Tempat Wisata

10 Pantai Indah Di Sumatera Barat

Apakah Anda ingin liburan yang hangat di pantai? Ini daftar wisatanya Pantai terindah di Sumatera Barat. Obyek wisata bahari BagusEksotik dan Terhini Hal-hal menarik untuk ditemukan saat liburan.

Tidak pernah berhenti berbicara tentang keindahan pantai di Indonesia. Seperti halnya Provinsi Sumatera Barat yang sejak lama dikenal sebagai daerah yang kaya akan budaya, alam, dan gastronomi yang kaya dan inklusif. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Kerajaan Minang.

Salah satu hal yang paling banyak diminati oleh para pelancong adalah wisata bahari. Sumatera Barat memiliki sejumlah pantai indah yang menghadap langsung ke Samudera Hindia yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Air Manis

Fasilitas Pantai Air Manis PadangSumber gambar: Google Maps SA

Wisata laut pertama yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Sumatera Barat adalah Pantai Air Manis di daerah Padang. Anda tentu ingat dengan legenda Malin Kundang yang menceritakan tentang seorang saudagar kaya yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu karena menjadi anak yang durhaka.

Di Pantai Air Manis terdapat pahatan batu yang jika dilihat lebih dekat terlihat seperti kapal pecah dan orang telungkup di pasir pantai. Relief tersebut konon merupakan titisan Malin Kundang. Keberadaan Batu Malin Kundang ini berhasil menarik wisatawan berbondong-bondong ke sini.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

2.Pantai Padang

Pantai Padang MelangSumber gambar: Google Maps Aries Andjar

Pantai terdekat yang tak kalah menariknya adalah Pantai Padang yang terletak di pusat kota Padang sehingga akses menuju tempat wisata pantai ini sangat mudah. Wisata laut ini cukup berbeda dengan pantai lainnya karena Pantai Padang sudah melakukan pengembangan yang lebih modern.

Nah, di pantai ini Anda bisa menemukan berbagai fasilitas yang memadai mulai dari pusat kuliner hingga taman bermain anak. Selain peralatannya yang lengkap, panorama kawasan pantainya juga mengagumkan. Perbukitan hijau yang populer dengan sebutan Gunung Padang tampak asri di sekitar kawasan pantai, membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Pantai Carolina

Pantai KarolinaKredit foto: Google Maps Selamat tinggal QlinikPhone

Pantai Caroline di kawasan Teluk Bungus menjadi bukti bahwa keindahan alam Sumatera Barat tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini dulunya dikenal sebagai pantai pribadi karena sepi pengunjung. Namun kini Pantai Caroline selalu terlihat ramai oleh wisatawan dan menjadi salah satu objek yang wajib dikunjungi di Kota Padang.

Keunikan yang bisa menarik wisatawan untuk singgah ke sini terletak pada pantainya yang membentuk huruf W atau berbentuk hati dari atas dengan drone. Selain itu, ombaknya yang cukup tenang juga sangat diapresiasi oleh para pengunjung yang bisa bermain air dengan nikmat dari pantai.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: JL Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Pantai Nirwana

Atraksi di Pantai NirvanaKredit foto: Google Maps Indra Hutagalung

Pantai Nirvana merupakan destinasi wisata yang cocok untuk para penggemar fotografi karena objek wisata ini menawarkan pemandangan sunset yang menjadi salah satu tempat terbaik dan terpopuler untuk mencari foto-foto kecil di kawasan Padang. Properti Pantai Nirvana memiliki ombak yang relatif tenang, sehingga cocok untuk bermain air sepuasnya.

Meski begitu, hamparan pasir putihnya yang bertekstur halus membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menikmati pasir halus di jemari kaki. Menariknya, dari kawasan Pantai Nirwana, Anda bisa melihat kapal-kapal berjejer rapi di Pelabuhan Teluk Bayur keluar masuk pelabuhan.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Pantai Pasumpahan

Pantai PasumpahanSumber gambar: Google Maps Dhedi Saputra

Ada juga Pantai Pasumpahan yang juga tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke provinsi Sumatera Barat. Pantai yang terletak di Pulau Pasumpahan ini merupakan salah satu wisata laut dengan panorama alam terindah di Padang. Di destinasi ini Anda tidak hanya akan dimanjakan oleh hamparan pasir putih yang halus, tetapi juga hamparan laut yang eksotis.

Laut di Pantai Pasumpahan memiliki warna kebiruan yang sangat jernih dimana Anda bisa snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut yang mempesona. Ditambah lagi dengan pemandangan lanskap perbukitan hijau yang mengelilingi kawasan pantai, sungguh indah dan begitu menyegarkan sejauh mata memandang.

harga tiket: Rp35.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai J L. Banana, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Pantai berpasir Jambak

Pantai berpasir JambakKredit foto: Google Maps Eza Lenza

Pantai Pasir Jambak terkenal dengan keindahan alamnya yang membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Pantai ini juga menjadi salah satu tujuan wisata primadona di Padang saat liburan tiba. Pantai Pasir Jambak sendiri hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Padang, sehingga cukup mudah ditemukan.

