Tempat Wisata

🏖 7 Pantai Terbaik dan Terkenal di Gunung Kidul Yogyakarta

Anda tidak akan pernah bosan berwisata ke pantai. Pemandangan unik dari setiap pantai akan menimbulkan kesan dan kenangan tersendiri. Utamanya pantai di Gunung Kidul yang terkenal keindahannya.

Gunung Kidul mempunyai puluhan pantai dengan keindahannya masing-masing. Aktivitas yang bisa dilakukan di beberapa pantai pun beragam. Anda yang kebetulan berkunjung ke kawasan Gunung Kidul pasti wajib mengunjungi pantai-pantai ini.

Sudahkah Anda merencanakan liburan akhir tahun? Berwisata ke pantai sepertinya merupakan ide yang unik dan menarik. Selain itu anda juga akan melakukan kegiatan camping bersama keluarga tercinta. Jogja memiliki banyak pantai dengan pemandangan terbaik dan dikenal selalu ramai pengunjung serta banyak spot foto keren.

Lihat saja daftar pantainya. Berikut rekomendasi 7 pantai terbaik untuk Anda berlibur di Gunung Kidul:

1. Pantai Kukup

Pantai KukupPantai Kukup

Pantai di Gunung Kidul pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Kukup. Pantai ini terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY dan buka 24 jam setiap hari.

Terletak di sebelah Pantai Baron, harga tiketnya terjangkau, Rp 10.000. Saat pertama kali datang ke sini, Anda akan melihat deretan payung berjejer di sepanjang pantai yang tersedia untuk disewa.

Pantai Kukup terkenal dengan airnya yang jernih dan banyak ikan-ikan kecil. Maka tak heran jika melihat banyak anak-anak berenang di sini mencari ikan. Akses menuju Pantai Kukup mudah karena dapat dicapai dengan sepeda motor dan bus.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan indahnya pemandangan laut lepas untuk berfoto selfie bersama orang tersayang. Fasilitas di salah satu pantai di Gunung Kidul ini juga cukup lengkap. Mulai dari restoran, toko souvenir, akomodasi, toilet hingga mushola.

2. Pantai Ngrawe

Pantai NgrawePantai Ngrawe

Pantai lain di Gunung Kidul yang tak kalah indahnya dengan Pantai Kukup adalah Pantai Ngrawe. Lokasi pantai ini adalah Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai destinasi wisata berbagai daerah di luar Gunung Kidul, pantai yang juga diberi nama Pantai Mesra ini sempat viral di media sosial. Jika pantai lain hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, Pantai Ngrawe lebih unik lagi.

Pantai ini menawarkan konsep taman yang tidak biasa. Konsep yang tidak biasa ini membuat daya tarik pengunjung semakin besar. Untuk memasuki lokasinya, Anda harus membayar tiket seharga Rp 10.000 yang dapat dibeli di drop off point di Pantai Baron.

  • Pemandangan Pantai Pinus

Buka setiap hari, Pantai Ngrawe menawarkan keindahan yang menjadi perbincangan di kota ini. Taman hijau dengan pemandangan laut biru di kejauhan akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Saat memasuki Pantai Ngrawe, Anda akan disuguhi pemandangan pohon cemara laut, rumpun pandan, dan tanaman palem yang jarang ditemukan di kawasan pantai. Keindahan lain dari pantai ini adalah formasi karang yang seolah menjadi maskot pantai tersebut.

  • Fasilitas lengkap dan akses mudah

Fasilitas yang bisa Anda nikmati antara lain tempat parkir, musala, toilet, pendopo dan homestay dengan harga terjangkau. Untuk menuju salah satu pantai di Gunung Kidul, akses jalan raya pun mudah. Anda tinggal datang ke kawasan Ngepung dan menemukan pantai indah ini.

