Tempat Wisata

10 Tempat Wisata Malam Kuliner Enak dan Terjangkau di Solo

10 Tempat Wisata Malam Kuliner Enak dan Terjangkau di Solo

Rekomendasi kuliner untuk malam hari di Solo – Mengikuti wisata kuliner di malam hari akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan di pagi atau sore hari. Suasana malam hari menciptakan suasana yang memungkinkan Anda menikmati kuliner dengan cara yang istimewa.

Menikmati kendaraan atau orang yang lalu lalang bisa menghadirkan perasaan gembira yang tak terlukiskan. Selain itu, kuliner malam Solo sebagian besar berlangsung di pinggir jalan, sehingga Anda juga bisa menikmati indahnya kesibukan jalan raya.

Tidak pernah sepi sendirian di malam hari. Banyak orang dan wisatawan yang menghabiskan waktunya menikmati suasana malam yang ramai. Selanjutnya rasa lapar Anda akan terpuaskan di tengah malam dengan menikmati kuliner yang menggiurkan. Untuk itu berikut beberapa rekomendasi kuliner malam di Solo yang bisa menggugah selera.

1. Galabo

GalaboFoto oleh Ruid Hiu di Google Maps

Galabo adalah nama makanan yang berasal dari Gladag Langen Bogan dan menyediakan berbagai kuliner lezat di malam hari. Mulai dari masakan berkuah, hingga masakan kering seperti soto, rawon, sate buntel, lalapan, semuanya bisa dipilih sesuai selera.

Selain menu makanannya, ada juga menu minuman khas Solo yang rasanya sangat nikmat. Minuman tersebut antara lain Timlo, Angsle, Cemoe dan masih banyak lagi. Anda bisa menikmati minuman hangat di tengah dinginnya cuaca malam di Solo.

Harga tiket: Rp3.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kecamatan Kedung Lumbu. Ps.Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Markobar

MarkobarFoto oleh Rudyanto A. Wibisono di Google Maps

Jika Anda pecinta makanan manis, makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Markobar merupakan martabak manis yang kaya akan cita rasa unik. Banyak wisatawan yang menyukai kuliner ini karena bisa memilih berbagai rasa. Selain itu, harganya juga pas di dompet.

Mulai dari coklat, vanilla hingga aneka rasa buah-buahan, Anda bisa memilih apa saja sesuai selera. Tempat makannya juga sangat strategis dan nyaman untuk menginap. Biasanya banyak anak muda yang menghabiskan malamnya dengan ngobrol bersama teman-temannya.

Harga tiket: Rp75.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Mawar No. 1, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Sate Kere Tugiyem

Sate Kere Tugiyemfoto dari #masakan indonesia di Twitter

Siapa yang tidak suka dengan kuliner sate yang lezat? Sepertinya hampir semua orang menyukai suguhan kuliner yang satu ini. Jika berkunjung ke Solo, pastikan untuk mampir ke warung sate legendaris yang satu ini, karena cita rasa yang disajikan di sana pasti akan membuat Anda ketagihan.

Stand ini sudah berdiri puluhan tahun dan rasanya tidak pernah berubah. Anda bisa menikmati sate ayam, daging, jeroan, dan usus dengan sambal yang sangat nikmat.

Harga tiket: Rp 4.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. MT Haryono No. 47, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

4. Jalan Solo

Jalan SoloFoto oleh Selat Solo di Google Maps

Jika Anda menyukai kuliner western, kuliner ini wajib Anda coba di malam solo. Selat Solo merupakan salah satu jenis masakan yang berisi daging, kentang, telur rebus yang dipotong dua dan beberapa lalapan.

Yang istimewa dari kuliner ini sebenarnya terletak pada rasa kuahnya. Rasa kuahnya mungkin terasa asing di lidah, karena kuliner yang satu ini memiliki cita rasa masakan Eropa. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana malam solo di balik jendela restoran yang menghadap langsung ke taman.

Harga tiket: Rp15.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Bone Utama, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Notosuman Serabi

Notosuman SerabiFoto oleh Rosa S di Google Maps

Jika berwisata solo tanpa menikmati kuliner malam hari, kurang lengkap rasanya. Serabi Notosuman merupakan kuliner favorit di kalangan wisatawan. Pasalnya, rasanya tidak hanya khas, tapi juga gurih dan manis. Dengan menuangkan santan secukupnya, rasa yang disajikan akan semakin membuat lidah bergetar.

