Berita Wisata

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai

Jogja merupakan salah satu tempat liburan all inclusive. Anda bisa berwisata kuliner, sekedar berfoto di berbagai lokasi estetik, berkemah seru yang menyatu dengan alam. Ada banyak tempat perkemahan di Jogja yang memiliki fasilitas lengkap.

Berikut rekomendasi tempat camping di Jogja yang asyik untuk dikunjungi. Ada yang di kaki gunung sampai pantai, dijamin seru!

1. Taman Alam Tankaman

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai tankaman kaliurang (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Taman Wisata Alam Tankaman yang terletak di kawasan Hutan Kaliurang kembali naik daun. Di sini, Anda akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang super megah. Biaya camping di Tankaman Kaliurang mulai dari Rp 25.000 per orang.

Anda ingin mengadakan acara kantor atau acara keluarga besar, jangan khawatir, di tempat ini terdapat pendopo yang bisa disewa dengan harga Rp 450.000. Jika Anda datang berkunjung, Anda dengan tulus membayar.

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Kamp Sungai Potrobayan

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai perkemahan di Potrobayan (instagram.com/vgalis)

Ingin mencoba berkemah di tepi sungai? Coba singgah di River Camp Potrobayan yang terletak di tepian Kali Potrobayan, Kabupaten Bantul.

Tidak ada biaya untuk berkemah di sini, namun Anda harus membayar biaya perawatan sebesar Rp 10.000 per orang ditambah biaya parkir. Di tempat ini terdapat sungai yang jernih serta tersedia toilet dan mushola.

Alamat: Potrobayan, Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaik

Baca juga: Nikmatnya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi

3. Tangki sermo

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai Tangki Sermo (instagram.com/de.eca)

Waduk Sermo merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kulon Progo. Pemandangan waduk buatan ini sangat menawan, apalagi di sore hari saat matahari terbenam. Pada waktu pagi ini, kabut perlahan akan turun, menambah ketenangan.

Biaya berkemah di Waduk Sermo relatif murah yaitu Rp 10.000 per orang per malam. Jika ingin menyewa tenda dikenakan biaya Rp 50.000 per tenda per malam.

Alamat: Sremo Tengah, Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Pantai Tanjung Kesirat

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai pantai tanjung kesirat (instagram.com/dhaniprasetyoo)

Salah satu pantai di Gunungkidul yang bisa dijadikan tempat perkemahan adalah Pantai Tanjung Kesirat. Ada tanah terbuka yang masih digunakan para pecinta alam untuk berkemah di akhir pekan. Tempatnya memang cukup jauh dari kota, tapi justru itulah yang bisa memberi Anda jeda di antara kendaraan yang lewat.

Fasilitas seperti toilet dan bilik buka 24 jam sehari, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan di tengah malam atau ingin buang air kecil. Tapi ingat, bawa perlengkapan berkemah sendiri.

Alamat: Karang, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5.Nawang Jagad

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai nawang jagad (instagram.com/idanorman75)

Kaliurang sudah lama dikenal sebagai tempat berkemah yang menyenangkan. Tempat yang sejuk, dan berada di kaki Gunung Merapi, tentunya ajakan untuk camping di tempat ini tidak boleh dilewatkan.

Ada dua jenis tarif camping di Nawang Jagad, yaitu Camp Area 1-3 seharga Rp25.000 per orang dan Camp VIP seharga Rp35.000 per orang. Tapi ingat, Nawang Jagad tutup untuk umum setiap hari Senin.

Alamat: Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Taman Wisata Alam Tankaman: Lokasi, Harga Tiket & Tips Berkunjung

Baca juga: 7 Homestay di Jogja dengan Pemandangan Alam, Bikin Lupa Rumah

6.Bukit Lintang Sewu

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai bukit lintang sewu (instagram.com/bukitlintangsewu)

Perkemahan lain yang sedang booming disebut Bukit Bintang Sewu. Padahal, tempat wisata ini merupakan penginapan yang menawarkan bumi perkemahan. Jika menginap di sini, Anda bisa berkemah dengan suasana hutan pinus yang sulit ditemukan di tempat lain.

Biaya camping dengan tenda sendiri adalah Rp 18.000 per orang. Harga sewa tenda mulai dari Rp 35.000. Ingin menghangatkan diri dengan api unggun? Jangan khawatir, kamu bisa membeli seikat kayu bakar seharga Rp 25.000.

Alamat: Karang Asem, Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Teras Merapi

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai Teras Merapi (instagram.com/wawan1st)

Anda sedang mencari tempat wisata keluarga di Jogja yang juga bisa digunakan untuk camping? Tidak ada salahnya untuk ke Merapi Terrace.
Fasilitas perkemahan cukup lengkap, termasuk penyewaan tenda dan motorhome. Berkemah di pagi hari, dilanjutkan dengan mendaki atau menyaksikan matahari terbit yang indah. Dijamin bikin kamu nyaman!

Alamat: Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

8. Bukit Klangon

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai bukit klangon (instagram.com/cacayooo)

Terletak hanya empat meter dari Gunung Merapi, Bukit Klangon menawarkan pemandangan yang indah. Setiap orang yang pergi berkemah cukup membayar pajak sebesar Rp 15.000. Kuota camping di tempat ini terbatas, yakni hanya 100 orang.

Selain camping, aktivitas seru lainnya di sini adalah hiking, downhill biking, atau sekedar foto-foto lalu bersantai menikmati udara segar. Kunjungan ke tempat ini hanya membayar Rp 5.000.

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Diharapkan kedatangan 4 juta wisatawan di Jogja mulai 23 Desember

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

9. Ledok Sambi

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai ledok sambi (instagram.com/ledoksambiecopark)

Rekomendasi selanjutnya untuk camping di tepi sungai adalah Ledok Sambi. Padahal, Ledok Sambi merupakan tempat makan dengan konsep piknik yang menyasar keluarga untuk bermain bebas di alam. Kini Ledok Sambi sudah bisa dijadikan tempat perkemahan yang nyaman dengan fasilitas lengkap.

Berkemah dengan perlengkapan sendiri, biaya sewa mulai dari Rp 35.000 per orang. Sedangkan jika ingin menyewa tenda, harga sewanya Rp 150.000 per malam. Ada juga fasilitas penunjang seperti alat masak, api unggun dan persewaan alat barbeque.

Alamat: KM 19, Jalan Kaliurang Nomor 2, Kawasan Persawahan, Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Desa Wisata Tinalah

10 Bumi Perkemahan Jogja di kaki gunung di pinggir pantai desa wisata tinalah (instagram.com/kkuroo___)

Tak kalah istimewa, ada bumi perkemahan di desa wisata Tinalah, Kulon Progo. Pemandangan di tempat ini adalah perbukitan Menoreh. Tahukah Anda bahwa Tinalah merupakan salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia sehingga tidak diragukan lagi keindahannya.

Anda dapat memilih paket berkemah individu, keluarga atau kelompok. Camping diary akan semakin seru jika diisi dengan paket wisata seperti kunjungan ke rumah Sandi, melakukan perjalanansampai keluar.

Alamat: Jalan Parsi Nomor KM 5, Sendang Sari, Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Mengisi liburan bersama orang tersayang saat camping di Jogja, pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Tak hanya lebih dekat dengan alam, tapi juga akrab dengan keluarga. Jadi kapan Anda akan meluangkan waktu?

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button