Berita Wisata

10 tempat wisata nightlife di Solo yang sayang untuk dilewatkan

Wisata Malam Pasar Solo / Gede Solo, Foto: otopeacenesia.com

PARBOABOA, Solo – Solo merupakan tujuan wisata favorit bagi masyarakat di Jawa Tengah, serta daerah lainnya. Selain dikenal dengan wisata budayanya, Solo juga dikenal sebagai tempat wisata dengan budget yang terjangkau. Selain wisata budaya, solo night tour juga menarik untuk dicoba.

Sebenarnya banyak jenis solo tour kekinian yang bisa anda coba, misalnya solo night tour yang sangat menarik untuk dicoba.

Wisata malam ini meliputi wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah dan lainnya. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba? Berikut rekomendasinya.

1. Taman Sriwedari

Solo night tour pertama adalah Taman Sriwedari. Selain digunakan sebagai tempat hiburan rutin Selikuran Night. Taman Sriwedari juga telah dijadikan sebagai pusat hiburan, seni dan budaya bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Hal ini disebabkan gedung Sriwedari Wayang Orang (GWO) yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang.

Di dinding atas, kanan dan kiri bangunan, terdapat lukisan berukuran besar yang menceritakan kisah epos Mahabharata berjudul “Kresno Duto”.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat atau lebih dikenal dengan Keraton Solo merupakan wisata malam solo bertema budaya.

Keraton ini didirikan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat hiruk pikuk pecinan pada tahun 1743.

Keraton ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari stasiun Solo Balapan. Dengan kata lain, solo night tour ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk memulai solo night tour.

3. Benteng Vastenburg

Kalau di Jogja ada Benteng Vredenburg, di Solo ada Benteng Vastenburg yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun tahun 1774 dan selesai tahun 1779 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Luas Benteng Vastenburg adalah 40.000 m2.

Pada zaman dahulu bangunan ini merupakan tempat pertahanan pasukan Belanda. Namun kini telah diubah menjadi bangunan bersejarah dan tempat pertunjukan kesenian yang biasanya berlangsung pada malam hari.

Saat liburan Idul Fitri, Benteng Vastenburg adalah tempat yang tepat untuk pertunjukan seni wayang orang atau balet.

4. Alun-alun Selatan Surakarta

Di setiap kota, Alun-alun selalu ramai dikunjungi. Tak terkecuali Alun-alun Surakarta.

Tempat yang merupakan pelataran atau halaman belakang Keraton Kasunanan Hadiningrat ini merupakan wisata malam solo yang asyik dan bersahabat bagi pengunjung dari berbagai kalangan dan usia.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada malam hari. Karena tidak panas dan kawasan Alun-Alun lebih ramai dibandingkan siang hari.

Beragam kuliner dan jajanan pasar tersedia di sini. Anda bisa berkeliling Alun-Alun Kidul menggunakan becak modifikasi dengan biaya Rp 10.000 hingga Rp 15.000/orang untuk sekali naik. Kesenangan dijamin!

5. Pasar Malam Ngarsopuro

Seperti di kota besar lainnya, di Solo sering diadakan hari tanpa kendaraan bermotor dan malam bebas mobil. Namun, ada sesuatu yang unik tentang malam bebas mobil kota tunggal.

Karena disini mereka menjual berbagai pakaian, makanan dan oleh-oleh khas Solo dengan harga yang terjangkau. Terletak di kecamatan Ngarsopuro, tempat ini dijuluki pasar malam Ngarsopuro.

Bagi anda yang berasal dari luar kota Solo wajib berkunjung ke sini. Karena selain bisa untuk berbelanja, disini juga menyajikan pertunjukan seni yang berlangsung pada waktu-waktu tertentu.

Pasar Malam Ngarsopuro buka dari Jalan Diponegoro – gerbang menuju Pura Mangkunegaran. Karena itu Anda dapat memarkir kendaraan Anda beberapa meter sebelum lokasi pasar malam.

6. Galabo Solo

Galabo Solo merupakan wisata solo malam yang selalu ramai saat liburan. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi aneka kuliner malam Solo yang nikmat.

Untuk mencicipi kuliner lezat tempat ini, Anda bisa langsung menuju Galabo Solo atau Gladak Langen Bogan yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo seberang Pusat Grosir Solo.

Sepanjang jalan, Anda akan menemukan berbagai menu masakan khas Solo yang bisa Anda cicipi sambil menikmati suasana kehidupan malam kota Solo.

Di akhir pekan biasanya ada pertunjukan live music yang membuat suasana semakin romantis dan meriah.

7. Pasar besar

Pasar Gede dikenal sebagai pasar terbesar dan terbersih, Anda bisa berbelanja di sana dan berfoto.

Pasar ini berbentuk benteng, di mana Anda bisa membeli oleh-oleh dan jajanan khas kota Solo.

Bagi Anda yang berada di Solo, ada baiknya mengunjungi Pasar Gede. Ada banyak jajanan enak khas Solo yang bisa dinikmati.

8. Gedung Djoeang ’45 Solo

Bangunan peninggalan Belanda ini telah disulap menjadi wahana wisata dan juga menjadi tempat yang menarik untuk berfoto bersama keluarga dan pasangan.

Baru beberapa bulan dibuka untuk umum, gedung Djoeang ’45 akan memukau setiap orang yang mengunjunginya.

Pasalnya, lampu sorot yang berbeda serta penataan kursi dan taman akan membuat foto Anda terlihat semakin keren.

Lokasi Gedung Djoeang ’45 Solo terletak di Jl Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo. Untuk masalah tiket masuk, tenang saja. Pasalnya, pengelola selalu melepas pengunjung.

9. Tugu Lilin Kota Solo

Berfoto dan mengabadikan momen di tugu yang menjadi ikon kota Solo ini akan membuat kedatangan Anda semakin berkesan. Tugu Lilin sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 1933 dan masih bertahan sampai sekarang.

Uniknya, tugu yang dibangun tepat untuk peringatan 25 tahun Hari Kebangkitan Nasional ini juga dikenal dengan nama Tugu Kebangkitan Nasional.

Tugu yang berbentuk seperti lilin mengandung filosofi tertentu, seperti nyala lilin yang melambangkan perjuangan tanpa henti. Tertarik untuk datang ke Tugu Lilin?

10. Titik Nol Solo

Sekilas, nama titik nol di Solo hampir sama dengan titik nol kilometer di Yogyakarta. Namun, ground zero Solo ada di ujung Jalan Slamet Riyadi.

Di sekitar ground zero terdapat bangunan tua yang merupakan peninggalan kolonial. Semakin larut malam, suasana semakin ramai, sehingga Anda bisa datang ke tempat ini untuk mengambil foto terbaik.

Jika Anda sudah lama berada di Solo, tidak ada salahnya menjelajahi tempat-tempat di sekitar Titik Nol Solo sambil menikmati berbagai kuliner khas di sekitarnya.

Nah itulah tempat-tempat hiburan malam di Solo yang wajib kamu singgahi jika sedang berada di kota ini. Bisa bermanfaat!

Tags: #solo travel #solo #travel #lokasi wisata #solo night travel

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button