Tempat Wisata

10 wisata pantai di Purworejo yang bagus dan berpasir putih

Temukan keindahan tersembunyi pantai Purworejo dengan pasirnya yang lembut dan pemandangan matahari terbenam yang mempesona di antara banyak keindahan lainnya.

Pantai di Purworejo ini bisa menjadi tujuan wisata anda untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Pasalnya, kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki sederet pantai indah yang keindahannya sangat luar biasa. Purworejo tidak hanya memiliki pantai berpasir putih, namun juga pantai berpasir hitam yang eksotis.

Bahkan ada yang masih sangat alami karena jarang dikunjungi wisatawan. Penasaran pantai apa saja yang bisa kamu kunjungi di Purworejo? Simak daftar lengkapnya di bawah ini yang pastinya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Rekomendasi pantai bagus di Purworejo

1. Pantai Jatimalang

Pantai JatimalangFoto: Google Maps/Ilham Maulana Ash Shiddieq

Pantai Jatimalang di Desa Jatimalang, Purwodadi, Purworejo terkenal dengan hamparan pasirnya yang luas. Jadi ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai meski tidak bisa berenang.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar pantai di Purworejo mempunyai ciri khas pantai selatan yaitu ombaknya yang cukup besar.

Oleh karena itu, pengunjung tidak disarankan untuk berenang di sini. Namun tidak perlu khawatir mengingat pantai Jatimalang memiliki hamparan pasir pantai yang luas.

Jadi Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, bermain pasir bahkan bermain voli pantai. Pasirnya yang berwarna gelap dan tersusun dari butiran-butiran lembut menjadi daya tarik tersendiri karena menyuguhkan pemandangan yang begitu eksotis.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Jatimalang, Kecamatan. Purwodadi, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

2. Pantai Roro Inten Pagak Ngombol

Pantai Roro Inten Pagak NgombolFoto: Google Maps/Rizkiyatul Maulidiyah

Pantai Roro Inten Pagak Ngombol merupakan salah satu pantai berpasir hitam yang ada di Purworejo. Bahkan warna pasirnya yang hitam pekat dan lebih gelap dari pantai Jatimalang terlihat sangat eksotis.

Tak heran jika wisatawan yang berkunjung selalu ramai berfoto selfie sesampainya di pantai. Lokasinya sekitar 25 kilometer dari pusat kota, masih alami dan minim fasilitas. Layak dikunjungi jika ingin menyegarkan diri sejenak jauh dari keramaian dan polusi.

Di sini Anda bisa memancing langsung di pinggir pantai dan membakar hasil tangkapan sambil menikmati keindahan lingkungan sekitar. Jika ingin lebih praktis, tersedia juga warung ikan yang menawarkan beragam menu lezat.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Pagak, Kec. Ngombol, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

3. Pantai Jetis

Pantai JetisFoto: Google Maps/Ela Wulandari

Jika Anda mencari pantai di Purworejo yang ombaknya tidak terlalu besar, maka Pantai Jetis adalah jawabannya. Anda tetap bisa bermain air di pinggir pantai, meski berenang tetap tidak disarankan.

Namun berkunjung ke Pantai Jetis dijamin tidak akan membuat Anda bosan. Pasalnya di sini banyak fasilitas yang memungkinkan pengunjung menikmati berbagai aktivitas seru seperti naik ATV dan naik kuda poni untuk anak-anak.

Sekadar berfoto saja sudah sangat mengasyikkan karena pantai ini dikelilingi banyak pemandangan indah. Bahkan terdapat pohon salak, pohon kelapa, dan hutan bakau yang rimbun untuk kesempatan berfoto.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Patutrejo, Kec. Grabag, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

4. Pantai Ketawang

Pantai KetawangFoto: Google Maps/Sari Kusni

Pantai di Purworejo ini menawarkan pemandangan unik yang cukup berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya. Sebab selama berada di sini, Anda akan disuguhi keindahan Karst Gombong sambil memandang ke arah barat.

Di sisi lain, Anda bisa menikmati panorama Gunung Sewu dan Gunung Menoreh. Jadi bukan hanya keindahan lautnya saja yang akan Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Ketawang.

Tidak jauh dari pantai juga terdapat rawa sebagai sumber irigasi dan di tengahnya terdapat mercusuar. Pengunjung biasanya menyempatkan diri untuk mengambil foto dengan latar belakang mercusuar.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sengoro Wetan, Kecamatan Ketawawangrejo. Grabag, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

5. Pantai Jatikontal

Pantai JatikontalFoto: Google Maps/Tiga Ndra

Jika Anda berlibur bersama keluarga dan membawa anak, sebaiknya pertimbangkan untuk mengunjungi Pantai Jatikontal. Pasalnya pantai cantik ini memiliki kolam renang terpal yang memungkinkan pengunjungnya bermain air meski tidak langsung berenang di laut.

