat luas, sekitar 35 hektar, terbentang di sepanjang pantai ini. Bagian ini dihiasi bebatuan karang setinggi 3 meter. Karang ini biasa disebut karang uap. Di sekitar karang yang teredam terus menerus dibanjiri air laut.

Oleh karena itu, tidak heran jika orang sering mengira dari kejauhan bahwa ini adalah sebuah pulau. Faktanya, karang uap ini membentuk satu kesatuan dengan daratan yang berdekatan. Saat deburan ombak menerpa karang, percikan airnya terlihat sangat mengesankan.

Keindahan hamparan alam deburan ombak dan karang yang mengepul ini dinilai tak kalah indahnya dengan Tanah Lot di Bali.

Pantai di Garut ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona, tetapi juga berbagai wahana yang bisa dinikmati di laut lepas. Salah satunya adalah banana boat.

Permainan banana boat cukup menantang untuk merangsang kadar adrenalin dan menyeimbangkan tubuh. Fasilitas bermain tentunya disediakan oleh pihak pengelola pantai. Anda hanya perlu membayar harga biaya sewa banana boat selama permainan berlangsung.

Anda dapat mengundang teman dan keluarga untuk mengisi pesawat luar angkasa. Lalu bersiaplah untuk terjun ke laut lepas. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga akan diberikan jaket pelampung yang aman agar tidak tenggelam.

Air laut di pantai ini terkenal cukup dangkal. Tak heran jika banyak pengunjung yang tertarik bermain air tanpa takut tenggelam. Selain itu, banyak terdapat biota laut atau hewan laut di kawasan dangkal ini.

Dengan airnya yang jernih, dipastikan seluruh pengunjung bisa leluasa menikmati keindahan makhluk laut tersebut. Pengunjung juga bisa menemukan ikan-ikan kecil dan makhluk laut lainnya yang tersembunyi di antara karang di sekitar pantai.

Kegiatan ini sangat cocok bagi anda yang membawa anak-anak. Karena melihat langsung hewan-hewan laut tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran bagi anak-anak tentang biota laut yang sebenarnya.

  • Selfie di jembatan gantung Santolo

Ternyata di pantai ini juga terdapat jembatan gantung sepanjang sekitar 100 meter. Jembatan ini menjadi penghubung antara Santolo dan Pulau Curugan. Banyak pengunjung yang memanfaatkan jembatan tersebut sebagai latar belakang untuk berswafoto.

  • Luas muara Cilauteurun

Muara Cilauteurun merupakan muara yang sangat unik dan hanya ada di Pantai Santolo. Muara ini memperlihatkan pemandangan air laut yang mengalir ke daratan muara dan tidak kembali ke laut.

Pasalnya, permukaan laut lebih tinggi dibandingkan muara sehingga arus tidak bisa mengalir ke laut. Dikatakan hanya ditemukan di Santolo dan di Perancis.

Pantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata di Garut, Jawa Barat. Beragam keindahan alamnya yang mempesona dijamin akan membuat Anda terkesan dan betah berlama-lama berada di pantai ini. Mulailah merencanakan liburan ke Pantai Garut.

Ulasan pengunjung

Katara Atra

10:52 19 Mei 21

Jauh…sungguh…jalannya luar biasa.

empat Yakuza

00:17 7 Juni 21

Kebersihannya buruk… tolong ditingkatkan lagi kebersihannya… Begitu juga dengan pemerasan

Siti Maryam

13:48 22 Mei 21

Pantainya cukup nyaman. Pelayanannya kurang.

Nia Chandra

00:45 25 Maret 21

Pantainya masih asri, pasirnya putih 👍🏻

Ilham Daswin

20:19 10 Maret 21

Sangat menyenangkan di sini. Hanya saja tidak cukup lama dan saya tidak tahu tujuannya.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button