Tempat Wisata

√ Pantai Sendiki 🏖️ (biaya masuk, hal menarik dan review)

Indonesia terkenal kaya akan tempat wisata. Salah satunya wisata pantai, misalnya saja Pantai Sendiki. Pantai ini tepatnya berada di Malang. Malang terkenal tidak hanya dengan wisata pegunungannya saja, namun juga wisata pantainya yang beragam.

Pantai Sendiki merupakan salah satu tempat wisata pantai di Malang yang sangat direkomendasikan. Ada banyak hal yang bisa dinikmati di pantai ini. Dikenal eksotis, pantai ini tepatnya terletak di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Banyak spot foto cantik di pantai ini sehingga cocok untuk berburu foto.

Pantai SendikiPantai Sendiki

Biaya masuk

Meski pantai eksotik ini dikenal masih sepi, namun penduduk setempat tetap mengenakan biaya masuk. Tenang saja, harga tiket masuk objek wisata tepi pantai ini sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Biaya parkirnya sekarang juga Rp 5.000.

Jika kebetulan ingin camping atau bermalam di dekat pantai, harga tiketnya naik sebesar Rp 10.000. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan selama menginap di pantai ini. Fasilitas tersebut antara lain, namun tidak terbatas pada, musala, toilet umum, pemandian, dan tempat perkemahan.

Tidak perlu khawatir untuk makan dan minum karena di sana juga terdapat warung lokal. Semua fasilitas yang ada di tempat wisata ini dikelola oleh warga sekitar pantai.

Rute menuju Pantai Sendiki

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Sendiki yang eksotis ini terletak di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Untuk sampai ke Sendiki Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 68 km.

Untuk menuju ke sana Anda bisa menggunakan mobil pribadi. Pasalnya, masih sangat sedikit angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda menuju tempat wisata di pantai tersebut.

Rutenya dimulai dari Kota Malang hingga Pakishaji. Dari Pakishaji bisa langsung menuju Gondanglegi. Karena belum sampai, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Turen, lalu sampai di Sumbermanjing Wetan dan menuju lokasi utama di Desa Tambakrejo.

Sesampainya di Tambakrejo anda bisa mengikuti jalan menuju objek wisata Pantai Sendiki. Perjalanan ke sana lurus menurun. Hingga sampai di pertigaan, anda bisa belok kiri dan lurus hingga sampai di pos kamling bambu.

  • Kelanjutan rute dengan sepeda motor

Dari pos Kamling ini belok kanan dengan sepeda motor. Pasalnya, jalan yang dilalui selanjutnya cukup sempit sehingga tidak bisa menampung mobil. Sementara itu, Anda bisa menitipkan mobil Anda kepada warga sekitar.

Dari pos Kamling ini Anda harus menempuh jarak sekitar 3 km dengan menggunakan sepeda motor. Disarankan untuk sangat berhati-hati saat berkendara karena kondisi jalan masih licin dan banyak lumpur disana-sini.

Begitu sampai, Anda bisa langsung parkir disana dan membayar harga tiket wisata yang sangat murah. Jika mempunyai waktu lebih lama, Anda juga bisa mengunjungi pantai lain yang juga dekat dengan Sendiki.

Pantai ini tak lain adalah Pantai Tamban. Pantai Tamban hanya berjarak 2 km.

Hal menarik di Pantai Sendiki

Setiap tempat wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri, tak terkecuali Pantai Sendiki yang banyak dicari wisatawan. Bagi anda yang belum mengetahui pantai ini, berikut beberapa daya tarik dari pantai ini:

Berkemah di pantai pastinya menyenangkan, apalagi jika Anda berkemah bersama teman dan keluarga. Suasana pantai yang masih asri dan belum banyak pengunjung ini sangat kondusif untuk digunakan sebagai tempat perkemahan.

Sedangkan untuk berkemah, pengunjung bisa memilih untuk menyewa tenda di sana atau membawanya sendiri dari rumah. Namun meskipun membawa tenda dari rumah, Anda tetap dikenakan biaya sekitar Rp 20.000 untuk izin membuka tenda.

Sebaliknya, jika Anda menyewa tenda di sana, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 75.000 untuk tenda yang berkapasitas 4 hingga 5 orang saja.

