Tempat Wisata

√ Silancur Highland Tour Magelang (rute, harga tiket dan review)

Kabupaten Magelang memiliki banyak destinasi wisata populer diantaranya Dataran Tinggi Silancur. Obyek wisata yang satu ini sebenarnya sudah populer di kalangan wisatawan sejak tahun 2019 karena menawarkan pemandangan alam yang indah.

Karena objek wisata ini terletak di kaki Gunung Sumbing, maka menawarkan pemandangan 6 gunung dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan segar. Untuk mengetahui harga tiket dan atraksi objek wisata Silancur, berikut ulasan lengkapnya.

Dataran Tinggi Silancur

Gambaran Dataran Tinggi Silancur

Dataran Tinggi Silancur atau Bukit Silancur adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Kabupaten Magelang. Suasana sejuk dengan udara segar menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya tanpa penat.

Salah satu tempat terbaik untuk memotret objek wisata alam ini adalah latar Gunung Sumbing yang mengesankan. Selain itu, banyak juga spot foto seperti ayunan, gardu pandang dan kolam ikan di kawasan wisata ini.

Properti wisata ini juga merupakan tempat populer untuk berkemah dan berburu matahari terbit, juga dikenal sebagai matahari terbit. Wisatawan yang sudah puas berfoto dan menikmati keindahan alam Silancur juga bisa mampir ke objek wisata lain yaitu Air Terjun Sikencling Dampit yang jaraknya sekitar 900 meter dari Silancur.

Lokasi dan jam buka

Obyek wisata Silancur terletak di Desa Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Untuk mengunjungi objek wisata ini, pihak pengelola memberlakukan jam buka 24 jam, sehingga wisatawan bisa datang kapan saja.

Biaya masuk ke Dataran Tinggi Silancur

Harga tiket masuk kawasan wisata Dataran Tinggi Silancur relatif murah yaitu Rp 10.000 per orang. Ada biaya tambahan bagi wisatawan yang ingin berkemah atau berkemah di Dataran Tinggi Silancur.

Selain itu, wisatawan dikenakan biaya parkir yang relatif murah. Harga tiket masuk ini tentunya sebanding dengan pesona alam yang ditawarkan Dataran Tinggi Silancur, sehingga sangat disarankan untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau teman.

Rute ke Silancur

Berada di sebelah timur kaki Gunung Sumbing atau sekitar 1.300 mdpl, objek wisata Silancur menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Akses menuju objek wisata alam ini juga relatif mudah karena kondisi jalan yang cocok untuk sepeda motor dan mobil.

Obyek wisata ini hanya berjarak sekitar 15km dari alun-alun kota Magelang dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk berkunjung. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, jalan menuju Silancur memiliki banyak tanjakan.

Akses jalan menuju Silancur juga sudah diaspal dengan baik, namun relatif sempit sehingga harus berhati-hati saat berkendara. Pemandangan alam yang hijau dan asri juga akan tersaji di sepanjang perjalanan.

Dataran Tinggi Silancur

Fasilitas di Silancur

Dengan harga tiket masuk yang relatif murah, fasilitas di Dataran Tinggi Silancur terbilang lengkap dan memadai. Tempat wisata ini memiliki tempat parkir kendaraan yang cukup luas untuk memarkir motor atau mobil.

Di sini wisatawan juga akan menjumpai toilet umum, mushola, dan toko dengan aneka makanan dan minuman. Di kompleks wisata Silancur, wisatawan juga bisa bersantai di kafe dan mencicipi hidangan seperti mie instan, aneka jajanan, dan aneka minuman.

Tempat wisata ini juga menawarkan beberapa spot foto dan bumi perkemahan. Selain itu objek wisata ini juga menyediakan jasa foto dan tempat persewaan perlengkapan camping, sehingga wisatawan tidak perlu membawa perlengkapan camping dari rumah.

Jika ingin menginap di tempat yang lebih nyaman, ada beberapa pilihan penginapan di sekitar kawasan wisata Silancur, mulai dari homestay hingga glamping. Tarif per malam penginapan ini juga bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Aktivitas menarik di Dataran Tinggi Silancur

Sebagai salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi saat liburan di Kabupaten Magelang, Silancur menawarkan berbagai aktivitas menarik mulai dari hunting foto hingga camping. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Silancur.

  • Nikmati suasana alam yang alami dan sejuk

Pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk dan segar menanti Anda saat berkunjung ke Silancur. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, udara di kawasan wisata ini bebas dari polutan sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin beristirahat dan bersantai.

Sejauh mata memandang, panorama alam yang hijau dan asri seperti perkebunan sayur, perbukitan, deretan pepohonan yang rimbun serta permukiman khas desa tersaji bagi para wisatawan.

Selain itu, wisatawan juga disuguhi pemandangan 6 gunung yang sangat indah dan mengesankan. Salah satu gunung yang terlihat jelas adalah Gunung Sumbing, karena letaknya tepat di sebelah barat.

Saat cuaca cerah, wisatawan juga bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo dan beberapa gunung lainnya di sebelah timur. Bagi wisatawan yang ingin mengejar sunrise, disarankan untuk berangkat pagi-pagi sekali atau berkemah di tempat perkemahan yang telah ditentukan.

Silancur merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Magelang yang populer di kalangan anak muda dan terkenal memiliki banyak spot foto yang instagramable. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik baik untuk berkunjung maupun berburu foto.

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang memuaskan, wisatawan bisa menggunakan jasa foto dengan biaya jasa yang terjangkau.

