Tempat Wisata

10 rekomendasi tempat perkemahan keluarga di bandung

10 rekomendasi tempat perkemahan keluarga di bandung

Ada banyak tempat perkemahan keluarga di Bandung. Mulai dari menggunakan tenda biasa hingga menggunakan tenda unik dengan fasilitas berbeda-beda atau yang lebih sering disebut glamping (glamorous camping). Udara Bandung yang sejuk dan sebagian besar wilayahnya bergunung-gunung sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Tempat camping di Bandung yang paling populer tentunya adalah kawasan Lembang dan Ciwidey.

Mirip dengan bumi perkemahan di Bogor, di Bandung Anda tidak perlu jauh-jauh masuk ke dalam hutan atau mendaki gunung. Karena ada banyak tempat perkemahan di Bandung yang bisa Anda pilih. Bawa saja tenda dan berkemah di sana. Beberapa tempat bahkan menyediakan tenda dengan berbagai perlengkapan berkemah. Jika Anda ingin berkemah bersama keluarga, tempat-tempat berikut ini sangat direkomendasikan.

Perkemahan keluarga di Bandung

1. Pondok Maribaya

Bumi Perkemahan Keluarga di Bandung, Lodge MaribayaBumi Perkemahan Keluarga di Bandung, Lodge Maribaya

Tempat ini menjadi tempat wisata paling populer di Bandung dalam beberapa tahun terakhir. Selain berbagai wahana dan selfie corner, Maribaya Lodge juga dilengkapi dengan glamping. Ada puluhan tenda yang didesain unik menyerupai bawang. Harga semalam di Maribaya Lodge adalah Rp 1 juta. (Baca selengkapnya mengenai harga camping di Lodge Maribaya)

2. Desa Bambu

Tempat perkemahan keluarga terdekat di Bandung adalah Dusun Bamboo Family Leisure Park. Belum banyak yang mengetahui kalau ada tempat perkemahan di kampung bambu ini. Selama ini Kampung Bambu hanya dikenal dengan restorannya saja. Namun, untuk berkemah di desa bambu ini Anda hanya perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena harga sewanya saja adalah Rp 1,5 juta/malam. Namun fasilitas yang tersedia sangat lengkap bahkan menyerupai hotel bintang 5.

3. Ranca Upas

Perkemahan Ranca Upas BandungPerkemahan Ranca Upas Bandung

Ranca Upas mungkin merupakan tempat perkemahan di Bandung yang paling terkenal dibandingkan tempat lainnya. Tempat perkemahan di Ciwidey menjadi pilihan para wisatawan atau organisasi yang ingin menyelenggarakan pemusatan latihan. Fasilitas yang ada di Ranca Upas cukup lengkap mulai dari outbond, kolam renang, persewaan tenda, toilet bahkan kayu bakar. Dengan udara yang sejuk, sejuk, dan suasana hutan yang rindang, Anda dan keluarga pasti akan betah berkemah di Ranca Upas. Untuk perkemahan mandiri, wisatawan dikenakan biaya Rp 40.000/orang.

4. Lembah Ciwidey

Sahara Glamping Ciwidey Valley Resort BandungSahara Glamping Ciwidey Valley Resort Bandung

Masih di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Jika Anda sedang mencari tempat camping dengan suasana berbeda, coba saja Lembah Ciwidey. Pasalnya, tenda di sini berbentuk kerucut seperti kamp suku Indian. Fasilitas di dalamnya juga sangat lengkap, antara lain televisi, kasur, dan kamar mandi pribadi. Glamping di Ciwidey tentunya menjadi salah satu tempat camping keluarga yang direkomendasikan di Bandung. Si kecil juga bisa tidur di tenda yang sangat nyaman.

5. Perkemahan Hutan Pinus

Hutan Pinus Lembang, tempat perkemahan keluarga di BandungHutan Pinus Lembang, tempat perkemahan keluarga di Bandung

Perkemahan Hutan Pinus memiliki lahan yang sangat luas dan masih asri. Sangat cocok untuk camping bersama keluarga besar. Karena luasnya tempat perkemahan ini juga sering digunakan untuk acara berkumpul. Namun, Anda harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri jika ingin berkemah di Pine Forest Camp. Lokasi hutan pinus ini berada di Suntenjaya, Lembang, Bandung Barat.

6. Grafik Cikole

Perkemahan Grafika CikolePerkemahan Grafika Cikole

Grafa Cikole tidak hanya dikenal dengan cottage unik seperti rumah hobbit, tetapi juga memiliki tempat perkemahan. Tidak perlu mendaki melalui medan yang sulit, lokasi dekat jalan raya sangat cocok untuk camping keluarga. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu km 8. Jadi biaya camping di Grafa Cikole adalah Rp 450.000/malam (sudah termasuk tenda berkapasitas 4 orang). (lengkap: harga akomodasi grafis di Cikole)

7. Perkemahan Ciwangun Indah

Perkemahan indah CiwangunPerkemahan indah Ciwangun

Kamp Ciwangun Indah atau sering disingkat CIC terletak di Jalan Kolonel Masuri, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung Barat. Lokasinya dekat dengan kampung bambu dan objek wisata Air Terjun Tilu Leuwi Opat. Selain menyediakan tempat perkemahan, CIC juga menawarkan kegiatan outbound lengkap seperti team building, flying fox, painball, dll.

8. Taman Perkemahan Sari Ater

Tempat camping keluarga di Bandung yang terdekat adalah Sari Ater Camping Park. Sari Ater menawarkan tempat perkemahan yang dilengkapi dengan tenda. Anda tidak perlu membawa tenda dan mendirikannya sendiri. Fasilitasnya juga lengkap, antara lain istirahat malam, sarapan pagi, tempat parkir, toilet umum, dan akses gratis ke kolam renang Sari Ater. Siapkan saja budget Rp 800.000 (kapasitas 4 orang) untuk bermalam di Sari Ater Camping Park.

9. Bukit Moko

Camping di Bukit Moko, BandungCamping di Bukit Moko, Bandung

Jika Anda ingin berkemah “dengan benar” Anda perlu membawa tenda sendiri dan semua perlengkapan Anda dan Anda juga bisa berkendara ke Bukit Moko. Kelebihan Bukit Moko dibandingkan tempat camping lain di Bandung adalah kita bisa menikmati gemerlap lampu kota di malam hari.

10. Glamping di tepi danau

Glamping di tepi danau BandungGlamping di tepi danau Bandung

Dari namanya perkemahan keluarga di Bandung ini termasuk jenis perkemahan mewah. Glamping Lakeside tidak hanya terkenal dengan restoran Phinisinya, tetapi juga memiliki 19 tenda glamping yang berjejer di tepi danau. Jenis tenda yang ada di sana ada dua, yaitu tenda laut berkapasitas 4 orang dan tenda keluarga berkapasitas 8 orang. Namun harga sewa tenda glamping di danau ini cukup mahal. Harga per malamnya Rp 2 juta. Tertarik? Lebih lanjut: Harga glamping di danau

Itulah beberapa tempat camping keren di bandung untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Menginap di perkemahan lebih terjangkau, sementara glamping menawarkan pengalaman yang lebih bebas stres. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan anggaran masing-masing.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button