Tempat Wisata

10 Wisata Pantai Di Wonogiri Paling Hits

Apakah Anda ingin liburan yang hangat di pantai? Inilah daftar wisata pantai yang populer di Wonogiri Jawa Tengah. Obyek wisata laut terindah, eksotik dan populer untuk dikunjungi saat berlibur.

Wisata pantai rasanya bisa disebut sebagai tujuan wisata yang populer dan menyenangkan bagi semua kalangan dan sangat cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga, teman atau rekan kantor. Wisata bahari juga bisa menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan seru.

Di Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, terdapat deretan pantai eksotik yang begitu indah dan mempesona yang bisa Anda kunjungi. Berikut beberapa wisata pantai hits di Kabupaten Wonogiri yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Pantai Sembuh

Daya Tarik Pantai Semmbuh WonogiriKredit Foto: Google Maps Rony Dian Hendra

Pantai Semmbuh adalah mahakarya yang begitu memesona yang terletak di ujung Wonogiri. Pantai ini menyembunyikan sejuta pesona alam yang indah dan mitos tersembunyi di balik tebing karangnya yang besar. Konon kawasan ini merupakan pintu masuk 13 Nyi Roro Kidul ke Kasunanan Surakarta. Oleh karena itu, pantai ini memiliki aturan yang hampir sama dengan Pantai Selatan atau Pantai Parangtritis.

Pantai Sembuh merupakan salah satu destinasi yang sangat terkenal di kalangan aktivitas spiritual. Seperti tokoh spiritual dari Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Terlepas dari mitos dan popularitasnya dalam kegiatan spiritual, pantai yang terletak di kawasan Dusun Sembuh ini menawarkan keindahan alam yang begitu indah. Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai Sembuh ini dan berlibur disana.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Kranding, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Pantai Nampu

Objek wisata Pantai NampuKredit foto: Yuda Prasetya https://www.google.com/maps/contrib/114462538460674015753

Berada di kawasan Desa Dringo, Pantai Nampu menawarkan pemandangan alam yang cukup eksotis dengan hamparan gurun pasir putih dan formasi batuan yang indah. Saat pertama kali datang ke pantai ini, Anda bahkan sudah bisa melihat keindahan pantai begitu memasuki tempat parkir. Karena dari jauh terlihat jelas garis pantai yang panjang, deburan ombak yang mengitari bibir pantai seakan mengajak untuk mendekat.

Memang letak tempat parkir mobil berada di ketinggian yang memungkinkan Anda melihat pesona pantai dari jauh. Dan untuk menuju bibir Pantai Nampu, Anda harus menuruni puluhan anak tangga yang telah disediakan. Begitu menaiki anak tangga, hamparan pasir putih yang lembut dan bersih siap menggelitik jari kaki. Anda juga bisa merasakan kesegaran airnya yang jernih dan cukup aman digunakan untuk berenang.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Pantai Klotok

Wisata Pantai KlotokSumber gambar: Saluran Wens_3699 https://www.google.com/maps/contrib/105229190867064309907

Wisata laut di Wonogiri selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Klotok. Berada di kawasan Desa Paranggupito, pantai ini dulunya diperuntukkan sebagai pelabuhan nelayan. Nah di sini terlihat dermaga dan gedung pelelangan ikan atau TPI yang dibangun pada tahun 2006. Anda juga akan menemukan tumpukan beton pemecah ombak di Pantai Klotok.

Namun sekarang pelabuhan tersebut tidak digunakan lagi karena ombaknya cukup besar dan terlalu banyak batu karang di sekitar pantai sehingga berbahaya bagi kapal nelayan. Meski demikian, Pantai Klotok tetap memiliki pemandangan indah yang bisa Anda nikmati dari tepi pantai. Anda juga bisa mengamati keindahannya dari atas bukit di kanan dan kiri pantai.

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: Kranding, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

4. Pantai Buyutan

Daya Tarik Pantai BuyutanKredit foto: Shoffan Zainuri https://www.google.com/maps/contrib/103863143993929200986

Pantai Buyutan memiliki ciri khas berupa berbagai bentuk bebatuan yang unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pantai ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kawasan wisata laut terbaik dan terindah di kawasan Desa Widoro. Di sini kamu akan ramai berfoto di area pantai, karena banyak spot keren yang bisa kamu gunakan untuk berfoto atau berfoto keren dan kekinian.

Selain menikmati suasana pantai yang menakjubkan, pengunjung kawasan Pantai Buyutan juga dapat menikmati berenang, snorkeling, berkemah dan berbagai aktivitas pantai lainnya. Meski pantai ini tidak dikelola secara resmi oleh pemerintah, namun banyak penginapan atau hotel yang bisa Anda temukan di kawasan ini. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai monyet yang sering terlihat di dekat area pantai.

harga tiket: Rp3.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai J L. Buyutan, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

5. Pantai Banyutovo

Pantai BanyuwangiKredit foto: Google Maps Joko sulistyo (joko

Pantai Banyutowo merupakan tempat bertemunya air sungai dengan air laut, sehingga air di sini berasa tidak asin seperti kebanyakan air laut. Itu pula yang membuat pantai yang satu ini disebut Banyutowo yang berarti air tawar. Airnya yang segar membuat pengunjung tidak akan merasa lengket setelah puas berendam dan berenang di sana. Inilah salah satu alasan mengapa Pantai Banyutowo begitu populer di kalangan wisatawan.

