Tempat Wisata

10 pantai terindah di jambi yang wajib anda kunjungi

10 pantai terindah di jambi yang wajib anda kunjungi

Ingin liburan yang menyenangkan? Itulah rekomendasi wisata pantai terindah di Jambi. Obyek wisata laut yang populer, eksotis dan populer untuk dijelajahi selama liburan Anda di Jambi.

Pantai ini masih menjadi tujuan wisata asyik yang sering dikunjungi untuk liburan keluarga. Sepertinya setiap kota di Indonesia memiliki destinasi pantai indah tertentu yang layak untuk dikunjungi, seperti kota Jambi. Kota ini memiliki banyak pantai dengan pesona unik dan ramai pengunjung setiap musim liburan.

Anda bisa menemukan pantai-pantai yang memiliki pesona luar biasa dan layak untuk dijelajahi saat berlibur. Berikut beberapa pantai indah di Jambi yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Koto Petai yang Indah

Pantai Koto Petai IndahKredit foto: Google Maps LG

Bagi masyarakat yang tinggal di Jambi, pantai ini sudah dikenal. Pantai Indah Koto Petai adalah salah satu tempat wisata paling populer untuk keluarga dengan pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan, karena biaya masuknya terjangkau. Tempat wisata ini dikelola oleh pengelola BUMdes setempat, sehingga sudah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap.

Meski berada di tepi danau, namun yang unik dari pantai ini adalah memiliki pasir putih yang sangat mirip dengan pantai-pantai di pesisir pantai. Meski pantai ini tidak terlalu luas, namun pemandangan indah yang dihadirkan sangat menarik minat wisatawan, apalagi untuk menikmatinya matahari terbenam. Ombaknya yang tenang aman untuk keluarga yang membawa anak-anak bersantai dan menghabiskan waktu berlibur.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Koto Petai, Kec. Cogok Land, Cab.Kerinci, Jambi.

2. Pantai Tanjung Tanah yang berpasir panjang

Pantai berpasir panjang Tanjung TanahKredit foto: Google Maps Azri Gunedi

Di Kabupaten Kerinci terdapat sebuah pantai unik yang langsung menghadap ke Danau Kerinci, yaitu Pantai Pasir Tanjung Tanah. Panorama alam atraksi yang disajikan sangat mengesankan, wisatawan dapat melihat danau yang terbentang jauh dan pemandangan perbukitan yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Pantai ini dulunya merupakan tempat nelayan setempat menangkap ikan dan membuat tambak.

Saat itu, tempat ini belum memiliki daya tarik dan “nilai jual” sebagai objek wisata, karena belum adanya sambungan jalan yang memadai. Saat ini Pantai Pasir Panjang dikelola oleh pemerintah kota setempat sehingga beberapa fasilitas sudah tersedia meskipun masih dalam tahap perencanaan. Fasilitas yang disediakan antara lain tempat makan, kano, ayunan dan fasilitas pendukung lainnya.

harga tiket: Rp3.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tanjung Tanah, Kec. Danau Kerinci, Cab.Kerinci, Jambi.

3. Pantai Cemara

Pantai CemaraKredit foto: Google Maps Mahendra Widiawan

Pantai Cemara merupakan destinasi wisata yang dapat menarik minat para pecinta burung. Karena pantai ini merupakan surga bagi burung migran dari Asia Timur dan Australia. Pengunjung pantai khususnya dapat mengamati fenomena ini dari Desember hingga Mei. Sekitar 26.000 burung datang ke pantai ini setiap tahunnya untuk mencari sumber makanan.

Selain pemandangan kawanan burung yang bermigrasi, Pantai Cemara memiliki pesona tersendiri. Hamparan pantai yang dipadukan dengan pohon pinus membuat pemandangan pantai ini semakin menarik bagi wisatawan. Tak heran jika kawasan Pantai Cemara masuk dalam Kawasan Lindung Pesisir sebagai kawasan ekosistem yang penting.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab.Tanjung Jabung Timur, Jambi.

4. Pantai Pasir Putih Angso Duo

Pantai Pasir Putih Angso DuoSumber gambar: Google Maps Yap Dharmananda

Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir putih yang menarik wisatawan. Pasir ini tidak hanya berwarna putih, tetapi juga terasa lembut saat diinjak. Air laut yang bersih dan ombak yang tenang menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Pasir Putih Angso Duo sangat mempesona. Saat langit berubah menjadi merah jingga, air laut yang terkena pantulan cahaya tampak keperakan.

Momen-momen seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan untuk difoto. Untuk menikmati pantai di Pulau Angso Duo, pengunjung bisa naik perahu motor menyeberangi Pantai Gandoriah selama 10 hingga 15 menit. Pantai ini menawarkan berbagai fasilitas seperti warung-warung kecil, pengunjung bahkan bisa menikmati wahana banana boat yang asyik.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir Putih, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi, Jambi.

5. Pantai Aur Duri

Pantai Aur DuriKredit foto: Google Maps Hetri P. Anggara

Pantai Aur Duri merupakan objek wisata yang tergolong baru di Jambi. Meski baru, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Setidaknya ratusan pengunjung datang ke pantai ini setiap harinya. Panorama alam yang mempesona dengan hamparan pasir yang luas dan pemandangan matahari terbenam yang indah menjadi magnet dan daya tarik tersendiri yang dimiliki Pantai Aur Duri.

