Tempat Wisata

10 Pulau Indah Jawa Tengah yang Wajib Kamu Jelajahi

Cek Daftar Wisata Pulau Indah di Jawa Tengah. Destinasi wisata laut terindah dan eksotis yang ingin Anda jelajahi untuk liburan seru dan menyenangkan.

Liburan di Jawa Tengah identik dengan situs-situs purbakala peninggalan masa lalu, baik kerajaan maupun kolonial. Tak heran wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun, sangat sedikit orang yang tahu tentang wisata bahari di provinsi yang beribukota Semarang ini. Pasalnya, terdapat beberapa pulau dengan panorama yang sangat eksotis. Berikut beberapa pulau terindah di Jawa Tengah yang menarik untuk liburan tak terlupakan.

1. Karimunjawa Besar

Daya Tarik Kepulauan KarimunjawaSumber Gambar: Google Maps Naelki Lynx

Destinasi wisata yang satu ini sepertinya sudah terkenal hingga mancanegara juga. Tak heran jika jumlah pengunjung terus meningkat, terutama bagi mereka yang menginginkan liburan di provinsi dengan ibukotanya Semarang ini terasa berbeda. Anda bisa mengikuti tour yang memiliki daya tarik utama taman laut ini untuk mencoba snorkeling dan diving. Anda bisa melihat secara langsung keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang di perairan Jepara.

Tak heran jika wisatawan datang untuk mencoba pengalaman yang berbeda dari wisata laut di Jawa. Selain itu, tempat ini juga menawarkan tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Ada dua bukit dengan ketinggian berbeda yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati pemandangan dari atas. Ada juga spot foto menarik yaitu tulisan CINTA, kerangka ikan besar dan tasbis raksasa.

Biaya tur: Dari Rp 125.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Cab. Jepara, Jawa Tengah.

2. Pulau Menjangan Besar

Wisata di Pulau Menjangan BesarKredit foto: Google Maps D Mahendra

Pulau Menjangan Besar merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa Besar yang cukup terkenal. Tempat wisata ini sangat dekat dengan pelabuhan karena hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Kendaraan yang bisa digunakan yaitu perahu wisata atau perahu nelayan tersedia di sepanjang dermaga. Penyewaan perahu juga dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pulau dengan icon unik yaitu suaka hiu. Wisatawan mancanegara pun siap menempuh perjalanan jauh untuk melihat langsung tempat penangkaran predator laut tersebut. Wisatawan tidak hanya bisa melihat, tapi juga bisa berfoto dan berenang bersama ikan besar ini. Tentunya ini akan menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dan menjadi ajang untuk menantang adrenalin Anda.

Biaya tur: Dari Rp 250.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kabupaten Karimunjawa, Jepara Cab, Jawa Tengah.

3. Pulau Menjangan Kecil

Atraksi di pulau Menjangan KecilKredit Foto: Google Maps Shafigh Pahlevi Lontoh

Yang tak kalah menarik adalah Pulau Menjangan Kecil yang juga tergolong destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Jarak yang perlu ditempuh dari pulau utama di Karimun Jawa sekitar 30 menit. Pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan fasilitas dan aktivitas menarik bagi pengunjung. Wisatawan bisa berenang atau menyelam di tempat yang cukup terkenal di kalangan pecinta wisata laut ini.

Daya tarik utamanya yaitu keindahan terumbu karang yang beraneka ragam tentu tidak bisa dipungkiri oleh para penyelam. Anda bisa melihat langsung populasi terumbu karang di Indonesia sekaligus penangkaran hiu di Menjangan Besar. Destinasi ini tentunya merupakan paket lengkap yang akan membuat Anda lebih hemat dengan budget pengeluaran Anda. Liburan cerdas ini bisa digunakan untuk dua aktivitas sekaligus.

Biaya tur: Dari Rp 30.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

4. Pulau Geleang

Daya tarik Pulau GeleangSumber gambar: Google Maps Victor Freij

Jika sebelumnya pulau-pulau tersebut menawarkan aktivitas pantai yang sangat menantang, kali ini Anda disuguhi wisata yang tidak biasa. Destinasi yang satu ini menampilkan keindahan taman laut serta biota dan hasil laut yang luar biasa. Anda bisa mencicipi makan siang dengan menu ikan bakar khas masyarakat setempat di tempat ini. Metode pemrosesan yang berbeda membuat rasanya semakin kuat, yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Proses pembakaran ikan di pantai ini mengandalkan serabut kelapa, dahan basah dan pasir. Tujuan penggunaan ranting basah adalah agar kayu tidak gosong, sehingga cita rasa ikan akan sangat berbeda. Anda akan merasakan cita rasa yang belum pernah ada sebelumnya dalam proses memasak ini. Perpaduan jernihnya air laut, suasana saat siang hari yang terik, olahan ikan yang unik dan lembutnya pasir putih menjadi momen spesial yang tak terlupakan.

Biaya tur: Dari Rp45.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Cab. Jepara, Jawa Tengah.

5. Pulau kecil

Wisata pulau kecilSumber gambar: Google Maps Aqil Albay

Bukan rahasia lagi kalau beberapa pulau di Karimun Jawa tidak berpenghuni. Little Island adalah salah satu dari rangkaian pulau tak berpenghuni. Daya tarik utama pulau ini adalah keindahan alam bawah lautnya yang menjadikannya tempat yang indah untuk snorkeling. Anda bisa langsung melihat warna-warni terumbu karang dan ikan badut yang berenang di balik terumbu karang mati.

