Tempat Wisata

10 Batagor Paling Lezat dan Terkenal di Bandung

Siapa yang tak kenal Batagor? Bagi yang belum tahu, Batagor merupakan akronim dari “bakso tahu goreng”, jajanan khas Bandung yang diadaptasi dari masakan Tionghoa-Indonesia. Sebenarnya banyak orang yang menjual Batagor di kota lain, namun Batagor enaknya masih hanya ada di Bandung tempat aslinya.

Ada ratusan tempat makan Batagor di Bandung. Namun tentunya Anda ingin tahu batagor terlezat di Bandung direkomendasikan, TIDAK? Simak rekomendasi Keluyuran 10 batagor enak di Bandung yang rasanya tak akan terlupakan.

1. Batagor & Siomay Kingsley

Batagor & Siomay Kingsley_

Batagor Kingsley berada di Jalan Veteran No. 25 (jangan buka cabang). Batagor sangat fenomenal. Saking terkenalnya, wisatawan rela datang ke Bandung hanya untuk menikmati Batagor. Kamu tahu

Batagor Kingsley beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Jangan datang ke sini pada hari Kamis karena Batagor Kingsley tutup setiap hari, jika tidak maka Batagor Kingsley selalu buka. Selain makan di tempat, Anda juga bisa membawa kembali Batagor Kingsley sebagai oleh-oleh.

2. Batagor Riri

Batagor Riri_Batagor Riri_

Batagor Riri merupakan salah satu kuliner legendaris dan terkenal di Bandung. Saking terkenalnya Batagor, banyak selebritis yang datang ke Bandung hanya untuk mencicipi Batagor dengan merek Riri. Lokasi pusat Batagor Riri berada di Jalan Burangrang No. 41, Lengkong.

Yang istimewa dari Batagor adalah bumbu kacangnya yang nikmat. Dengan tambahan kecap dan jeruk, rasanya gurih, manis, asam dan ada efek pedas di akhir. Selain Batagor, di sini Anda juga bisa memesan bubur dan mie ayam yang rasanya tak kalah namal.

3. Batagor Haji Yunus

Batagor Haji Yunus_Batagor Haji Yunus_*

Batagor enak di Bandung ini terletak di Jalan Raya Kopo No. 68, Astanaanyar. Bukan dari dini hari, yakni dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam. Jadi kalau mau sarapan Batagor, datang saja ke Batagor Yunus. Perusahaan Batagor Yunus didirikan pada tahun 1971 dan hingga saat ini Batagor Yunus menjual Batagor buatan sendiri.

Rasa pedas pada bumbu kacangnya menjadi ciri khas Batagor Yunus. Bagi yang tidak suka pedas, ada juga sambal kacang biasa. Selain sambalnya yang unik, siomay goreng di Batagor disebut Yunus Cireng karena siomaynya hanya adonan asam tanpa siomay.

4. Batagor Burangrang

Batagor Burangrang_Batagor Burangrang_

Walaupun Batagor Burangrang, sesuai dengan namanya, mempunyai beberapa cabang, namun pusatnya terletak di Jalan Burangrang No. 7 (seberang SMA BPI, sebelah Lotteria). Ukuran batagor enak di bandung ini sangat besar. Harga satuannya Rp 10.000. Bisa disantap dengan sambal kacang atau pun dengan sambal yang nikmat dan gurih.

Jika ingin dijadikan oleh-oleh, ada juga batagor setengah goreng. Harganya tetap sama, Rp 10.000 per potong. Selain Batagor, bakso malang, tahu gemes hijau, ceker pedas, dan sosis kentang juga tersedia di sini. Memang benar harga Batagor agak mahal, tapi rasanya sepadan dengan harganya.

5. Batagor Haji Isan

Batagor Haji Isan_Batagor Haji Isan_

Batagor H. Isan mengawali usahanya dari tempat yang sederhana dan saat ini telah memiliki beberapa cabang yang tidak pernah sepi. Adonan Batagor terbuat dari ikan tenggiri, tepung aci dan bumbu rahasia yang dimasukkan ke dalam tahu putih dan kulit pangsit lalu digoreng. Lezat! Rasa ikan tenggiri yang tidak terlalu kuat membuat batagor lezat di Bandung ini terasa sangat nikmat.

Kalau Batagor kering, konsistensi sambal kacangnya sengaja dibuat kasar, rasanya gurih dan asin. Kalau suka manis, tambahkan saja kecap asin. Selain batagor kering, ada juga sambal batagor yang rasanya tak kalah nikmat. Harga Batagor juga cukup masuk akal terjangkau. Jadi datang saja ke cabang Batagor H. Isan terdekat dikota anda.

6. Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki dan Batagor Serayu_Cuanki dan Batagor Serayu_*

Cuanki Serayu memang terkenal dengan cuankinya, namun di sini juga ada batagornya yang pastinya tak kalah enaknya dengan cuankinya. Lokasinya di Jalan Serayu No. 2, Cihapit; Jalan Bengawan No. 69 (depan Kampus Darmanegara); dan Jalan Babakan Sari No.93.

Batagor di sini sangat enak dan renyah. Saus kacangnya juga sangat halus namun kental. Jangan lupa tambahkan kecap manis dan perasan jeruk nipis agar rasa batagornya semakin nikmat. Jika tertarik menjajalnya tentu harus mempersiapkan mental karena Cuanki dan Batagor Serayu tak pernah sepi pengunjung. Anda harus mengantisipasi antrian, terutama saat makan siang dan makan malam.

7. Batagor & Baso Simpang Dago (BSD)

Batagor & Baso Simpang Dago (BSD)_Batagor & Baso Simpang Dago (BSD)_*

Anda pasti tahu kawasan pasar Simpang Dago bukan? Di sana ada Batagor yang enak banget, namanya Batagor & Baso Simpang Dago (BSD). Seperti kebanyakan restoran Batagor lainnya, Anda bisa memilih menyantap Batagor berkuah atau kering. Kalau mau jalan-jalan, pesan saja keduanya agar tidak penasaran.

Caranya pesan setengah porsi batagor kering dan setengah porsi sop batagor agar bisa mencoba semuanya. Padahal saya hanya pesan setengah porsi, ternyata isinya banyak, Kamu tahu. Hati-hati jangan sampai terlalu penuh, oke? Apalagi Batagor ini rasanya enak banget Makyus sangat!

8.Batagor Haji Darto

Batagor Haji Darto_Batagor Haji Darto_*

Tak jauh dari Batagor BSD juga terdapat tempat makan enak di Batagor yaitu Batagor Haji Darto. Seperti biasa, Anda bisa memilih mau batagor kering atau batagor sop. Toko Batagor ini sudah cukup tua karena pemiliknya mendirikan toko Batagor pada tahun 80an.

Sepertinya hanya ini satu-satunya tempat di Batagor yang menawarkan fasilitas wifi gratis, Menyenangkan, bukan? Seperti restoran Batagor kebanyakan, Batagor Darto memiliki dua pilihan penyajian, Batagor kering atau sup.

Bosan makan Batagor? Tenang saja, disini ada pasta bakso yang lebih mirip restorja karena ada ceker dan babatnya. Alamat batagor enak ini adalah Jalan Ir. H. Djuanda No. 20 (Pasar Simpang Dago).

9. Batagor Abuy

Batagor Abuy_Batagor Abuy_

Ada banyak Batagor legendaris di Bandung, salah satunya Batagor Abuy yang sudah ada sejak tahun 1983. Kalau soal rasa, Batagor Abuy juaranya. Dari baunya saja sudah bisa dipastikan Batagor ini enak. Bayangkan 80% campuran Batagor Abuy adalah ikan tenggiri. Sisanya merupakan campuran asam, air dan bumbu rahasia.

Sam

Saus kacangnya juga enak banget. Kacangnya khas dan sisa rasaCukup membuat lidahmu tajam. Sepertinya sambal kacang di sini mengandung sedikit cabai. Tapi jangan khawatir, rasa pedasnya masih dalam batas normal. Bagaimana, tertarik mencobanya?

10. Batagor Coy

Batagor Coy_Batagor Coy_

Bukan hanya nama “Batagor Coy” yang terdengar lucu. Ternyata menu Batagor di sini juga manis dan inovatif sekali. Menu Arang Batagor misalnya, terdiri dari daging ikan tenggiri, tepung terigu, telur, dan bubuk arang bambu sebagai pewarna hitam alami.

Uniknya batagor arang ini disajikan dengan saus keju dan bukan saus kacang. Ketika batagor arang ini masuk ke dalam mulut, kejunya akan meleleh di mulut. Kemudian Batagornya memancarkan rasa gurih dan sedikit manis. Harganya agak rendah mahal, tapi rasanya enak banget. Kedengarannya menggoda, bukan?

Berikut beberapa rumah makan Batagor enak di Bandung versi Keluyuran. Jika Anda sudah mencoba Batagor di lokasi-lokasi di atas, silakan bagikan cerita Anda di kolom komentar.

Selain Batagor, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner lezat lainnya di Bandung yang bisa Anda coba selengkapnya di sini!

Source: keluyuran.com

Related Articles

Back to top button