Tempat Wisata

10 Destinasi Wisata di Cianjur Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Cianjur – Cianjur, Jawa Barat merupakan daerah yang bercirikan udara sejuk dan topografi alam yang dikelilingi pegunungan.

Tempat wisata di Cianjur terkenal dengan pesona alamnya yang masih sangat terjaga. Jika Anda bingung ingin berlibur ke mana bersama keluarga selama liburan panjang, maka Cianjur bisa menjadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi destinasi wisata di Cianjur

Pengikut Tempatwisataseru.com merangkum daftar rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang paling menarik untuk dikunjungi saat liburan:

1. Air Terjun Gelembung

Curug Ngebul via AntaranewsCurug Ngebul via Antaranews

lokasi: Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang pertama adalah Curug Ngebul yang terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur. Air terjun ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata alam yang masih terjaga kealamiannya.

Curug Ngebul merupakan air terjun setinggi 100 meter yang dikelilingi tebing terjal. Pemandangan di sekitarnya juga sangat asri, penuh dengan pepohonan dan bunga yang tumbuh di sepanjang tepi sungai air Curug Ngebul.

Di tempat wisata alam di Cianjur ini, Anda bisa menjelajahi banyak tempat menarik untuk mengambil foto yang indah.

2. Kota Bunga

Little Venice, Kota Bunga, Puncak, BogorLittle Venice, Kota Bunga, Puncak, Bogor

Lokasi: Desa Sukanagalih, Pacet, Puncak, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Bagi Anda yang ingin merasakan liburan ke luar negeri namun dengan budget minim, Kota Kembang bisa memenuhi semua kebutuhan Anda. Kota Kembang merupakan tempat wisata di Cianjur yang membawa nuansa liburan dengan nuansa liburan ke luar negeri.

Di sini Anda akan menemukan bangunan bergaya Eropa, Jepang, dan terkenal lainnya. Bangunan ini merupakan vila yang disewakan, lengkap dengan peralatan lengkap.

Salah satu hal yang paling menarik dari Kota Kembang ini adalah sebuah tempat bernama The Little Venice, yang merupakan tempat rekreasi Venesia (Venice), sebuah kota indah di Italia.

Tempat ini didesain sedekat mungkin dengan tempat aslinya, lengkap dengan perahu, perahu kayuh, perahu Mississippi dan gondola yang menjadi ciri khas kota Venesia.

3. Lokasi Gunung Padang

Situs Gunung Padang melalui DisbudparjabargoidWebsite Gunung Padang melalui Disbudparjabar.go.id

Lokasi: Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur

Tempat wisata terdekat di Cianjur adalah situs Gunung Padang yang namanya kini sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Situs Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur.

Situs Gunung Padang merupakan situs peninggalan prasejarah berupa situs megalitik yang sebagian besar berupa pundas berundak.

Situs purbakala ini memiliki luas 900 meter persegi dan berada di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut di atas bukit. Berbagai fakta yang ditemukan oleh para peneliti menunjukkan bahwa situs ini sudah sangat tua, bahkan ada teori yang menyatakan bahwa situs ini lebih tua dari situs peradaban tertua di dunia yang ada di Mesopotamia.

Jika Anda tertarik dengan sejarah peradaban kuno, Anda harus mengunjungi situs Gunung Padang di Cianjur.

4. Kebun Raya Cibodas

Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Lokasi: esa Rarahan, Kecamatan Cimacan, Cianjur

Bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak, Kebun Raya Cibodas bisa Anda jadikan tujuan wisata selanjutnya. Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan Kompleks Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di kawasan Cipanas.

Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai spesies tanaman dari seluruh penjuru negeri. Setidaknya ada 1000 jenis tumbuhan yang bisa anda jumpai dan beberapa di antaranya merupakan jenis tumbuhan langka yang hampir punah. Tempat ini juga sering dijadikan tujuan wisata edukasi bagi para pelajar.

5. Taman Air Big Ben

Kolam Renang Big Ben Water Park Cipanas CianjurKolam Renang Big Ben Water Park Cipanas Cianjur

Lokasi: J L. Mariwati No. 78, Sindanglaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Tempat wisata di Cianjur selanjutnya adalah Big Ben Waterpark yang terletak di kawasan Kota Cipanas. Big Ben Waterpark merupakan wahana mainan air yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Di dalamnya terdapat wahana kolam air panas, ember tumpah, pendulum dan yang paling unik adalah miniatur Big Ben (jam raksasa dari London) yang bisa Anda temukan di tempat ini.

Ada juga seluncuran yang memacu adrenalin yang bisa Anda mainkan bersama si kecil. Jika Anda senang dengan permainan air dan berenang, tempat ini juga memiliki tempat cuci piring yang sangat unik berbentuk seperti bus.

Untuk masuk dan menikmati semua wahana yang ada di Big Ben Waterpark anda perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp. 75.000 per orang.

