Berita Wisata

10 wisata gunung terindah, mungkin untuk liburan sekolah

sumedang express Berikut 10 pendakian gunung terindah yang bisa menjadi tujuan saat liburan sekolah. Keindahan alam Indonesia tidak hanya bisa didapatkan dari pantai. Pegunungan Indonesia juga memiliki pesona yang tak kalah memukau. Mulai dari keindahan matahari terbit, pesona tebing terjal, padang rumput yang hijau, hingga pemandangan indah dari puncak gunung.

Deretan pegunungan di Indonesia, berikut beberapa tempat wisata yang paling populer. Apa saja gunung dengan pemandangan indah di Indonesia?

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

travel.nationalgeographic.com

Gunung Bromo adalah salah satu pegunungan yang paling dicintai di Indonesia. Gunung yang sering dijadikan latar film ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berduyun-duyun ke sini untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

Anda tidak perlu khawatir lelah berkendara di sekitar kawasan Gunung Bromo, ada banyak jeep dan kuda yang bisa Anda sewa untuk berkeliling menikmati keindahannya.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

news.liputan6.com

Selain itu di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan Gunung Semeru tidak kalah indahnya dengan Gunung Bromo. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang sangat menawan.

Oleh karena itu tidak heran jika gunung ini menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Untuk menikmati indahnya matahari terbit dari atas, dibutuhkan perjuangan yang berat. Tenang, Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan alam sekitar, seperti Danau Ranukumbolo.

3. Gunung Prau, Jawa Tengah

flickr.com

Gunung yang berdiri di ketinggian 2.565 mdpl ini terletak di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Siapa pun yang mendaki gunung untuk pertama kalinya tidak akan kesulitan mencapai puncak.

Dari puncak gunung ini, Anda akan disuguhi pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing yang menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di sini.

4. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

rinjaninationalpark.com

Pulau Lombok merupakan salah satu tujuan wisata favorit kedua di Indonesia setelah Bali. Tidak hanya pantainya yang keren, Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang sangat eksotis.

Gunung setinggi 3.726 mdpl ini sering dianggap sebagai trekking terbaik di Asia Tenggara. Salah satu tempat favorit para pemanjat tebing adalah Danau Segara Anak. Keindahannya pasti tak terlupakan!

5. Gunung Ijen, Jawa Timur

indonesia.tripcanvas.co

Selain Gunung Bromo dan Semeru, Jawa Timur ternyata masih memiliki gunung cantik lainnya yaitu Gunung Ijen. Gunung cantik ini terletak di antara 3 kabupaten yaitu Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Pemandangan paling favorit wisatawan di sini adalah fenomena kawah dan api biru. Untuk menikmatinya, Anda harus mendaki Gunung Ijen pada malam hari. Untuk informasi anda, hanya ada api biru di dunia lho. Indonesia beruntung memilikinya.

6. Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

tripadvisor.com/mindythelion

Siapa yang tak kenal eksotisme Pulau Flores? Salah satunya adalah puncak Gunung Kelimutu yaitu Danau Kelimutu. Danau Kelimutu sering disebut dengan danau tiga warna, karena memiliki 3 warna yang berbeda.

Tidak perlu repot trekking untuk sampai ke puncak. Karena Gunung Kelimutu sudah memiliki tangga yang membawa Anda ke puncak. Pernahkah Anda kesini?

7. Gunung Patuha, Bandung, Jawa Barat

tripadvisor.com

Mungkin nama gunung ini cukup asing di telinga anda, namun bagaimana jika kita menyebutnya kawah putih? Anda pasti sudah sering mendengarnya bukan? Asal tahu saja, sebenarnya Kawah Putih adalah bagian dari Gunung Patuha lho.

Pemandangan indah kawah putih yang berwarna hijau tosca menjadikan Gunung Patuha favorit para wisatawan. Kalau ke Bandung wajib banget ke sini!

8. Gunung Kerinci, Sumatera Barat

indonesiaexpat.biz

Jika Anda ingin merasakan pendakian yang sedikit ekstrim, Anda harus pergi ke Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi, Sumatera Barat. Kerennya, Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung ini juga tempat melakukan perjalanan favorit di Indonesia. Saat sampai di puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan kawah yang begitu menawan. melakukan perjalanan datang ke sini, datang!

9. Gunung Cartensz, Papua

pinterest.com

Jika ingin merasakan pegunungan yang diselimuti salju, tidak perlu jauh-jauh ke Gunung Everest. Datang saja ke Papua dan daki Gunung Cartensz atau Puncak Jaya. Puncak Jaya adalah satu-satunya gunung yang diselimuti salju.

Karena tingginya mencapai 4.884 mdpl, Puncak Jaya dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Siapa yang pernah main salju disini?

10. Gunung Gede, Jawa Barat

indonesiaexpat.biz

Pemandangan Gunung Gede memang tak terbantahkan. Tak heran jika gunung ini selalu diminati oleh wisatawan atau pendaki. Gunung ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat.

Ada beberapa tempat terindah di Gunung Gede, yaitu Alun-alun Suryakencana, Telaga Bru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, serta puncak Gunung Gede.

Namun, tempat paling favorit di sini adalah Lapangan Suryakencana, berupa sabana yang ditumbuhi bunga Edelweiss.

Inilah 10 wisata gunung terindah dan bisa menjadi destinasi liburan sekolah dengan pemandangan yang indah dan menjadi favorit para wisatawan. Di mana Anda mendaki?

Baca juga : 6 Destinasi Wisata Saat Liburan Sekolah, Seru dan Hemat!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button