Perpaduan kelezatan Pulau Cilik yang lengkap membuat wisatawan tak sabar untuk snorkeling di salah satu spot terbaik ini. Tidak hanya ikan badut, Anda juga bisa melihat ikan layar dan kepe kepe yang akan mendekat jika Anda membuang remah roti ke laut. Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat anemon laut yang bergerak mengikuti arus, yang merupakan pemandangan langka.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kemujan, Kec. Karimunjawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

6. Pulau Cemara Kecil

Objek wisata Pulau Cemara KecilKredit foto: Google Maps Patrick S

Bagi pecinta wisata bahari wajib mengunjungi pulau Cemara Kecil. Pasalnya, pulau indah ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Karimunjawa Besar. Anda bisa menggunakan kapal kayu yang tersedia di pelabuhan untuk menuju pulau tersebut. Perjalanan panjang ini akan terbayar ketika melihat air laut yang jernih, pasir putih dan langit yang cerah. Ketiga campuran ini langsung membuat Anda ingin mencoba segarnya air laut.

Seperti beberapa pulau di Karimun Jawa, Anda bisa snorkeling atau menyelam di tempat ini. Ada banyak biota laut yang bisa dieksplorasi lebih dalam, seperti terumbu karang yang berbeda dan spesies ikan yang berbeda. Salah satu bagian terbaik dan paling diminati para wisatawan adalah pasir putihnya yang sangat lembut sehingga semua orang bisa betah berada di destinasi wisata ini. Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantai atau duduk berteduh di bawah pohon sambil menikmati lembutnya pasir.

Biaya tur: Dari Rp 300.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Karimun Jawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

7. Pulau Gosong Seloka

Wisata di Pulau Gosong SelokaKredit foto: Facebook Eddy Setyawan

Luas pulau ini sekitar 10 hektar, sehingga Anda bisa mengunjunginya cukup luas dengan pantai berpasir yang sangat lembut. Lokasi destinasi wisata ini sangat dekat dengan pulau karimun jawa sehingga jarak tempuhnya tidak memakan waktu lama. Daya tarik unik dari salah satu pulau tak berpenghuni ini adalah tidak terlihat saat air pasang dan akan terlihat saat air surut. Dengan begitu Anda tidak dapat mengunjunginya sepanjang waktu.

Spot yang satu ini sering menjadi pilihan untuk island hopping saat berlibur di Karimun Jawa. Namun, pulau lompat juga perlu memperhatikan kondisi air laut. Saat air naik, pengunjung tidak bisa melihat keberadaan pulau ini karena tertutup air laut. Keberadaannya yang tidak selalu terlihat membuat pengunjung takjub saat melihatnya. Hal ini dikonfirmasi oleh sebagian besar wisatawan yang pernah mengunjunginya.

Biaya tur: Dari Rp 900.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Karimunjawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

8. Pulau Menyawakan

Wisata di Pulau MenyawakanKredit foto: Google Maps Kelurahan Agung

Pulau Menyawakan menawarkan pemandangan yang luar biasa dan tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Karimun Jawa. Perjalanan dengan perahu wisata memakan waktu sekitar 30 menit. Selama perjalanan, wisatawan disuguhi deretan pohon bakau yang berfungsi mencegah abrasi. Di tempat ini kamu bisa berfoto dengan pohon bakau sebagai background yang sangat menarik.

Daya tarik utamanya adalah wisatawan bisa snorkeling, menyelam lebih dalam atau bahkan memancing dengan menggunakan alat sederhana. Anda juga bisa memancing dengan speedboat ke tengah laut. Terakhir, ada juga resort bagi wisatawan yang ingin menginap, terutama wisatawan yang datang dari luar kota. Kura-Kura Resort adalah salah satu pilihan terbaik dengan harga terjangkau dan lokasi yang nyaman.

Biaya tur: Dari Rp 450.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Karimun Jawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

9. Pulau Tengah

Wisata Pulau TengahKredit foto: Google Maps D. Gunawan

Karimun Jawa memiliki beberapa pulau yang wajib dikunjungi, di antaranya Pulau Tengah yang berjarak sekitar 15 menit berkendara dari Pulau Kecil. Anda hanya perlu menggunakan perahu untuk sampai ke salah satu tempat menyelam terbaik ini. Daya tarik utama yang membuat wisatawan betah saat menyelam adalah karang keras, anemon laut dan berbagai jenis ikan lucu. Tempat wisata yang cukup luas ini akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan tak terlupakan.

Biaya tur: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Karimun Jawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

10. Pulau Cemara Besar

Wisata di pulau Cemara BesarKredit foto: Google Maps Muhammad Lutfi

Bukan rahasia lagi, nama Cemara Besar berasal dari deretan pohon pinus di sepanjang pantai. Tak hanya pohon pinus, daya tarik utama pulau ini adalah banyaknya perairan dangkal di tepi pantai. Jadi kamu bisa melihat ikan-ikan lucu berenang sangat dekat dengan permukaan air. Para wisatawan yang ingin melihat berbagai jenis terumbu karang juga bisa menyelam dengan peralatan yang tersedia.

Biaya tur: Dari Rp 300.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Karimun Jawa, Cab.Jepara, Jawa Tengah.

Itulah beberapa pulau cantik di Jawa Tengah yang bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya. Liburan di provinsi ini bisa terasa terlalu monoton jika hanya menikmati situs purbakala. Anda bisa mengisi liburan dengan berbagai destinasi, salah satunya adalah mengunjungi Karimun Jawa. Destinasi Kabupaten Jepara ini memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang cocok untuk snorkeling. Tidak ada alasan untuk meragukan kekayaan biota laut seperti yang terkenal di luar negeri.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button