Berita Wisata

10 Destinasi Wisata Ternate dan Tidore yang Beragam dan Indah

TEMPO.CO, Jakarta -Destinasi wisata di kota Ternate dan Tidore di provinsi Maluku Utara adalah keindahan alam timur Indonesia.

Dua kota di Provinsi Maluku Utara yang resmi terbentuk pada 4 Oktober 1999 ini memiliki ragam tempat indah dan bersejarah di tiap pulaunya, yang membuat wisatawan betah berlama-lama di Ternate dan Tidore.

Agar perjalanan semakin sempurna, berikut rekomendasi 10 tempat paling menarik dan bersejarah yang bisa dikunjungi di kota Ternate dan Tidore. pariwisatatangguh.kemenparekraf.go.id:

1. Pantai yang jernih, Sulamadaha Tenate Beach.

Pantai ini bersih dan jarang ada sampah sehingga sangat indah. Banyak wisatawan datang ke sini untuk snorkeling dan menikmati waktu liburan sambil minum kelapa muda dan keripik pisang khas Ternate.

Ombak kecil dengan pasir putih menjadi identitas Pantai Sulamadaha. Di sinilah berbagai foto mirip kapal di cermin kerap diabadikan.

Di salah satu sisi pantai terdapat teluk sempit yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan sejuk, disinilah air yang paling jernih dari pantai ini. Bahkan wisatawan dapat dengan jelas melihat kehidupan alam bawah laut tanpa harus menyelam ke dalam air.

2. Museum Istana Sultan Bacan

Bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang kemudian dijadikan museum ini merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Lokasi museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Desa Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini berbentuk segi delapan menyerupai singa duduk dengan kedua kaki depannya menghadap ke laut.

Baca juga :

Museum Kedaton Sultan Ternate memiliki banyak koleksi benda-benda seperti geologi, etnografi, arkeologi, sejarah numismatik, filologi, teknologi, seni rupa dan keramik. Berbagai peninggalan Kesultanan Ternate, seperti mahkota, singgasana emas, senjata perang, perlengkapan upacara adat dan Alquran tulisan tangan.

Ada keunikan pada mahkota peninggalan Kesultanan Ternate ini yaitu memiliki rambut yang dapat tumbuh seperti rambut manusia. Untuk memotongnya, upacara ritual Istampa biasanya dilakukan pada hari raya Idul Adha dan mahkota diperkirakan berusia 500 tahun sejak sultan Ternate pertama.

Batu Angus merupakan destinasi wisata yang…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button