Tempat Wisata

10 foto Pantai Kedung Tumpang, harga tiket masuk, tempat wisata, dll

Pantai Tumpang Kedung – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak kota dan kabupaten dengan destinasi wisata yang menarik. Jika kita berbicara tentang kota dan kabupaten yang memiliki destinasi wisata menarik di Jawa Timur, pasti kita akan langsung fokus ke Kabupaten Tulungagung.

Ya, Tulungagung merupakan kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan banyak destinasi wisata menarik termasuk Pantai Kedung Tumpang Tulungagung.

Tulungagung boleh berbangga dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Kedung Tumpang. Usai libur Lebaran 2015, Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ramai dikunjungi puluhan ribu wisatawan. Baik wisatawan mancanegara maupun domestik.

Pantai Kedung Kandang adalah sebuah pantai di pesisir Jawa Timur tepatnya di wilayah Kabupaten Tulungagung. Kelebihan Pantai Tumpang Kedung adalah keindahan kolamnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini sering disebut sebagai surga tersembunyi karena banyak orang yang tidak mengetahui lokasinya.

Lokasi: Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
map: klik disini
HTML: Gratis (weekdays), Rp 5.000 (weekend)
Terbuka dan tertutup: 24 jam
Telepon: 0355 5237600

Keindahan Pantai Kedung TumpangKeindahan Pantai Kedung Tumpang

Mengenal Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang memiliki keindahan yang luar biasa, keindahan pantai di Tulungagung secara umum telah kami bahas dalam artikel khusus.

Bahkan bisa dikatakan pantai di Tulungagung sama sekali tidak kalah dengan keindahan pantai yang ada di Bali ataupun di Pulau Lombok.

Pantai ini sebenarnya baru mulai booming beberapa tahun yang lalu yaitu sekitar tahun 2015, pantai ini mulai booming dan menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Tulungagung.

Setelah tahun 2015 lalu karena banyak backpacker dan para wisatawan mengunggah foto-foto pantai yang keren ke media sosial mereka, baik itu Facebook atau Instagram, menjadikan pantai ini booming dan menjadi barang rumah tangga media sosial.

Dan tak kalah menariknya, terdapat gugusan tebing karang yang terbentang jauh dari bagian barat Pantai Blabak dan juga hingga bagian timur Pantai Globok. Namun sayang pantai ini tidak memiliki pasir seperti laut pada umumnya.

Tempat foto yang bagus melalui IG @dheee.rnTempat foto yang bagus melalui IG @dheee.rn

Lokasi rute dan harga tiket masuk Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Sarana wisata ini berada di wilayah administrasi Kabupaten Tulungagung, lebih tepatnya di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Lokasi ini sendiri bisa dijangkau dari beberapa kota sekitar seperti Blitar dan Kediri. Namun jalur utama yang sangat direkomendasikan adalah melalui jalur dari Kota Tulungagung. Karena jalan ini lebih nyaman dan sangat mudah dilalui.

Untuk rutenya sendiri bisa dari Kota Tulungagung menuju Pantai Molang. Sebelum sampai di pertigaan Pantai Molang belok kanan.

Kemudian melewati jalan makadam dan ladang para petani menuju pemukiman warga. Sesampainya di rumah warga, belok kiri, tapi alangkah baiknya jika Anda bertanya kepada warga.

Karena objek wisata ini tergolong baru, Anda tidak perlu membayar tiket masuk pantai atau gratis. Namun, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 yang dipatroli oleh warga sekitar pantai.

Fasilitas di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Sarana dan prasarana di tempat wisata pantai ini masih minim. Mungkin hanya ada jalan setapak yang merupakan sarana dan prasarana yang membawa Anda ke pantai. Hal ini mungkin karena Pantai Kedung Tumpang Tulungagung merupakan obyek wisata baru sehingga fasilitasnya masih minim.

Namun jangan khawatir karena keterbatasan fasilitas yang ada akan mengimbanginya dengan keindahan alam pantai yang sangat eksotis. Mulai dari bebatuan besar, kolam di tepi laut dan pemandangan laut yang luas.

Keistimewaan Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

lewat IG @robbiepoerwantoKeistimewaan dari Pantai Tumpang Kedung Tulungagung via IG @robbiepoerwanto

Sebenarnya Pantai Kedung Tumpang Tulungagung hanyalah sebuah pantai di pesisir selatan. Namun di tempat ini terdapat kekhasan yang tidak dimiliki tempat wisata lainnya.

Salah satu ciri khas pantai ini adalah pantai dengan kolam di antara bebatuan dan pemandangan langsung Samudera Hindia. Di tempat ini Anda bisa mandi atau berenang.