Kunjungi juga: 13 kolam renang di Cianjur

6. John’s Cianjur Aquatic Resort

The Jhon's Cianjur Aquatic ResortJhon’s Cianjur Aquatic Resort via Denimulyanasasmita.blogspot.com

Lokasi: Pengawasan Hutan Kota Cianjur – Panembong, Jl. Desa Babakan Karet Jl Kp. Pasir Tangkil, Babakankaret, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur

Tempat wisata di Cianjur lainnya dengan wahana dan fitur air yang tidak boleh dilewatkan adalah The Jhon’s Cianjur Aquatic Resort. Wisata buatan di kawasan Panembong tepatnya di desa Babakan Karet desa Tangkil Cianjur.

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Cianjur yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Di sini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap mulai dari wahana outbond, taman bermain anak, tampolin, ATV hingga wahana paintball.

Jika Anda tertarik untuk menginap di sini, tersedia akomodasi berupa villa dengan perlengkapan yang cukup mewah.

7. Wisata Tirta Jangari

Wisata Tirta Jangari melalui IG @jangari17Wisata Tirta Jangari melalui IG @jangari17

Lokasi: i Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur

Anda mungkin pernah mendengar tentang Wisata Waduk Cirata yang terletak di Desa Bojong. Nah di kawasan waduk ini terdapat sebuah tempat wisata yang cukup menarik yaitu Tirta Jangari Cianjur.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, jika berangkat dari Kota Cianjur hanya perlu berkendara sejauh 18 km. Tempat ini biasanya dijadikan tujuan wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Panorama alamnya yang indah menghadap ke Waduk Cirata yang cukup jauh memberikan nuansa suasana yang tenang dan sejuk. Beragam kuliner khas Cianjur juga bisa Anda cicipi di restoran terapung di kawasan wisata Tirta Jangari Cianjur ini.

Di restoran terapung, Anda bisa menikmati aneka kuliner tradisional, dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat santapan Anda semakin nikmat.

8. Perkemahan Bravo

Perkemahan BravoPerkemahan Bravo

Lokasi: Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, Cianjur Selatan

Destinasi wisata di Cianjur yang juga menawarkan nuansa pegunungan adalah Bravo Camping Ground yang terletak di kawasan Kecamatan Mande tepatnya di Desa Mulyasari, Cianjur Selatan.

Meski dilabeli sebagai bumi perkemahan, tempat ini juga memiliki berbagai wahana dan kolam renang yang bisa kamu nikmati. Tempat ini biasanya ramai pengunjung pada akhir pekan.

Anda akan menemukan banyak pengunjung yang datang bersama keluarga untuk menghabiskan musim liburan mereka dengan piknik di sekitar Bravo Camping Ground sambil menikmati panorama alam yang sejuk dan sangat indah.

Periksa juga: 18 air terjun di Cianjur

9. Taman Bunga Nusantara

Taman bunga Nusantara via Kompas.comTaman bunga Nusantara via Kompas.com

Lokasi: Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur

Bagi Anda yang ingin mencari spot foto dengan background taman bunga bertema Jepang, Taman Bunga Nusantara merupakan tempat wisata di Cianjur yang harus Anda kunjungi.

Taman ini terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur dengan luas lebih dari 35 hektar. Di dalamnya terdapat beberapa lokasi yang didesain dengan tema unik mulai dari taman bergaya Jepang, Eropa hingga Perancis.

Anda bisa menghabiskan waktu sepuasnya untuk memotret latar belakang gaya taman yang unik ini. Karena area taman terlalu luas untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, Anda dapat menyewa kendaraan taman yang disediakan seperti mobil Wara Wiri, kereta api Dotto, dan trem taman.

10. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Jembatan Gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede PangrangoJembatan Gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di atas Kompas

Lokasi: Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Tempat wisata di Cianjur yang terakhir adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman nasional ini sebenarnya meliputi tiga kabupaten besar di Jawa Barat yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

Khusus untuk Anda sebagai pendaki, mungkin Anda bisa mencoba menaklukkan puncak Gunung Gede untuk melihat bunga edelweis legendaris yang tumbuh subur di sepanjang jalur pendakian menuju puncak.

Tempat ini juga merupakan tempat yang populer untuk berkemah, alamnya yang masih alami dan udaranya yang sejuk akan memberikan pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

* * * * *

Demikian ulasan singkat kami mengenai beberapa tempat wisata di Cianjur yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi liburan selanjutnya. Selain wisata alam, Cianjur juga dikenal dengan wisata kulinernya antara lain Cianjur Laksa, Geco dan Acar Buah.

Semua makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah selama berada di Cianjur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang kekayaan Cianjur dan sekitarnya. Selamat berlibur.

Kunjungi juga: 28 rumah makan di Cianjur

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button