Tempat Wisata

🏖 Rekomendasi 7 wisata pantai terindah di Kebumen

Liburan pantai seringkali menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga, sahabat atau pasangan. Banyaknya pantai indah di Kebumen menawarkan beragam destinasi wisata dengan pesonanya masing-masing.

Di pantai ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru: berenang, memancing, bermain pasir, menunggang kuda atau sekedar bersantai di pantai. Sebelum memilih wisata pantai Kebumen, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

1. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Pantai pertama yang bisa dipilih adalah Pantai Suwuk di Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab.Kebumen. Ada banyak jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menuju pantai tersebut, seperti dari Gombong atau Kebumen.

Jika perjalanan dimulai dari Gombong membutuhkan waktu sekitar 45 menit, sedangkan jika datang dari arah kota Kebumen membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan melewati Petanahan kemudian tiba di Pantai Suwuk.

Rute alternatif lain adalah dari Yogyakarta, jadi Anda bisa langsung menuju Pantai Suwuk melalui Jalan Daendels.

Pantai Suwuk memiliki keunikan berupa panorama pegunungan kapur yang membentang dari utara ke selatan. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Karangbolong dan pegunungan, menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Di sini wisatawan bisa menyewa kuda untuk menjelajahi pantai dengan cara yang lebih seru. Daya tarik lain dari pantai di Kebumen ini adalah suasana santai yang diciptakan oleh berbagai makanan khas di warung-warung di sepanjang pantai.

Hidangan yang bisa dinikmati antara lain pecel dan lontong, kue ubur-ubur, es krim kelapa hijau dan lain sebagainya. Itu sebabnya Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata yang menawan ini.

2. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghabiskan liburan bersama orang tersayang. Daya tarik pantai ini adalah pasirnya yang hitam dan deretan bebatuan yang menjulang tinggi membuat pemandangan alam terlihat semakin eksotis.

Tebing karang menjadi siluet saat senja turun dan wisatawan bisa berenang di pantai. Ada banyak spot foto di Pantai Surumanis, bahkan wisatawan bisa menaiki tebing untuk foto yang lebih bagus.

Selain berenang, wisatawan bisa duduk manis di pinggir pantai dan menikmati pemandangan indah dengan angin sepoi-sepoi yang tidak terlalu kencang. Sayangnya, menuju ke sana membutuhkan lebih banyak tenaga karena medannya cukup sulit dan terpencil.

Itu sebabnya pantai di Kebumen ini sangat cocok bagi wisatawan yang mendambakan suasana damai. Melihat pemandangan alam yang luar biasa, Anda bisa langsung melupakan beban pekerjaan dan masalah lainnya.

Pantai ini terletak di desa Pasir, Kec. Papa, Kebumen sebenarnya cukup mudah ditemukan, apalagi dengan peta digital. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Pecoran, sehingga wisatawan bisa mengunjungi dua pantai sekaligus agar lebih berkesan.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai di desa Karangduwur, Kec. Ayah ini tidak pernah mendapatkan pengunjung yang cukup dengan kecantikan luar biasa yang ia tampilkan. Air jernih dan bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai memberikan pemandangan yang unik.

Daya tarik lain di Pantai Menganti adalah adanya gubuk-gubuk kecil di perbukitan yang mengelilingi pantai. Sehingga wisatawan bisa beristirahat sambil merenungi keindahan alam pantai yang masih asri dari atas bukit, sehingga pesonanya semakin terlihat.

Tak hanya keindahan alamnya yang luar biasa, Pantai Menganti juga menyimpan rahasia yang diyakini masyarakat setempat. Namun, ada seorang panglima kerajaan yang mengungsi ke wilayah laut selatan pulau Jawa untuk menemui pacarnya.

Panglima Tertinggi menunggu kekasihnya di pantai selama berhari-hari, tetapi sang kekasih tidak kunjung datang. Menurut cerita, pantai ini bernama “Menganti” yang artinya “Menunggu”. Mitos lain juga berkaitan dengan Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan.

Jika perjalanan dimulai dari Purwokerto, wisatawan bisa mengambil rute menuju Pantai Logending atau Pantai Ayah. Setelah itu belok kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Pantai Menganti.

4. Pantai Lampon

Pantai Lanpon

Pantai berikutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Lampon. Pantai ini merupakan sumber kehidupan masyarakat setempat karena merekalah yang mengelola kawasan wisata ini selain menjadi tempat para nelayan setempat mencari ikan.

Keunikan dari Pantai Lampon adalah diapit oleh dua buah bukit di sisi kanan dan kiri pantai yang membuat tempat ini semakin indah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur di Pantai Lampon, diantaranya mencari spot foto seperti tebing Titanic.

Spot foto lain yang tak kalah menarik adalah gembok cinta, jembatan cinta dan dayung mesra. Tak heran jika tempat wisata ini sering dikunjungi pasangan untuk melakukan foto prewedding.

