Berita Wisata

10 Wisata Jogja Gratis, Cocok untuk Backpacker

Musim liburan sebentar lagi, buat kamu yang berencana liburan ke Jogja, nggak sabar nih! Ada banyak tempat wisata menarik dan gratis di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Khusus untuk Anda sendiri pejalan kaki, sangat cocok bukan?

Tempat wisata gratis ini menawarkan wisata edukasi di tengah alam, jangan sampai ketinggalan!

1. Jalan Malioboro

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalWisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Berkunjung ke Jogja tentu tidak lengkap tanpa mengunjungi Jalan Malioboro. Sebagai ikon kota Yogyakarta, Jalan Malioboro kini lebih ramah bagi pejalan kaki. Para Pedagang Kaki Lima (PKL) kini pindah ke lokasi baru, yakni Teras Malioboro 1 dan 2 yang terletak di ujung utara dan selatan Jalan Malioboro.

Di tempat ini Anda bisa membeli oleh-oleh batik, aksesoris dan makanan. Lengkap, jadi belanja dan traveling jadi lebih nyaman.

2. Taman pintar

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalTempat wisata Taman Pintar di kota Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Kumoro

Salah satu tempat wisata ramah anak di kota Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan adalah Taman Pintar. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Malioboro, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Masuk ke Taman Pintar gratis.

Berbagai wahana edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak dapat ditemukan di sini, namun ada beberapa tempat yang mengharuskan pengunjung membayar saat mencobanya. Antara lain wahana bahari, bangunan oval, planetarium.

Baca Juga: 5 Wisata Horor di Jogja, Beberapa Jadi Lokasi Syuting

Baca Juga: 6 Hotel Baru di Jogja, Modern dengan Fasilitas Lengkap

3. Kotagede

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalMakam Raja Mataram di Kotagede. Sumber: Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Kotagede dikenal sebagai zona estetika. Banyak bangunan tua yang terawat, jadi sangat bagus untuk berfoto bersama. Apalagi jika sudah siap mengeksplorasi di gang, mulai dari tembok hijau, langgar dhuwur, hingga yang terkenal angker yaitu rumah pocong sumi.

Kawasan Kotagede juga banyak dijadikan tempat prewedding, terutama di makam raja-raja Mataram. Pasangan harus mengenakan pakaian adat Jawa.

Jadi saat giliran lapar, kamu bisa jajan di Pasar Legi Kotagede yang menyajikan berbagai makanan ringan hingga berat.

4. Wisata Alam Kapal Batu

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalTaman Wisata Batu Kapal (instagram.com/beautyoftravel_)

Wisata alam Batu Kapal dijuluki demikian permata tersembunyi di Kabupaten Bantul karena letaknya yang tersembunyi. Tempat wisata ini menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari tembakan itu, makan banyak orang yang datang ke tempat ini.

Jika ingin mendapatkan pengalaman berwisata yang terbaik, sebaiknya berkunjung pada saat musim hujan karena debit airnya cukup besar sehingga pemandangan sungai akan sangat indah. bagus, Memang harga tiket masuk di Batu Kapal Tour tidak tetap, namun anda diminta untuk memberikan donasi seikhlas mungkin untuk biaya perawatannya.

5. Gua Sendangsono Maria

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalGua Maria Sendangsono (instagram.com/jessicaarif)

Gua Sendangsono Maria terkenal sebagai tempat ziarah umat Katolik dan terletak di Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo. Tempat ini terbuka untuk semua orang yang mengunjunginya.

Goa Sendangsono Maria cukup teduh dan luas, serta dapat dikunjungi 24 jam sehari. Di kawasan sekitar akan banyak dijumpai warung makan, toko souvenir dan wisma bagi pengunjung yang ingin merasakan kesunyian goa Sendangsono Maria. Di tempat ini tidak ada tiket masuk, anda hanya perlu menyiapkan sejumlah uang untuk membayar parkir kendaraan.