3. Pantai Drini

Pantai DriniPantai Drini

Jika Anda hanya membayar tiket seharga Rp 10.000 saja, Anda sudah bisa datang ke Pantai Drini yang buka setiap hari untuk menikmati keindahannya. Pantai yang terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul ini menjadi salah satu pantai yang direkomendasikan sebagai destinasi liburan.

Karena kondisinya yang alami dan bersih, pantai ini dijuluki Virgin Beach. Udaranya yang sejuk, pasir putihnya yang luas, dan airnya yang tenang sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan pantai.

Di salah satu pantai indah di Gunung Kidul ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, fotografi, memancing, hingga menjelajah pantai. Anda juga bisa berselancar, snorkeling, dan berkano di Pantai Drini.

Bosan bermain di pantai, Anda bisa berwisata kuliner dengan berbagai masakan khas pantai yaitu olahan ikan laut. Sejumlah warung makan di sepanjang Pantai Drini mudah ditemui dengan beragam menu makanan dan minuman.

Fasilitas pantai di Gunung Kidul antara lain tempat parkir yang cukup luas, toilet, mushola dan fasilitas umum bersih lainnya.

4. Pantai Ngandong

Pantai NgandongPantai Ngandong

Pesona pantai di Gunung Kidul selanjutnya adalah Pantai Ngandong yang tak kalah indahnya. Pantai yang berbatasan dengan Pantai Sundak ini menawarkan pemandangan alam yang indah, pantai berpasir putih, bebatuan karang, dan air laut yang bersih.

Pantai yang dikenal juga dengan nama Pantai Nelayan ini terletak di Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kebetulan Pantai Ngandong letaknya bersebelahan dengan beberapa pantai lainnya yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak.

Untuk mencapai lokasi, Anda harus berkendara hingga 2 jam dari Yogyakarta. Akses yang mudah berarti banyak kendaraan dapat melewatinya. Pantai Ngandong buka 24 jam sehari.

Fasilitas yang bisa Anda nikmati di pantai ini antara lain tempat parkir mobil yang luas, warung makan, toilet, tempat pelelangan ikan dan akomodasi.

  • Pemandangan bebatuan karang

Daya tarik utama dari pantai yang menjadi magnet ini adalah pemandangannya yang indah. Pantai di Gunung Kidul ini menampilkan bebatuan karang yang dihiasi pepohonan hijau. Pantai Ngandong juga memiliki wisata air seru seperti snorkeling, berenang atau sekedar bermain dan memancing.

Daya tarik terakhir dari pantai ini adalah hadirnya sebuah kafe atau restoran bernama South Shore yang mengusung tema kafe pantai. Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dari kafe ini.

5. Sepanjang pantai

Sepanjang pantaiSepanjang pantai

Terletak di Jl. Pantai Panjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul Panjang sering disebut dengan Kutanya Yogyakarta. Untuk masuknya kamu perlu membayar tiket senilai Rp 10.000 dan bisa berkunjung setiap hari.

Pesona salah satu pantai di Gunung Kidul ini berbeda dengan Pantai Kuta di Bali. Pantai Panjang menawarkan lebih banyak kearifan lokal dengan tetap menjaga kelestarian kondisi alam pantai. Anda masih bisa menikmati deretan pohon palem dan pandan.

Di Pantai Panjang, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja, namun juga mencari kerang di dasar karang sepanjang pantai. Pantai Panjang juga menawarkan spot foto yang indah, mulai dari bangku yang dihias hingga lengkungan bunga yang indah.

Kegiatan seru lainnya antara lain bermain ombak, voli, bermain layang-layang, dan wisata kuliner dengan aneka seafood segar. Ada juga banyak toko suvenir lain di mana Anda bisa membeli oleh-oleh.

Dikenal sebagai pantai yang indah, bagian pantai di Gunung Kidul ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari toilet umum, tempat parkir, warung makan hingga homestay yang bisa Anda sewa jika ingin menginap di pantai ini.