  • Bersantai di Café Silancur

Wisatawan yang lelah berkeliling mencari foto di banyak spot selfie yang disediakan juga bisa duduk santai di kafe yang ada di kawasan wisata Silancur sambil menikmati semangkuk mie instan, makanan ringan atau kopi panas.

Tempat duduk yang disediakan juga cukup banyak dan menyuguhkan pemandangan yang bagus. Beberapa kursi yang disediakan juga menghadap ke taman bunga yang cantik dan siap memanjakan mata.

  • Berkemah dan berburu matahari terbit

Kegiatan menarik lainnya yang menarik wisatawan ke Dataran Tinggi Silancur adalah camping dan hunting sunrise. Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan camping sendiri karena objek wisata Silancur menawarkan persewaan perlengkapan camping lengkap.

Berkemah di kawasan wisata Silancur, wisatawan memiliki pemandangan langit di malam hari dan panorama matahari terbit di pagi hari. Wisatawan juga diperbolehkan menyalakan api unggun agar kegiatan berkemah terasa lebih seru dan mendebarkan.

Untuk menambah hangatnya suasana camping di Silancur, pihak manajemen juga menyediakan panggung musik akustik. Di tengah alunan musik akustik yang indah, kelap-kelip lampu di kejauhan tersaji di mata, membuat suasana semakin hening dan romantis.

  • rekreasi keluarga

Selain berkemah, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan rekreasi bersama keluarga. Wisatawan bisa mencoba wahana flying fox yang ditawarkan oleh pemandu wisata. Wisatawan diajak untuk menurunkan diri ke bawah tali sambil meluncur di ketinggian.

Wisatawan juga bisa membeli sayuran segar yang dijual sebagai oleh-oleh oleh beberapa pedagang di kawasan wisata.

Beberapa aktivitas menarik di Dataran Tinggi Silancur diatas memang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya di objek wisata alam ini. Selain pemandangan alam yang indah, udara di kawasan wisata ini juga bersih dan segar.

Peringkat Pengunjung

Dessy Abbas

06:24 26 Agustus 20

Lokasi keren untuk melihat matahari terbenam dan matahari terbit. Saat matahari terbenam cenderung lebih berkabut, tapi jangan kecewa, pemandangannya tetap indah meski berkabut. Matahari terbit sangat indah. Anda bisa melihat Bukit Giyanti tempat makam tokoh agama Islam berada. Di belakangnya berturut-turut dari selatan ke utara adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Andhong dan Gunung Sudomono. Matahari terbit tepat di sebelah Gunung Andhong. Anda juga bisa melihat lautan awan di balik Bukit Giyanti. Jika beruntung Anda bisa melihat kelap-kelip lampu kota Magelang di malam hari. Di dekat lokasi terdapat persewaan kuda untuk pemotretan dengan harga terjangkau. Ada tempat perkemahan dan 2 kamar homestay yang dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi. Dari teras homestay Anda bisa langsung menyaksikan matahari terbit. Di sebelah utara homestay Anda bisa melihat kemegahan Gunung Sumbing. Ada banyak spot foto disini. Saya harap homestay bisa ditata lebih rapi agar kamar terlihat lebih bagus. Harap berikan sekat antara jalan umum dan teras homestay untuk memastikan privasi tamu yang bermalam. Salut untuk tim pengelola yang selalu ramah kepada pengunjung dan memberikan pelayanan yang cukup baik kepada tamu yang menginap.

Ahmad Nugroho

02:35 25 Mei 22

Itu tidak buruk. Anda bisa bersantai sejenak. Tidak terlalu dingin untuk tidur di glamping. Hanya saja bisa sulit untuk mencari makan malam di malam hari kecuali jika itu adalah pesanan khusus. Penjual maks tutup setelah matahari terbenam. Ada pengelola yang buka 24 jam untuk minuman dan kebanyakan indomie. Pemandangan paginya bagus banget. Harga Grill cukup murah, Anda bisa mendapatkan daging dan ayam berbumbu lengkap dengan kompor dan peralatannya. Kita hanya perlu menggunakannya. Kalau mau ke Nepal bisa keliling Gunung Sumbing dengan Java van langsung dari sini, tapi tidak disarankan kalau pakai mobil, jalannya sempit, mobil hanya ada satu dan tanjakannya curam. Gojek ke Nepal, van Jawa ditawarkan 35.000 per orang. Kalau hanya rombongan kecil, ada baiknya naik ojek. Tips nginap disini… lebih asyik pesan paket BBQ, kalau keluarga besar bawa kuah kaldu sendiri dari rumah. karena wort benar-benar tersedia dan banyak yang tersisa.

Sari cantik

14:39 19 September 20

Negeri di atas awan. Nepal adalah Jawa Tengah. Tempat dengan bunga. Cantik. Mengherankan.

Haris Defyanto

23:00 14 Juni 22

Medan jalannya cukup sempit, sangat menanjak dan jalan masih berlubang sehingga sulit berbelok saat melintas, apalagi jika menggunakan mobil bertransmisi matic dan penuh dengan penumpang, cukup berbahaya. Pemandangannya bagus jika Anda suka alam dan pegunungan. Jika Anda tidak tahan dingin, jangan datang ke sini. Sayang sekali menu makanan dan minumannya lebih banyak junk food dan minuman fast food seperti coffee bag. Ada yang bisa dia seduh sendiri dan makanan enak, lokasinya dekat dengan tempat parkir mobil dan tidak terlalu menarik mungkin karena viewnya tidak bagus tapi overall bagus untuk minum dan makan. Dan aku menyesal tidak melakukannya. Saya tidak akan mendokumentasikan lokasi di sana

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button