Jarak pantai dari Kota Kebumen sekitar 38 km, sehingga waktu tempuh sekitar 1 jam 9 menit. Wisatawan dapat mengunjungi tempat tersebut dengan sepeda motor atau mobil karena jalurnya cukup aman dan nyaman.

Wisatawan hanya perlu mengikuti jalan menuju Pantai Pertahanan hingga menemukan Pantai Suwuk. Lanjutkan perjalanan menuju Pantai Karang Bolong, nanti akan ada perempatan, lalu ikuti arah Pantai Pasir hingga akhirnya sampai di Pantai Lampon.

5. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale

Pantai di kompleks Pantai Pasir Desa ini memiliki nuansa yang sangat unik dibandingkan dengan pantai-pantai lain di kawasan tersebut. Di sini wisatawan akan menemukan keindahan alam sekaligus sentuhan modern yang begitu mempesona.

Beragam spot foto tersedia bagi wisatawan, mulai dari rumah pohon hingga Tebing Titanic dan Jembatan Segitiga. Rumah pohon di Kalibiru, Kulon Progo, memiliki konsep serupa, sedangkan tebing Titanic memiliki miniatur kapal di atas tebing.

Wisatawan juga bisa mencoba spot foto yang memacu adrenalin yaitu jembatan segitiga yang menjorok ke laut sehingga wisatawan bisa merasakan suara deburan ombak. Untuk pantai yang dikenal dengan nama Wisata Panduruan ini, tarif masuknya adalah Rp 5.000 per orang.

Berbagai fasilitas juga tersedia untuk wisatawan, seperti: B. Gardu pandang, pendopo, flying fox, warung makan, tempat parkir dan toilet. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner lezat di kawasan wisata, seperti pecel, pai sayur, atau es krim kelapa muda.

Hamparan pasirnya yang luas berwarna kecoklatan membuat wisatawan bebas bermain di pantai. Itinerary dari pusat kota Kebumen melalui Pantai Karang Bolong, kemudian menuju ke arah barat dengan mengikuti rambu-rambu.

6. Pantai Logending

Pantai akomodasi

Pantai Logending atau sering disebut dengan Pantai Ayah terletak di Desa Argopeni, Kec. Ayah, Cab.Kebumen. Pantai Ayah merupakan muara Sungai Bodo yang memisahkan Kabupaten Cilacap dengan Kabupaten Kebumen.

Pantai ini menawarkan suasana yang berbeda dan wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik saat berlibur. Apalagi mengingat keindahan muara dengan fasilitas berperahu yang dilengkapi dengan harga sewa tertentu yang akan dikeluarkan.

Tempat wisata ini tidak pernah sepi, apalagi saat musim liburan dimana kawasan ini selalu dipadati pengunjung, termasuk wisatawan dari luar kota. Pantai Logending berada tepat di sebelah perbukitan yang membuat suasana semakin bagus dan sejuk.

Di atas bukit terdapat sebuah rumah dengan pagar sehingga wisatawan dapat lebih melihat pemandangan pantai ini dari atas sehingga terlihat lebih bagus. Selain keindahan alamnya, pantai ini juga erat kaitannya dengan mitos Nyi Roro Kidul.

Ada berbagai peninggalan di bebatuan di pantai yang menyimpan rahasia. Penduduk setempat percaya bahwa benda-benda keramat dan cerita mistis ini dapat menarik lebih banyak pengunjung, termasuk mitos bahwa batu di pantai itu adalah pintu gerbang Nyi Roro Kidul.

7. Pantai Petanahan

pantai pendaratan

Pantai terakhir di Kebumen yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Petanahan. Tempat wisata tahunan ini selalu dipadati pengunjung, terutama pada hari raya Idul Adha dan Idul Fitri, tidak hanya masyarakat lokal tetapi juga wisatawan dari luar kota.

Pantai ini terletak di Desa Karanggadung, Kec. Petanahan memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lainnya. Deburan ombak laut terlihat begitu jelas dan seolah saling berkejaran saat wisatawan memasuki kawasan wisata, menambah rasa penasaran wisatawan.

Kawasan ini selalu ramai pada hari raya Idul Fitri, terutama pada hari ketujuh dan kedelapan. Hamparan laut yang luas menjadi panorama luar biasa yang bisa dinikmati wisatawan sambil duduk santai di pinggir pantai.

Wisatawan juga dapat menikmati hamparan pasir yang luas sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil mengamati deburan ombak, pohon pandan dan cemara. Suasana sejuk ini sudah lama membuat wisatawan betah berlama-lama di Pantai Petanahan.

Masih banyak pantai di Kebumen yang bisa dijadikan destinasi wisata. Pastikan Anda membuat rencana liburan yang mendetail. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin, baik secara fisik maupun kebutuhan lainnya, agar liburan semakin seru.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button