Berita Wisata

10 Wisata Bedugul Bali, Banyak Spot Foto Instagramable

KOMPAS.com – Bali tidak hanya menawarkan objek wisata pantai, tetapi juga pegunungan dan danau, salah satunya di kawasan Bedugul.

Kawasan Bedugul berada di Bali bagian tengah, tepatnya di Kabupaten Tabanan. Berada di ketinggian kurang lebih 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl), kawasan ini memiliki udara yang lebih sejuk.

Baca juga :

Satu dari ikon wisata di kawasan Bedugul adalah Danau Beratan. Selain danau, Bedugul juga memiliki tempat wisata lainnya.

1. Danau Beratan Bedugul

Pemandangan Danau Beratan dari jalur pendakian Gunung CaturKompas.com/Sastri Pemandangan Danau Beratan dari jalur pendakian Gunung Catur

Danau Beratan Bedugul merupakan danau terbesar dan terbesar kedua di Pulau Bali, setelah Danau Batur. Berdasarkan informasi dari Tribunnewswikidanau ini memiliki luas 375,6 hektar dengan kedalaman 22 hingga 48 meter.

Telaga yang juga sering disebut dengan Telaga Bedugul ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan.

Baca juga: Pesona 3 Danau di Bali Terbentuk dari Letusan Gunung Lesung

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (11/9/2020), ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Danau Beratan. Ini termasuk naik kano atau perahu, melihat binatang, makan di restoran sambil menikmati pemandangan, berbelanja oleh-oleh, dan mengunjungi kuil.

Lokasinya juga cukup strategis karena berada di jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja. Dari Denpasar jaraknya 54 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit.

2. Pura Ulun Danu Beratan

Ilustrasi pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, Bali.UNSPLASH/Nick Fewings Ilustrasi Pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, Bali.

Pura Ulun Danu atau Pura Ulun Danu Penataran Agung adalah salah satu dari sembilan pura Khayangan Jagat yang mengelilingi pulau Bali.

Dikutip dari situs Ulun Danu Beratan, pura ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu, raja pertama Puri Mengwi pada tahun Saka 1556 atau 1634 Masehi.

Baca Juga: Ulun Danu Beratan dikunjungi 43.680 wisatawan sepanjang Oktober 2022

Candi ini terdiri dari lima kompleks, yaitu Penataran Agung, Prajapati, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan yang lainnya adalah stupa Buddha. Hingga saat ini Pura Ulun Danu Beratan masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu.

Selain itu, Pura Ulun Danu juga tercatat dalam pecahan Rp 50.000.

3. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bali.PERON. Kebun Raya Bali SHUTTERSTOCK.

Jika Anda ingin berwisata selain pantai, cobalah berkunjung ke Kebun Raya Bedugul. Lokasinya berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Kota Kompas.com, Kamis (22/5/2022), kebun raya seluas 157,5 hektar ini terletak 1.240 mdpl. Tempat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai tempat konservasi dan pendidikan.

Baca Juga: Panduan Wisata Kebun Raya Bedugul Bali, Tiket, Jam Buka dan Itinerary

Kebun Raya Bedugul diresmikan pada tahun 1959 sebagai Kebun Raya Eka Bali. Namun saat ini lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Bali.

Selain berwisata, pengunjung juga bisa lebih dekat dengan alam di Kebun Raya Bedugul. Tempat wisata ini memiliki beberapa kawasan antara lain Taman Usada, Taman Surya Nirwana, Taman Paku, Ramayana Boulevard, Rumah Kaca Begonia, Taman Rhododendron, Kebun Mawar dan Kebun Bambu.

4. Tur Memetik Stroberi

Berada di dataran tinggi, menjadikan wilayah Bedugul dan sekitarnya menjadi tempat yang cocok untuk menanam stroberi.

Wisatawan juga bisa menikmati pengalaman memetik buah strawberry langsung dari pohonnya.

Ada beberapa tempat di kawasan ini yang menawarkan aktivitas petik strawberry, antara lain Pretty Farm di Kabupaten Buleleng, Leon’s Strawberry di Kabupaten Buleleng, dan Bali Strawberry Farm & Resto di Kabupaten Tabanan.

Baca Juga: Ide Road Trip Bali 4 Hari Cocok untuk Self-Healing

5. Rumah Besar

Sebuah tempat wisata bernama Rumah Gemuk yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali (dok. Rumah Fat/Kredit: Instagram @kevinpcandra).peron. Rumah Gemuk/Kredit: Instagram @kevinpcandra Tempat wisata bernama Rumah Gemuk yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali (dok. Rumah Gemuk/Kredit: Instagram @kevinpcandra).

Rumah Gemuk adalah restoran dengan konsep taman dan dilengkapi dengan tempat yang instagramable. Tempat ini memiliki panorama Danau Beratan Bedugul, kota Kompas.comJumat (22/1/2021).

Salah satu daya tarik Fat House adalah rumah kaca yang berisi taman. Rumah kaca merupakan lokasi restoran agar wisatawan dapat bersantap dengan serasa berada di tengah taman.

Lokasinya di Jalan Drupadi No. 2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Rumah Gemuk Bali, Tempat Wisata Bernuansa Romantis di Tabanan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button