6. Pantai Slili

Pantai SliliPantai Slili

Terletak di Jl. Pantai Krakal, Tepus, Gunung Kidul DI Yogyakarta Pantai Slili merupakan pantai sempit antara Krakal dan Sadranan. Meski kecil, namun pesona pantai ini tak kalah dengan pantai lainnya. Untuk masuk dan menikmati keindahannya, Anda hanya perlu membayar tiket senilai Rp 10.000.

Pantai Slili buka 24 jam sehari dan pesona Pantai Slili terlihat pada lokasinya yang unik, diapit oleh beberapa pantai yang lebih luas di dekatnya. Setelah mengunjungi pantai sekitar, Anda bisa mampir ke sini dan menikmati keindahannya.

Pantai di Gunung Kidul yang disebut juga Lawang Watu ini dihiasi pasir putih halus berkilau. Di sini terdapat sebuah bukit yang menarik untuk dijelajahi dan bisa dijadikan titik pandang pantai Krakal dan Sadranan.

Selain menikmati keindahannya, Anda juga bisa menikmati snorkeling di sini. Spot karangnya yang indah akan sangat mengasyikkan untuk snorkeling.

Fasilitas yang bisa Anda gunakan di setiap pantai Gunung Kidul antara lain tempat parkir, toilet, kamar mandi, musala, warung makan, dan pendopo. Fasilitas ini dinilai nyaman dan bersih untuk memanjakan pengunjung pantai.

7. Pantai Sadranan

Pantai SadrananPantai Sadranan

Potensi keindahan alamnya membuat pantai-pantai di Gunung Kidul selalu dibanjiri pengunjung di awal musim liburan. Salah satunya adalah Pantai Sadranan yang menjadi pantai populer dengan sejuta keindahan dan keunikan.

Pesonanya terletak pada jernihnya air laut dan kejernihan warna lautnya yang biru kehijauan. Anda yang datang kesini pasti langsung ingin menyelam dan menjelajahi keindahan alam bawah laut. Masih terdapat beragam biota laut yang indah dan unik di sini.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah menyelam dan snorkeling. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah karena objek wisata pantai Gunung Kidul memiliki jumlah batu yang lebih sedikit.

Selain snorkeling, Anda juga bisa menikmati aktivitas lainnya yaitu mendayung kano. Kegiatan mendayung kano ini memerlukan biaya sewa sekitar Rp 50.000 per jam. Di pantai ini Anda juga bisa menikmati momen matahari terbit dan terbenam serta mengabadikannya dalam foto.

Lapar sekaligus bersantai, Pantai Sadranan menawarkan banyak tempat makan atau ankringan dengan berbagai masakan khas Yogyakarta. Tak hanya beragam kuliner khas Yogyakarta yang bisa Anda nikmati, Anda juga bisa menyantap aneka olahan ikan laut bersama keluarga.

Jika Anda masih betah berada di pantai ini dan ingin menikmati malam yang menyenangkan di pantai, berkemah di sekitar pantai adalah pilihan yang tepat. Banyak wisatawan yang memilih berkemah bersama keluarga dengan menyewa tenda yang disediakan.

Jika penasaran dengan keindahan pantai ini, Anda bisa mengunjungi Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Meski tak setenar pantai lainnya, Pantai Sadranan tetap mempunyai daya tarik tersendiri.

Pesona ini bisa dinikmati dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu, terutama pada musim liburan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tiket musiman sudah termasuk dalam harga tiket.

Tiket ini memungkinkan Anda berwisata ke destinasi wisata pantai lainnya di pesisir selatan Kabupaten Gunung Kidul. Tidak masalah untuk datang ke Pantai Sadranan karena Anda juga bisa menikmati keindahan pantai lainnya.

Pantai di Gunung Kidul selalu mempunyai daya tarik tersendiri dan unik. Seperti pantai lainnya di kawasan Gunung Kidul, beberapa pantai di sini akan selalu memberikan kenangan yang tak terlupakan. Jadi kapan kamu akan mengunjungi pantai ini?

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button