Berita Wisata

1.000 Pelari Tampil di Tidar Vertical Run 2022 Finish di Puncak Gunung Tidar, Berikut Daftar Pemenangnya

MAGELANG, SURYAKABAR.com – Deputi Budaya Olahraga Raden Isnanta memberangkatkan peserta Tidar Vertical Run 2022 pada Minggu (11/12/2022) pagi. Sekitar 1.000 pelari dari Magelang dan sekitarnya berlomba untuk mencapai puncak Gunung Tidar dengan menaiki hampir seribu anak tangga.

Lari vertikal adalah olahraga lari dengan medan tangga. Olahraga menantang ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada lari pada umumnya. Saat berlari menaiki tangga, beban di kaki akan menjadi dua kali lebih berat.

Lari vertikal ini merupakan event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Magelang dan Pemerintah Kota Magelang.

Ada dua kategori yang diperlombakan dalam event ini, kategori pelajar (SD, SMP, dan SMA) menempuh jarak 7,7 km dan kategori umum 8,5 km. Sekitar 700 mahasiswa dan 300 orang dari masyarakat umum berpartisipasi dalam acara ini.

Pemenang kategori umum adalah Imroatul Carifah (umum putri) dan Eksar Gamashi (umum putra). Sedangkan juara pada kategori Pelajar, Riefky Satrio W (Putra SMA), Rifasari Anggraeni (Putri SMA), Sahrul Rama (Putra SMA), Athaya Aurelia (Putri SMA), Muhammad Rama (Putra SD) dan Adinta Haura (sekolah dasar untuk perempuan).

BACA JUGA:

“Balapan vertikal ini merupakan event yang luar biasa. Peserta berlomba lari dan menaiki anak tangga untuk mencapai puncak Gunung Tidar. Di sana ada monumen PBB,” kata Raden Isnanta.

“Monumen merupakan simbol persatuan, seperti halnya acara ini yang mampu mempersatukan banyak orang untuk berolahraga bersama, menuju sehat dan bugar,” imbuhnya.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan olahraga lari kepada masyarakat luas. Juga sebagai ajang promosi pariwisata di kota Magelang.

Potensi wisata olahraga di Kota Magelang cukup besar karena kawasan ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang dapat menjadi tempat diselenggarakannya berbagai event olahraga.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Magelang, Sarwo Imam Santoso. “Kota Magelang memiliki banyak potensi destinasi wisata untuk sport tourism. Kota Magelang memiliki pusat olahraga, gedung olahraga, dan arena olahraga. Misalnya, saat Anda berlatih di sebelah barat GOR, Anda bisa melihat pemandangan gunung,” kata Sarwo.

Presiden PASI Kota Magelang, Arif Taat Pujiyanto berharap event ini dapat memasyarakatkan olahraga atletik kepada masyarakat. Apalagi dengan jumlah peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa, diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet potensial.


DAFTAR JUARA LARI VERTIKAL TIDAR 2022
KATEGORI UMUM
Imroatul Carifah (Putri Jendral)

Eksar Gamashi (jenderal pria)
KATEGORI SISWA
Riefky Satrio W (SMA putra)
Rifasari Anggraeni (SMA putri)
Sahrul Rama (Putra Muda)
Athaya Aurelia (perempuan SMP)
Muhammad Rama (anak SD)

Adinta Haura (perempuan SD)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button