Selain itu, kolam berbentuk persegi cukup dangkal untuk dinikmati anak-anak. Saat bermain di kolam renang bersama si kecil, Anda bisa melihat dengan jelas deburan ombak selatan dari kejauhan.

Jika senang bermain air, Anda bisa memesan menu ikan dan menikmatinya di pendopo kayu beratap jerami di tepi pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Jatikontal, Kec. Purwodadi, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai indah lainnya di Purworejo

6. Pantai Genjik

Pantai GenjikFoto: Google Maps/Ruslan Danise

Pantai Genjik letaknya cukup jauh dari pusat kota, sekitar 30 kilometer. Dibutuhkan waktu kurang lebih 47 menit untuk mencapai lokasi. Meski jauh, rasa lelah perjalanan akan terbayar di pantai.

Pasalnya pantai di Purworejo menawarkan keindahan alam yang mempesona. Terdapat deretan bebatuan besar di pinggir pantai yang bisa Anda gunakan sebagai tempat duduk menikmati semua keindahan tersebut.

Bagi yang hobi memancing, bebatuan besar ini juga bisa dijadikan spot memancing. Jika tidak mau bersusah payah, ada tempat pelelangan ikan tak jauh dari pantai yang menawarkan pilihan ikan segar.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Alki, Kertojayan, Kecamatan. Grabag, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

7. Pantai Kertojayan

Pantai KertojayanFoto: Google Maps/Arief Nuryanto

Apakah Anda ingin merasakan liburan yang unik? Anda bisa pergi ke Pantai Kertojayan. Jika beruntung, Anda bisa melihat para nelayan yang bermukim di sekitar pantai dan bersedekah.

Tradisi yang dilakukan dari perahu terapung dengan membawa sesaji berbagai macam ini merupakan wujud rasa syukur para nelayan atas hasil tangkapannya. Nantinya perahu akan kembali setelah menempuh perjalanan satu kilometer dan orang-orang akan memakan makanan yang dimasukkan ke dalam perahu.

Melihat kearifan lokal seperti ini tentu menjadi sebuah keistimewaan tersendiri yang mungkin tidak bisa Anda nikmati di destinasi lain. Pantai Kertojayan sendiri ramai dikunjungi setelah seekor hiu macan terdampar di sana pada tahun 2020 lalu.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Alki, Kertojayan, Kecamatan. Grabag, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

8. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir PuncuFoto: Google Maps/Priyo Sudarto

Pantai di Purworejo selanjutnya yang patut kamu masukkan ke dalam daftar kunjunganmu adalah Pantai Pasir Puncu. Pantai di desa Keburuhan ini merupakan surganya para pemancing.

Para pemancing biasanya bisa membawa pulang banyak ikan hasil tangkapannya. Ikan hasil tangkapan juga bisa dibakar tepat di pinggir pantai untuk dikonsumsi sambil menikmati keindahan laut.

Di pinggir pantai juga terdapat deretan warung yang menawarkan berbagai menu seafood. Anda bisa membawa hasil tangkapan sendiri dan menyiapkannya di sana. Praktis bukan?

Harga tiket: Rp2.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: kerja, distrik. Ngombol, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

9. Pantai Munggangsari yang Indah

Pantai Munggangsari yang IndahFoto: Google Maps/Amalia Setyoningrum

Jika Anda sudah mencantumkan Desa Agrowisata Munggangsari sebagai destinasi liburan Anda, jangan lupa sertakan Pantai Munggangsari Asri juga. Karena keduanya berada di area yang sama, perpindahan lokasi hanya membutuhkan waktu 6 menit.

Anda dapat memarkir kendaraan di rest area kemudian menikmati agrowisata dan pantai. Di sana Anda bisa memetik jambu kristal untuk dibawa pulang atau dinikmati di pantai – cocok sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap seafood yang lezat.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Munggangsari, Kec. Grabag, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

10. Pantai Keburuhan

Pantai KeburuhanFoto: Google Maps/MasBen

Pantai Keburuhan letaknya tidak jauh dari Pantai Pasir Puncu, hanya berjarak sekitar 4 kilometer, sehingga Anda bisa menikmati dua pantai sekaligus dalam satu perjalanan. Yang istimewa dari pantai ini adalah terdapat deretan pohon pinus yang indah di pinggirnya.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan pohon pinus sebagai kesempatan berfoto. Perpaduan pepohonan pinus yang rimbun dan laut lepas menjadi background yang sangat indah untuk foto yang keren. Selain foto-foto asyik, berbagai wahana seperti ATV juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke resor pantai di Purworejo ini.

Harga tiket: Rp2.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: kerja, distrik. Ngombol, Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

Tak hanya Jogja yang memiliki keindahan pantai selatannya, Anda juga bisa menemukannya di pantai Purworejo. Purworejo bahkan memiliki sejumlah pantai pasir hitam eksotis yang bisa menjadi alternatif jika Anda bosan dengan pantai berpasir putih. Tertarik? Ayo segera rencanakan liburanmu ke Purworejo dan kunjungi deretan pantai indah di atas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button