Namun untuk mencapai kolam tersebut, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra karena kolam dikelilingi oleh batu-batu besar yang licin dan sangat rawan tergelincir. Bukan hanya genangan air yang tergenang, di samping kolam tersebut terdapat mata air kecil yang mengalir ke air terjun kecil.

Keistimewaan lain dari tempat wisata di Tulungagung ini adalah adanya air terjun dari atas batu karang. Meski air yang mengalir tidak terlalu besar, namun cukup menambah keindahan tersendiri.

Selain sebagai spot foto, pengunjung juga bisa mandi di bawah gemercik air terjun. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera Anda.

Karena di titik ini terdapat spot foto yang sangat bagus. Mulai dari kolam renang di pinggir laut, batu karang besar di atas kolam hingga pantai lautnya sendiri, pokoknya cocok banget buat kamu yang hobi fotografi.

keunikan pantai

Keunikan pantai via IG @richodwimuktiKeunikan pantai via IG @richodwimukti

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai ini berbeda dengan pantai pada umumnya dimana pantai Kedung Tumpang pada umumnya tidak memiliki pantai yang mirip pasir, namun sebenarnya pantai ini unik karena memiliki perbedaan tersebut.

Keunikan lain dari pantai ini adalah terdapat gugusan karang yang membentuk beberapa kolam yang terbentuk akibat proses alami dari alam.

Nah, kolam-kolam inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sengaja datang ke sini, meski umumnya tidak ada pantai berpasir.

Kolam di pantai ini tercipta dari suara ombak yang konstan, menciptakan “genangan” air.

Nah, karena lubang-lubang inilah maka pantai ini dinamakan Kedung Tumpeng. Tentu saja menawarkan pemandangan yang indah.

Tentunya keindahan dan kemegahan Pantai Kedung Tumpang semakin istimewa karena perpaduan antara kolam dan bebatuan.

Di sini wisatawan bisa melihat air yang sangat jernih dan juga segar. Begitu indah untuk dilihat. Tentunya pantai Kedung Tumpang kini sangat populer di kalangan wisatawan.

Aktivitas seru di Pantai Tumpang Tulungagung

Aktivitas seru di Pantai Tumpang Tulungagung via IG @zhy_laaAktivitas seru di Pantai Tumpang Tulungagung via IG @zhy_laa

Berwisata ke Pantai Tumpang Tulungagung juga menawarkan banyak hal yang bisa Anda nikmati untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang tersayang.

Mulai dari melompat dari atas batu karang, berenang di pantai, hingga bersenang-senang matahari terbit atas bukit. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai di Tulungagung:

1. Lompat dari batu

Melompat dari batu dan jatuh ke kolam alami adalah aktivitas paling menarik yang ditawarkan di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Hanya di pantai inilah Anda bisa meloncat merasakan serasa kolam yang begitu indah dihiasi deburan ombak Kedung Tumpang.

2. Berenang di kolam alami

Di kolam ini Anda tidak hanya bisa melompat, tetapi juga berenang dan menikmati jernihnya air kolam yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Namun perlu diingat bahwa Anda hanya diperbolehkan berenang saat kondisi laut surut. Karena saat air pasang sangat berbahaya bagi keselamatan Anda dan pengunjung lainnya.

3. Menikmati keindahan Pantai Kedung Tumpang dari atas batu karang

Duduk santai menikmati indahnya deburan ombak yang menghempas karang menjadi alternatif jika tidak bisa berenang. Selain itu, jika Anda datang bersama orang tersayang, menambah keromantisan tersendiri saat berlibur.

4. Ambil foto

Temukan Instagramable melalui IG @septiyancTemukan Instagramable melalui IG @septiyanc

Jika Anda seorang… Instagrammer, Pantai Kedung Tumpang Tulungagung menjadi pilihan tepat bagi para wisatawan. Karena tempat ini memiliki spot yang sangat indah seperti bebatuan, ombak dan kolam alami. Bukan hanya lokasinya saja yang bisa dijadikan objek foto.

Di tempat wisata ke pantai ini ada beberapa pandangan sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Misalnya, hutan lebat, perbukitan, dan sawah milik petani.

5. Menikmati indahnya sunset Atau matahari terbit

Sore hari di Pantai Kedung Tumpang adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan pantai. Di sini Anda akan diam-diam menyaksikan kembalinya matahari ke tempat persembunyiannya.

Tapi jangan lupa bawa kamera karena sayang banget kalau ketinggalan momen matahari terbit begitu saja, tanpa mengabadikannya.

Melihat informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Entah itu bermain dengan pasir putih yang sangat lembut, bermain di kolam yang bersih untuk menikmati keindahannya matahari terbit. Untuk masalah akomodasi yang ditawarkan objek wisata ini juga terbilang cukup murah.

Kunjungi juga:

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button