Di Pantai Pasir Jambak Anda bisa bermain air sepuasnya ditemani deburan ombak pantai yang tenang dan semilir angin pantai yang begitu menyegarkan. Selain pemandangan alamnya yang indah, wisata bahari ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai mulai dari toilet yang bersih, flushing room, dll.

harga tiket: Rp2.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Pantai Gandoriah

Pantai GandoriahSumber Gambar: Google Maps Fajar Aditya Emozha

Berada di kawasan Padang Pariaman, Pantai Gandoriah menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang tak boleh dilewatkan di Sumatera Barat. Asal usul nama pantai ini sendiri memiliki cerita menarik di baliknya. Dimana nama Gandoriah merupakan nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau.

Perjalanan cinta Gandoriah dan Anggun Nan Tongga diabadikan atas nama pantai ini, dan Nan Tongga Hotel, hotel tertua di Pariaman, terletak di pinggir pantai. Terlepas dari legendanya, pantai yang satu ini memiliki panorama alam yang unik. Setidaknya ada gugusan 6 pulau kecil yang terlihat begitu indah seakan menghiasi cakrawala.

Selain pemandangan laut lepas yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang apik dijadikan backdrop foto, Anda juga akan menemukan monumen berbentuk tank di pantai ini. Tugu peringatan bernama Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut Kota Pariaman ini juga dijadikan objek hunting foto yang Instagramable.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

8. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata PariamanKredit foto: Google Maps Alfonsus Leonard

Pantai Kata merupakan kebanggaan masyarakat Pariaman, nama pantainya sendiri diambil dari nama dua daerah yang ada di kota Pariaman. Nama daerah yang dimaksud adalah Desa Karan Aur dan Desa Taluak, sehingga kata Ka berasal dari Karuan Aur dan Ta berasal dari Taluak. Kini Pantai Kata ini menjadi salah satu wisata yang paling diminati para wisatawan.

Bagi Anda yang sedang mencari spot foto yang instagramable, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Pantai Kata ini. Karena di wisata ini kamu akan banyak menemukan spot foto estetik yang bisa kamu foto dan abadikan dalam sebuah potret. Selain itu, Pantai Kata juga memiliki hutan pinus hijau yang rindang yang membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk.

Pantai Kata Pariaman juga menjadi salah satu tempat untuk menikmati sunset yang sangat populer di kalangan warga setempat. Indahnya matahari terbenam ungu menjulang di atas laut dan pemandangan perahu nelayan yang menjauh dari bibir pantai menjadi pemandangan eksotis yang sayang untuk dilewatkan.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

9. Pantai Cermin

pantai cerminKredit foto: Google Maps Uda_Redo Resmi

Wisata bahari lain yang wajib dikunjungi di Pariaman, Sumatera Barat adalah Pantai Cermin. Lokasi pantai yang satu ini hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman dan secara administratif tepat berada di desa Karan Aur. Anda hanya perlu berkendara sekitar 15-20 menit dari pusat kota jika ingin mengunjungi pantai ini.

Begitu sampai di kawasan pantai anda langsung dihadapkan pada pemandangan pantai yang memiliki bidang miring yang di sekelilingnya ditumbuhi pohon kelapa dan pohon pinus yang rindang. Inilah potensi alam yang begitu menarik untuk Anda saksikan dan nikmati. Sejauh mata memandang, pemandangan alam yang hijau dijamin menyegarkan mata.

Di Pantai Cermin Anda bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan luasnya laut yang begitu luas dan indah. Selain itu, di sini Anda juga bisa mencoba bermain atau berenang di air karena ombaknya cukup tenang dan tidak besar. Namun jika akan berenang, selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Karan Aur, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

10. Pantai Ketapiang

Pantai KetapangSumber Gambar: Google Maps Masril Rustam

Terakhir adalah Pantai Ketapiang atau sering disebut Pantai Katapiang yang juga tidak boleh dilewatkan jika sedang berada di Sumatera Barat. Pantai ini tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau yang hanya berjarak sekitar 9 kilometer. Namun jika dilihat dari pusat Kota Pariaman, pantai ini sebenarnya lebih jauh dari pantai-pantai lainnya.

Sama seperti Pantai Cermin, Pantai Ketapiang juga dipenuhi pepohonan yang tumbuh subur. Ada juga beberapa area yang sengaja ditumbuhi rumput dan terlihat rapi. Hal ini membuat suasana pantai menjadi sangat sejuk dan menyegarkan, ditambah dengan angin sepoi-sepoi khas pantai yang membuat deretan pepohonan bergoyang indah.

Dengan suasananya yang tenang, Pantai Ketapiang sering dikunjungi saat akhir pekan atau saat musim liburan. Di pantai ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas pantai yang seru seperti; B.Menerbangkan layang-layang. Angin pantai yang kencang bisa membuat menerbangkan layang-layang semakin seru.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Katapiang, Kec. Batang Anai, Cab.Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Itulah beberapa pantai terindah di provinsi Sumatera Barat. Meski belum begitu dikenal dunia luar, hamparan pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memberikan pemandangan laut lepas yang begitu eksotik. Pantai-pantai indah ini layak menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button