Tak heran jika pengunjung kerap mengatakan “feels like Bali” saat berkunjung ke pantai ini. Ada juga tempat parkir dan area penjualan di pantai ini. Bagi yang suka berfoto jangan khawatir karena di pantai ini sudah ada beberapa area foto yang didesain oleh beberapa anak muda yang kreatif sehingga bisa membuat foto menjadi menarik.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Konstriktor rendah, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

6. Pantai Laut Hitam

Pantai Laut HitamSumber gambar: Google Maps Fison Madino

Jika pantai pada umumnya memiliki pasir putih, sangat berbeda dengan pantai ini. Karena pantai ini memiliki pasir hitam. Bukan berarti pemandangan pantai ini tidak kalah menarik dari pantai berpasir putih. Hamparan pasir pantai yang luas akan berpadu dengan keindahan pemandangan alam, membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di pantai ini.

Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan festival budaya masyarakat setempat yang digelar di pantai ini, yakni Festival Mandi Safar. Safar Festival adalah acara budaya yang dirayakan dari anak-anak hingga orang dewasa. Festival ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dan wisatawan karena merupakan salah satu festival yang masih sangat kaya akan budaya dan tradisi yang unik.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Air Hitam Keras, Kec. Sadu, Kab.Tanjung Jabung Timur, Jambi.

7. Pantai Lopak Aur

Pantai Lopak AurKredit foto: Google Maps Habibullah Elsadat

Pantai dengan hamparan pasirnya yang luas ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di kawasan Jambi. Pantai Lopak Aur banyak dikunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di tengah aliran Sungai Batang Hari terdapat bebatuan kecil yang mempermanis alirannya. Hamparan pasir yang luas di tengah sungai yang mengalir membuat pantai Lopak Alur ini seperti gurun yang terapung di tepi pantai.

Saat malam menjelang, banyak anak-anak yang bermain futsal di pantai ini. Anda juga akan menemukan pemandangan menarik para nelayan yang mencari ikan di laut lepas. Dengan pemandangan air laut yang biru dan hamparan pasir yang luas membuat semua orang merasa nyaman berada di pantai ini. Belum lagi semilir angin yang sepoi-sepoi dapat memanjakan setiap orang yang berkunjung ke pantai ini, menambah perasaan menenangkan.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Lopak Aur, Kec. Pemyung, Kab.Batanghari, Jambi.

8. Pantai Pasir Putih Tanjung Jabung Barat

Pantai Tanjung Jabung Barat berpasir putihSumber gambar: Facebook Discover Lembata

Sebagai kawasan pesisir, destinasi wisata ini menjadi salah satu keistimewaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pantai Pasir Putih Tanjung Jabung Barat menawarkan pesona yang tak kalah menarik. Pantai ini berada tepat di Laut Cina Selatan. Pantai berpasir putih ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang rindu pantai. Pantai ini juga memiliki daya tarik yang unik dan menyenangkan bagi wisatawan.

Pada waktu-waktu tertentu, pantai ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara atau festival tertentu antara lain festival peduli nelayan, lomba mancing, lomba pompong dan lain-lain. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus menempuh jarak yang cukup jauh. Wisatawan dapat menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh 40 menit dari pusat kota. Sesampainya di sana, wisatawan langsung disambut dengan pantai berpasir putih yang dipagari dengan deretan pohon bakau.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: daerah. Tanjung Jabung Barat, Jambi.

9. Pantai Remau

Pantai RemauKredit Foto: Google Maps anak pertama madino

Pantai Remau memiliki pantai yang luas dengan topografi yang landai. Pantai ini memiliki pasir hitam dan air laut berwarna coklat. Terdapat pohon pinus di pinggir pantai ini. Saat ini Pantai Remau dikelola oleh pemerintah kota setempat. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah desa telah membangun paviliun kecil di tepi pantai untuk digunakan wisatawan sebagai tempat istirahat atau rest area.

Sayangnya dibandingkan dengan Pantai Cemara dan Pantai Babussalam, pantai ini kurang dikenal di kalangan wisatawan. Namun, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat liburan keluarga saat liburan tiba. Terbukti dengan membludaknya wisatawan saat liburan Idul Fitri dan Idhul Adha, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pantai ini bersama keluarga.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Remau Baku Tuo, Kec. Sadu, Kab.Tanjung Jabung Timur, Jambi.

10. Pantai Ancol

Pantai AncolKredit foto: Google Maps Anton Maryadi

Tak hanya di Jakarta, Jambi juga memiliki Pantai Ancol. Pantai Ancol merupakan salah satu pantai wisata paling populer di Jambi. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, terutama pada pagi dan sore hari. Sejak tempat wisata ini dibuka untuk umum pada awal tahun 2015 lalu, Pantai Ancol selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama pada akhir pekan dan liburan sekolah. Acara sering diadakan di pantai ini.

Bagi tamu kehormatan, acara ini seperti pagelaran tur budaya. Selain menikmati pemandangan yang indah, tempat ini juga dilengkapi dengan Pusat Jajan Selera Rakyat (Pujasera) yang menawarkan berbagai jenis makanan laut khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Untuk mencapai tempat wisata ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan 2 jam dari kota Jambi.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tungkal II, Kec. Tungkal Ilir, Cab.Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Jika Anda berwisata ke kota Jambi, Anda bisa memilih kawasan pantai yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Beberapa pantai di kota ini memiliki pesona tersendiri dan berbeda dengan pantai di kota lainnya. Tak hanya pedesaan di sekitarnya yang indah, pantai-pantai Jambi kerap menjadi tuan rumah kegiatan dan festival yang masih kental dengan tradisi dan budaya yang sangat unik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button