Proses memasaknya juga unik karena menggunakan cetakan khusus dan dimasak di atas kompor. Kuliner ini bisa Anda nikmati sambil berbaring sambil menikmati indahnya suasana malam kota Solo.

Harga tiket: Rp 23.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Moh. Yamin No. 28, Jayengan, Kec. Serengan, kota Surakarta, Jawa Tengah.

6. Angkringan

AngkringanFoto oleh M Fikrii di Google Maps

Apakah Anda menyukai konsep makan Lesehan? Jika ya, maka Angkringan adalah pilihan yang tepat. Anda akan disuguhi banyak pilihan menu yang menggiurkan dan tentunya harganya juga sangat terjangkau.

Untuk makanan berat anda bisa menikmati nasi kucing dan sebagai lauknya anda bisa memilih berbagai lauk pauk. Untuk lauknya ada siomay telur puyuh, siomay ayam serta berbagai jenis ikan dan gorengan yang sangat banyak. Tempat ini juga sangat cocok untuk nongkrong karena tempatnya yang sangat nyaman.

Harga tiket: Rp3.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Adi Sumarmo No. 84, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar malam NgarsopuroFoto Pasar Malam Ngarsopuro di Google Maps

Ingin menikmati beragam kuliner sekaligus di satu tempat? Pasar Malam Ngarsopuro adalah jawabannya. Di pasar malam ini, Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas Solo dan jajanan umum lainnya. Selain itu, Anda juga banyak bertemu dengan wisatawan dari luar daerah.

Ruangannya sangat terbuka, hanya ada payung besar di atasnya. Agar tidak kedinginan, sebaiknya bawa jaket. Namun sensasi makan di pinggir jalan sambil menikmati lalu lalang orang akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Diponegoro, Keprabon, Kab. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

8. Omah Ndeso Pecel

Pecel Omah NdesoFoto oleh A Arief di Google Maps

Jika di kota lain pecel hanya dihidangkan pada pagi hari, di Solo pecel menjadi santapan favorit pada malam hari. Pecel Omah Ndeso merupakan salah satu warung makan pecel yang paling populer di kalangan wisatawan. Sayuran yang lebih dikenal dengan kulupan ini semuanya segar dan pilihannya sangat beragam.

Anda juga bisa memilih lauk pauknya sesuai selera. Dari gorengan hingga sesendok, Anda bisa mengambil apa saja sesuai keinginan. Kemasan daun pisang yang digunakan membuat cita rasa pecel semakin nikmat, apalagi warung ini buka pada tengah malam, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba merasa lapar.

Harga tiket: Rp13.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L.Prof.DR.Supomo No.55, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

9. Makanan laut Pak Petruk

Seafood Pak PetrukFoto oleh Estu Dimas Danang di Google Maps

Kalau tengah malam merasa lapar dan tidak ada makanan apa pun di rumah, sebaiknya langsung saja ke warung seafood Pak Petruk. Disana anda bisa menikmati berbagai masakan ikan laut seperti cumi, kepiting, udang dan berbagai olahan ikan laut lainnya dengan bumbu yang asli dan nikmat.

Ada juga pasta dengan seafood. Bagi Anda yang menyukai kuliner mie, memilih menu ini sangat direkomendasikan. Untuk tempat duduknya, Anda bisa memilih duduk di lantai atau di kursi yang telah disediakan. Namun nyatanya, lebih baik memilih lesehan agar Anda bisa langsung menikmati indahnya malam solo.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Gajahmada No. 48, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

10. Gudeg Ceker Margoyudan

Gudeg Ceker MargoyudanFoto oleh Adi Prasetyo di Google Maps

Kuliner malam yang sangat direkomendasikan selanjutnya adalah Gudeg Ceker Mergoyudan. Kuliner yang satu ini sangat terkenal di kalangan warga Solo dan sebagian wisatawan. Itu karena rasa gudeg cekernya memang nikmat, Anda tidak akan bisa mencicipinya di tempat lain.

Ceker yang tersedia merupakan ceker lembut yang telah dimasak dengan tekanan sehingga memudahkan Anda saat memakannya. Yang istimewanya adalah Anda bisa memilih saus berbeda dengan rasa berbeda. Mulai dari kuah kari, bumbu khas Bali, hingga bumbu Rica-Rica, semuanya bisa dinikmati sesuai selera.

Harga tiket: Rp 18.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Wolter Monginsidi No. 41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan malam di Solo yang bisa memuaskan rasa lapar Anda. Semua kuliner malam ini sayang untuk dilewatkan. Jadi jika Anda ingin berwisata kuliner, jangan lupa untuk memilih beberapa tempat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button