Selain keunikan airnya yang tawar, pemandangan yang ditawarkan pantai ini juga sangat menakjubkan. Dari bebatuan tersebut terlihat air tawar yang jatuh langsung ke bibir pantai, jika dilihat dari kejauhan akan terlihat air yang jernih dan berwarna bening. Anda juga bisa menjadikan landscape yang indah ini sebagai background foto yang begitu estetik.

harga tiket: Rp2.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

6. Pantai BanyuTibo

Pantai Banyu Tibo, PacitanFoto oleh Bagus Reza Erlangga https://www.google.com/maps/contrib/112235866202674371777

Berbicara tentang keindahannya, sepertinya kata “indah” dan “indah” pun tidak bisa menggambarkan kawasan Pantai Banyu Tibo ini. Begitu masuk, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang begitu indah. Dimana air terjunnya jatuh lurus ke arah pantai. Sangat unik bahwa pengunjung dapat melihat air terjun dan laut secara bersamaan.

Suasananya merdu dan khidmat karena terletak di kawasan pedesaan Widoro. Di pinggir pantai juga terdapat warung-warung dengan menu yang menggugah selera. Salah satu yang begitu digemari pengunjung adalah adanya hidangan lobster mutiara. Dimana sudah terkenal bahwa lobster mutiara adalah lobster terlezat yang pernah ada.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Widoro, Kec. Donorojo, Cab. Pacitan, Jawa Timur.

7. Pantai Kalimirah

Wisata Pantai KalimirahKredit foto: Ristyan Ar https://www.google.com/maps/contrib/111221994494840335864

Pantai selanjutnya yang wajib Anda kunjungi di Wonogiri adalah Pantai Kalimirah. Terletak di Desa Gudangharjo, pantai ini memiliki potensi wisata yang luar biasa karena bisa menjadi tempat perkemahan dengan latar belakang pantai. Pantai Kalimirah masih sangat asri dan memiliki kontur tanah berbukit dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Selain digunakan sebagai tempat perkemahan, Pantai Kalimirah juga memiliki beberapa spot untuk memancing. Tentunya bagi Anda yang memiliki hobi memancing, mengunjungi pantai yang satu ini sangat cocok. Anda bisa merasakan sensasi memancing melalui tebing laut yang juga sangat populer di kalangan wisatawan yang datang ke sini.

harga tiket: Gratis; map: pemeriksaan situs
Alamat: Dawung, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

8. Pantai Klayar

Objek wisata Pantai KlayarSumber gambar: Agus Widodo https://www.google.com/maps/contrib/107513933634613238116

Pantai Klajar terkenal dengan pasir putihnya dan ombak yang cukup besar, sehingga tidak diperbolehkan berenang saat berkunjung ke sini. Tapi jangan khawatir karena masih banyak atraksi lain yang bisa dinikmati di Pantai Klayar. Sebut saja tebing setinggi sekitar 50 meter yang berada di tengah pantai dimana tebing ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang diburu pengunjung.

Ada juga bebatuan mirip sphinx yang tidak boleh Anda lewatkan untuk diabadikan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan tempat persewaan ATV yang bisa Anda gunakan untuk berpetualang di sepanjang pesisir Pantai Klayar. Lalu ada fenomena unik berupa atraksi air mancur alami setinggi sekitar 10 meter yang juga bisa Anda lihat.

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Cab. Pacitan, Jawa Timur.

9. Pantai Pringjono

Wisata Pantai PringjonoKredit foto: Jaelani Purnomo https://www.google.com/maps/contrib/113926882147247025215

Letak Pantai Pringjono cukup terpencil dan tersembunyi, sehingga tempat ini masih sangat asri dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Anda akan menemukan resor pantai di belakang sawah dan ladang dengan pepohonan yang rimbun. Maka tak heran jika kawasan pantai ini begitu sejuk dan rindang, apalagi saat semilir angin pantai menerpa pepohonan hijau.

Pantai Pringjono memiliki garis pantai yang cukup luas dan luas dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Terdapat bebatuan besar yang tersebar di berbagai penjuru pantai, ada juga bebatuan yang terbentang di sepanjang pantai dan sering digunakan pengunjung untuk bermain air. Ombak di pantai ini hampir sama dengan pantai lainnya di gunungkidul, jadi sebaiknya anda tidak berenang dan hanya bermain air di pantai.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, .

10. Pantai Dadapan

Pantai DapanKredit foto: Google Maps Mega Saputra

Terakhir ada Pantai Dadapan yang juga tidak boleh dilewatkan saat liburan di Wonogiri. Obyek wisata bahari ini banyak ditumbuhi pohon Dadap, maka kawasan pantai ini dinamakan Pantai Dadapan. Disini anda akan menemukan pemandangan eksotik yang sangat memukau dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang begitu indah. Destinasi ini juga merupakan tempat yang sangat bagus untuk melihat matahari terbenam.

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Pendovo, Yepitu, Kec. Girisubo, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Keindahan pantai-pantai di Wonogiri tidak kalah menarik dan indahnya dengan pantai-pantai di daerah lain. Selain itu, Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki banyak pantai yang indah untuk dikunjungi. Namun, Anda harus selalu waspada saat mengunjungi pantai dan memutuskan untuk berenang di pantai karena tidak semua pantai aman untuk berenang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button