Berita Wisata

10 peluang bisnis di bidang pariwisata dan tips mengembangkannya

Peluang usaha di bidang pariwisata cukup banyak, apalagi Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata. Banyaknya tempat wisata di Indonesia cukup menguntungkan bagi pelaku usaha seperti UMKM.

Tidak perlu khawatir dengan peluang karena cukup menjanjikan. Karena kebutuhan akan pariwisata akan terus dibutuhkan. Apalagi jika Anda memiliki tempat tinggal di sekitar tempat wisata, sehingga tidak memerlukan biaya transportasi dan semacamnya.

Tips membuka usaha di bidang pariwisata

Sebelum membahas peluang bisnis di bidang pariwisata, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar bisnis Anda bisa berkembang, berikut kami laporkan dari phinemo.com:

1. Mencari rekan sepemikiran

Tips memulai usaha di bidang pariwisata yang pertama adalah memiliki rekan kerja yang memiliki visi dan misi yang sama. Anda tidak bisa bekerja sendiri, sehingga membutuhkan rekan kerja yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mengembangkannya.

2. Berkolaborasi

Kolaborasi diperlukan ditengah teknologi yang semakin berkembang, banyak juga pemain komersial yang beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sebaliknya, jika Anda terlalu bersaing dengan kecanggihan teknologi, maka tidak akan menguntungkan bisnis Anda.

3. Tempatkan nilai tinggi pada layanan

Salah satu hal yang dapat membantu meningkatkan bisnis yang berkembang adalah ulasan konsumen. Untuk mendapatkan peringkat tinggi, Anda perlu memprioritaskan layanan yang diberikan. Jangan sampai konsumen menyesali produk atau layanan yang diberikan.

Berbagai peluang usaha di bidang pariwisata

Berbicara tentang kegiatan wisata memang tidak pernah berhenti karena rekreasi memang diperlukan untuk melepas penat. Karena peluang usaha di bidang pariwisata ini cukup menjanjikan. Berikut 10 rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Perusahaan Hosting

Membuka kegiatan penginapan di sekitar lokasi wisata tidaklah mengherankan karena banyak wisatawan yang datang dari luar. Turis juga tidak berkunjung dalam 1 hari. Tempat penginapan yang digunakan sebagai tempat usaha dapat berupa motel, losmen, atau wisma.

2. Penyewaan kendaraan

Peluang usaha di bidang pariwisata selanjutnya adalah sewa kendaraan. Usaha di kawasan ini cukup menguntungkan dan dibutuhkan bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Penyewaan kendaraan bisa berupa sepeda motor, sepeda atau mobil.

3. Jasa pemandu wisata

Pemandu wisata adalah orang yang akan menemani wisatawan berkeliling tempat wisata. Selain itu, pemandu wisata akan memberikan banyak informasi kepada wisatawan mengenai tempat wisata tersebut. Anda bisa memandu wisatawan tanpa mengeluarkan modal.

4. Perdagangan cinderamata

Oleh-oleh merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari pariwisata. Wisatawan tentunya membawa oleh-oleh untuk orang tersayang. Hal ini membuat kenangan menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa membuka toko oleh-oleh yang berhubungan dengan tempat wisata.

5. Layanan Fotografi

Jika Anda memiliki kamera, Anda bisa mencoba membuka jasa fotografi di tempat wisata. Anda bisa mengambil foto wisatawan dan kemudian memberikan hasil fotonya. Selain itu, foto dianggap penting karena dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat.

6. Layanan Terjemahan

Kemahiran berbahasa asing dan bahasa daerah menjadi nilai tambah untuk menjadi seorang penerjemah. Anda dapat memandu wisatawan asing untuk menemukan berbagai tempat wisata di Indonesia. Peluang usaha ini tidak membutuhkan modal karena hanya berdasarkan kapasitas.

7. Penyewaan Peralatan

Bagi Anda yang tinggal di sekitar tempat wisata seperti pantai, gunung, kolam renang dan sejenisnya, Anda bisa mencoba bisnis persewaan perlengkapan. Ini termasuk kacamata renang, ban, pelampung dan banyak lagi. Mereka yang tinggal di daerah pegunungan juga bisa menyewa berbagai perlengkapan gunung.

8. Pemulihan

Bisnis katering bisa menjadi peluang bisnis potensial di industri pariwisata. Apalagi sekarang ada dorongan untuk mengintegrasikan lokalitas, merek, dan organisasi besar serta memberikan banyak manfaat bagi bisnis lokal.

9. Blog tentang topik perjalanan

Cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari sektor pariwisata adalah membuat blog tentang topik pariwisata. Tema pariwisata memang menarik untuk diperhatikan dan banyak orang yang mencari informasi detail tentang tempat wisata tertentu.

10. Penyelenggara acara

Pendapatan dari sektor pariwisata juga dapat diperoleh dari event organizer, terutama dengan menyelenggarakan private event yang bertujuan untuk mengintegrasikan warga lokal dengan wisatawan. Pendekatan ini dapat membawa manfaat sosial dan finansial.

10 peluang bisnis di bidang pariwisata ini bisa Anda pertimbangkan sebagai tambahan ide bisnis. Mulai dari membuka jasa bebas modal seperti jasa fotografi, penerjemah, tour guide dijual di sekitar tempat wisata.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button