Berita Wisata

10 kenangan khas Ponorogo

Tidak hanya terkenal dengan kesenian Reognya yang unik, Ponorogo juga memiliki puluhan tempat wisata alam, religi, bahkan kuliner yang menarik untuk dijelajahi. Tak heran jika kota ini selalu ramai menjadi incaran wisatawan saat liburan tiba. Nah, traveling belum lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Tak perlu bingung dan khawatir, Ponorogo menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh mulai dari kerajinan tangan hingga jajanan khas. Lanjut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Ponorogo yang disukai wisatawan. Anda tertarik untuk membeli yang mana?

Baca juga: 7 kuliner khas ponorogo yang menggugah selera

1. Masker reog mini

10 Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Paling Banyak Dicari Wisatawan!  Topeng Reog Mini (instagram.com/cintyanayurlin)

Rekomendasi pertama jatuh pada reog mini mask. Seperti yang kita tahu, seni reog Ponorogo sudah sangat melekat dan populer di Indonesia. Tak heran topeng reog mini selalu menjadi incaran setiap wisatawan yang datang.

Masker unik ini memiliki detail yang cantik dan kualitas bahan yang tidak main-main. Untuk dipajang, atau mainan untuk anak-anak, sangat cocok!

2. Tembikar Plancungan

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Tembikar Plancungan (instagram.com/gerabahplancungan)

Suvenir terkenal lainnya dari Ponorogo adalah gerabah Plancungan. Secara turun temurun, perajin gerabah di Desa Plancungan masih rajin mengolah tanah liat menjadi barang yang bermanfaat hingga saat ini.

Anda dapat menemukan vas bunga, teko, kendi, dan cangkir di sini. Tidak hanya memiliki nilai fungsional yang besar, beberapa item yang ditawarkan juga biasanya berwarna-warni. Tak heran, produk gerabah Plancungan juga kerap menjadi souvenir pernikahan khas Ponorogo. Menariknya, pengrajin tembikar ini menerima pesanan sesuai keinginan Anda, nih!

Baca Juga: Perwakilan RI Pamerkan Kostum Nasional Bertema Reog di MGI 2022

3. Kerajinan bambu

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Kerajinan Bambu (youtube.com/Jumhurul Umami)

Kerajinan tangan lain yang biasanya diincar wisatawan adalah kerajinan bambu. Produk kerajinan tangan ini dikenal memiliki nilai estetika yang tinggi. Anda dapat menemukan cangkir bambu, teko, keranjang, celengan yang telah diukir dengan sangat indah.

Hasil patung yang dihasilkan biasanya memiliki motif batik, ilustrasi wajah para pahlawan Indonesia lho! Harga yang diajukan juga sudah disesuaikan dengan tingkat kesulitan craftingnya, ya! Grosir, ayo pergi!

4. Rompi Reog Ponorogo

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Rompi Ponorogo (instagram.com/singomudhoterate)

Pernahkah Anda melihat pertunjukan seni reog Ponorogo? Saat tampil, Anda akan melihat tokoh protagonis bernama Patih Bujangganong, atau biasa disebut ganongan, mengenakan rompi merah saat menari.

Menariknya, kostum unik ini juga dijual bebas sebagai oleh-oleh khas Ponorogo, lho! Harga yang ditawarkan juga sangat murah mengingat benda ini memiliki nilai seni yang tinggi. Tertarik untuk membeli atau tidak?

5. Jenang Mirah

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Jenang Mirah (instagram.com/jenangmirahponorogo)

Selain kerajinan tangan, Anda bisa membeli jajanan lezat sebagai oleh-oleh dari Ponorogo. Camilan awal yang paling terkenal adalah Jenang Mirah. Masih populer hingga saat ini, siapa tahu kenang-kenangan legendaris ini sudah ada sejak tahun 1955.

Rasanya manis, dengan tekstur legit yang tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Sangat cocok untuk berbagi dengan orang tua, nih!

6. Thoring (Renyah Lentho)

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Thoring (facebook.com/Shansiyie Olshop)

Sangat unik, thoring merupakan versi kering dari kuliner lentho yang populer. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, Anda pasti tidak akan bosan saat menyantap sajian kuliner yang satu ini.

Selain itu, thoring juga bisa dengan mudah ditemukan di setiap pusat oleh-oleh yang ada di Ponorogo, lho! Hanya dengan Rp 15 ribu kamu sudah bisa membawa pulang cemilan renyah ini.

7. Gethuk Golan

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Gethuk Golan (ponorogo.go.id)

Terlihat berbeda dari getuk biasanya, gethuk golan biasanya disajikan dengan nasi ketan/jadah bersama kelapa parut dan gula cair yang sangat manis.

Seperti namanya, gethuk ini bisa Anda temukan di Desa Golan Ponorogo. Kuliner ini sudah menjadi warisan kuliner di desa Golan. Ini untuk dicoba, nih!

8. Crepe dengan saus khas Ponorogo

10 Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Paling Banyak Dicari Wisatawan!  Sabi Kuah Ponorogo (ponorogo.go.id)

Saat berkunjung ke Ponorogo, Anda pasti akan menemukan banyak penjual serabi di setiap sudut kota. Dari perempatan Tonatan, Tambak Bayan, perempatan pasar Pon, perempatan pabrik es, bundaran timur pasar Legi, hingga perempatan Bangunsari sana. Uniknya, para pedagang surabi ini mulai berjualan sejak pukul 4 pagi. Wow! Berhenti sejenak dalam perjalanan kembali, itu sangat mungkin.

Perpaduan rasa manis, asin, dan renyah dengan sedikit aroma earthy dari kereweng, tidak akan Anda temukan di daerah lain!

9. Madu Mongso

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Ilustrasi salad petis (instagram.com/ferry_susia)

Madu mongso adalah cemilan enak yang terbuat dari beras ketan hitam yang difermentasi, kemudian dimasak lama dengan gula. Uniknya, masakan ini hanya disajikan untuk para raja, pada masa Mataram kuno.

Mulai sekarang, madu mongso dijual bebas di semua pusat oleh-oleh, dengan harga yang terjangkau! Kamu harus coba manisnya, deh!

10. Bumbu Rujak Petis Welirang

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo Paling Dicari Wisatawan!  Madu Mongso (instagram.com/jajan_legendaris)

Selain aneka jajanan, Ponorogo juga unik dengan masakan rujak petis Welirang yang enak. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk membawa pulang sambal rujak petis ini, agar bisa membuatnya sendiri untuk keluarga di rumah.

Kamu juga bisa menemukan bumbu rujak petis ini di semua pusat oleh-oleh di Ponorogo lho! Dapatkan segera, yuk!

Jangan bingung lagi mau beli apa untuk keluarga tercinta. Yang mana favoritmu?

Baca juga: Legendaris, Ini 6 Rekomendasi Sate Ayam di Ponorogo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button