Baca juga: 9 Wisata Air Terjun di Jogja yang Sejuk dan Bikin Betah

6. Desa Wisata Potrobayan

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus Mahalberkemah di potrobyan (instagram.com/potrobyan)

Desa wisata Potrobayan saat ini sedang booming sebagai tempat camping di Jogja. Di tempat ini Anda bisa berkemah di dekat sungai yang jernih dan tenang. Jika Anda hanya ingin bermain tanpa berkemah, tidak apa-apa. Anda ikhlas hanya membayar biaya parkir dan perawatan.

Jam berkunjung mulai pukul 05:00-18:00 WIB. Banyak pengunjung yang memilih piknik di tepi sungai sambil menikmati jajanan yang dibawa dari rumah. Dijamin tampil cantik untuk background konten kamu!

7.Bukit Bintang

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus Mahalbukit bintang (instagram.com/ciolato27)

Lelah setelah mengunjungi Pantai Gunungkidul? Nah, anda bisa istirahat sejenak dan singgah di Bukit Bintang yang terletak di perbukitan Pathuk. Di tempat ini kamu bisa melihat keindahan Jogja dari atas atau sering menyebutnya dari “lantai dua”. Cahaya yang memancar dari rumah atau kendaraan bagaikan bintang yang indah.

Di tempat ini banyak terdapat warung yang menawarkan makanan ringan dan kopi yang bisa Anda santap. Cukup menikmati suasana asri dengan pisang goreng dan kopi.

8. Alun-alun Selatan

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalAlun-alun Selatan Yogyakarta. IDN Times/Febriana Sinta

Penasaran dengan wisata malam di Jogja yang meriah dan murah? Anda bisa memilih Alun-alun Kidul yang sering disebut “halaman belakang” Keraton Yogyakarta. Tidak seperti kebanyakan alun-alun di kota yang sepi di malam hari, tempat ini sebenarnya sangat ramai karena merupakan pusat kuliner. Mulai dari makanan tradisional seperti angkringan, bakso dan mie ayam, hingga saat ini. Kalau datang rombongan jangan lupa naik becak, pasti seru!

9. Museum TNI AD Dharma Wiratama

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalMuseum TNI AD Dharma Wiratama (IDN Times/Dyar Ayu)

Museum Dharma Wiratama TNI AD merupakan salah satu museum di Jogja yang bebas untuk dikunjungi. Koleksi yang disimpan di sini cukup beragam dan lengkap, mulai dari seragam TNI sesekali hingga berbagai perlengkapan perang yang digunakan pada masa pendudukan.

Museum Dharma Wiratama TNI AD juga menyediakan pendamping jika ingin melihat koleksi sambil mendengarkan cerita lengkap dari setiap koleksi. Seru dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota! Tapi setiap hari Minggu, museum tutup!

11.Museum Nasional Jogja

10 Tempat Wisata Gratis Di Jogja Liburan Gak Harus MahalTenant Filosofi Kopi di Blok JNM (IDN Times/Dyar Ayu)

Jogja National Museum atau JNM merupakan salah satu tempat yang sering dijadikan sebagai tempat pameran seni rupa di Jogja. Beberapa pameran seni dapat dikunjungi secara gratis.

Di area JNM ada ruang khusus untuk dapur dan tempat pertemuan anak muda namanya JNM Bloc. Aneka jajanan mancanegara seperti burger, pizza dan aneka cookies tersedia. Mau makan masakan rumah pun tidak sedikit ditemukan. Anda dapat mengikuti jadwal pameran di JNM melalui jejaring sosial mereka.

Itulah sederet wisata gratis di jogja yang bisa anda kunjungi, di jamin dari alam hingga sejarahnya tidak akan membuat anda bosan walaupun gratis.

Baca juga: 15 Hotel Murah Paling Populer di Jogja Banyak Harganya Rp 100.000

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button