Tempat Wisata

√ Pantai Ujung Genteng Sukabumi 🏖 Biaya masuk dan hal menariknya

√ Pantai Ujung Genteng Sukabumi 🏖 Biaya masuk dan hal menariknya

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu tempat wisata alam bahari yang saat ini cukup terkenal di kawasan Sukabumi bagian selatan Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinamakan Ujung Genteng karena terletak di kawasan Ujung Genteng, Kabupaten Ciracap.

Meski pantai ini semakin terkenal sebagai tempat wisata alam di Sukabumi, namun popularitasnya masih kalah dibandingkan pantai lain di Jawa Barat. Tentu saja hal ini mempunyai kelebihan tersendiri, terutama bagi wisatawan yang menginginkan suasana tenang dan damai.

Pantai Ujung GentengPantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng atau Pantai Ujung Genteng dikenal sebagai mutiara tersembunyi karena lokasinya yang terpencil. Meski demikian, pihak pengelola Pantai Ujung Genteng telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan.

Fasilitasnya antara lain toilet bersih, tempat parkir luas, mini market dan juga musala. Wisatawan yang ingin menikmati makanan laut juga bisa mengunjungi berbagai warung makan di dekat pantai.

Warung makan ini menjual kuliner khas Sukabumi yang berbahan dasar makanan laut segar. Ada juga kios yang menjual oleh-oleh. Jika Anda ingin bermalam, ada beberapa akomodasi lokal yang bisa Anda sewa.

Biaya masuk

Untuk mengunjungi Pantai Ujung Genteng Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan. Namun tidak perlu khawatir karena tarif parkir kendaraan di Pantai Ujung Genteng sangat terjangkau.

Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000. Sedangkan biaya parkir mobil roda empat yakni mobil pribadi hanya Rp 5.000. Jika anda berkunjung ke Pantai Ujung Genteng bersama rombongan dengan menggunakan bus maka biaya parkirnya sebesar Rp 10.000.

Pantai ini buka 24 jam sehari, sehingga Anda dapat memilih waktu terbaik untuk berwisata ke Pantai Ujung Genteng. Namun, tidak ada penjaga di tempat parkir pada malam hari. Oleh karena itu, pastikan Anda memarkir kendaraan Anda dengan aman.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Untuk mengetahui jalan menuju Pantai Ujung Genteng, Anda harus mengetahui terlebih dahulu lokasi pasti dari pantai ini. Pantai Ujung Genteng terletak di kawasan Ujung Genteng tepatnya di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Pantai ini terletak di sisi selatan Sukabumi, sekitar 80 km dari pusat kota Sukabumi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat wisata ini dari Jakarta sekitar 6 jam dengan kendaraan bermotor.

Sedangkan perjalanan dari Kota Bandung menuju Pantai Ujung Genteng hanya memakan waktu sekitar 4 jam. Dalam perjalanan Anda masih bisa menikmati indahnya pemandangan alam khas lanskap.

Anda juga bisa mencapai Pantai Ujung Genteng dengan kendaraan umum, khususnya bus tujuan Sukabumi. Selain naik bus ke Sukabumi, Anda juga bisa naik kereta lokal dari Stasiun Bogor atau Bandung menuju Pantai Ujung Genteng.

Nantinya perjalanan dapat dilanjutkan dari Terminal Lembursitu Sukabumi menuju Surade dengan menggunakan angkutan umum. Namun wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Hal menarik di Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng menawarkan pemandangan eksotis seperti yang biasa kita lihat di film-film yang berlatar pulau terpencil. Banyak hal menarik yang bisa kita jelajahi dan lakukan di lokasi Pantai Ujung Genteng:

  • Merasa seperti Anda berada di pulau terpencil

Penasaran bagaimana rasanya berada di pulau terpencil? Anda bisa berwisata ke Pantai Ujung Genteng untuk merasakan suasana indah dan eksotis yang ditawarkan pantai ini. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis karena masih jarang dikunjungi orang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pantai ini jarang terjamah orang, terutama akses menuju pantai yang lebih terpencil sehingga lebih sulit dijangkau oleh kendaraan. Namun tentunya perjuangan tersebut akan terbayar ketika menikmati pemandangan pantai.

Berbeda dengan air laut di pesisir selatan Jawa, Pantai Ujung Genteng memiliki air laut dengan ombak yang relatif lebih tenang. Selain itu, air laut di sekitar pantai ini sangat jernih namun bersih.

Oleh karena itu, banyak aktivitas wisata air yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini. Kegiatan yang mungkin dilakukan termasuk berenang. Namun saat permukaan air sedang tinggi, pantai ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk berselancar.

Pantai Ujung Genteng masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini menjadikan sebagian besar Pantai Ujung Genteng menjadi tempat wisata yang menawan karena masih jarang terlihat orang. Spot foto utama meliputi reruntuhan bekas fasilitas pelabuhan peninggalan kolonialisme Belanda.

Objek foto berupa reruntuhan dermaga peninggalan kolonial Belanda menjadi spot foto ikonik tempat ini.

  • Makan masakan makanan laut segar

Keistimewaan wisata bahari belum lengkap rasanya tanpa mencicipi hidangan laut segar langsung di pinggir pantai. Di tempat wisata Pantai Ujung Genteng, wisatawan bisa merasakan sensasi menyantap makanan laut segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan.

Wisatawan juga bisa membeli makanan laut segar untuk dimasak di rumah. Namun jika ingin langsung menyantapnya, Anda bisa memanggangnya di warung makan.

Pantai Ujung Genteng letaknya tidak jauh dari berbagai pantai utama di Sukabumi, antara lain Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja, Pantai Cibangban, Pantai Karang Hawu, dan Pantai Citepus. Pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di Pantai Ujung Genteng.

Ulasan pengunjung

Yudi Prayoga

22:29 06 20 Agustus

Pantainya lumayan bersih…bagus buat foto-foto…Akses pantainya murah…

Naufal Ardiansyah

11:51 12 Mei 21

Pantainya indah, namun harus hati-hati karena pantainya berbatu.

Agung Thomas

06:32 23 Juni '21

Swab antigen harganya hanya 105.000, murah dan hasilnya akurat

Pingit makanan laut

10:52 04 21 September

Kemarin saya main kesana, sayang lampunya lama mati..

Uganda

10:43 20 Juni '21

Pantainya indah tapi pemerintah kurang memperhatikannya tidak seperti Pangandaran…

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button