Selain berkemah, Anda juga bisa bersantai dengan berjemur di pantai ini. Pasir pantainya yang putih bersih dan tenang saat disentuh membuat Anda serasa berada di pantai pribadi. Sembari menikmati pemandangan bebatuan yang mengelilingi pantai, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berjemur.

Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai dengan pemandangan luar biasa di Malang. Pantai yang saat ini masih sepi ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata. Keindahannya masih terjaga dengan baik karena sedikitnya campur tangan manusia.

Pemandangan eksotik di pantai ini sangat cocok untuk berfoto dan menikmati keindahannya. Ada spot hutan di sekitar pantai yang tak kalah mempesona. Di sana Anda bisa menjelajahi hutan, tapi pastikan untuk tetap waspada.

Tidak semua tempat wisata mempunyai cerita mitos yang menarik. Namun berbeda halnya di Pantai Sendiki. Ternyata pantai yang sangat eksotik ini mempunyai cerita mitos yang sangat menarik untuk disimak. Menurut kabar, pantai ini ditemukan oleh sekelompok teman.

Masing-masing memilih sebagian pantai sebagai wilayah kekuasaannya. Salah satu temannya, Singo Lelono, menjadi penerima hadiah daerah terakhir. Namun tiba-tiba dia bingung dengan bagian wilayahnya yang dia katakan, “Punyaku adalah Seng Ndiku?”

Kalimat inilah yang akhirnya memunculkan ide untuk memberi nama pantai Sendiki. Hingga kini makam Singo Lelono masih berada di sisi kiri pantai ini.

  • Nikmati pantai dari homestay

Tak sekedar berkemah: Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi pantai tanpa berkemah, ada juga homestay yang bersedia menampungnya. Homestay yang dimaksud sebenarnya adalah rumah warga yang berada di pinggir pantai. Namun, mereka sering kali menawarkannya sebagai opsi semalam.

Menginap di rumah penduduk setempat akan memberikan Anda pengalaman baru sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Namun tentu saja Anda dapat dikenakan biaya menginap sesuai dengan tarif yang tertera.

Ada banyak pilihan pantai eksotik di Malang. Pantai Sendiki bisa menjadi pilihan terbaik untuk liburan Anda. Khusus bagi Anda yang menyukai suasana asri dan tenang, Sendiki adalah tempatnya.

Ulasan pengunjung

Dinda Nurul Fatih

23:07 20/9/20

Pantainya bagus, bersih dan tidak terlalu ramai

Lukita Selma

16:34 23 November 21

Halo semuanya. Saya dan teman-teman pergi ke pantai sendirian pada akhir September 2021. Dan pantainya sebenarnya belum dibuka. Namun jika Anda bisa berjalan kaki ke sana, ada tempat parkir yang memungkinkan Anda berkendara ke sana. Sewa Karpet : 20.000 Parkir : 15 (per motor) berkesan hahaha. Penutupan: jam 5 sore. Catatan: Jangan lupa membeli makanan ringan sebelum sampai di pantai. Karena hampir tidak ada yang menjualnya karena masih tutup. Selamat bersenang-senang, salam kenal, Kiyowo

Tuan Yoes

01:54 01 Oktober 21

pantainya sejuk, pasirnya putih dan ombaknya bersahabat serta suasananya menyenangkan. Kami berharap pihak terkait terus meningkatkan fasilitas jalan menuju pantai dan menjamin kebersihan setiap saat bagi pengunjung. Sayangnya, saya sendiri melihat sekelompok pengunjung meninggalkan sampah plastik yang digunakan untuk kemasan makanan

Roly Yani

12:16 25 Agustus 21

Bagus banget, sayang sekali pas saya datang mendung dan kurang terang untuk difoto. Akses jalan menuju pantai agak rusak dan sesampainya disana masih banyak tanah.

Agam Sutanto

16:47 19/09/21

Saya tidak menyarankan menggunakan sepeda motor saat menuju pantai ini karena jalannya banyak bebatuan. Saat hujan pantai ini sangat indah. Jarak warungnya cukup jauh dari pantai, sehingga disarankan untuk membeli makanan saja di sana daripada harus berjalan bolak-balik.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button