Tempat Wisata

10 wisata pantai terpopuler di Samarinda

Inilah daftar wisata pantai populer di Samarinda Kalimantan Timur. Destinasi wisata bahari yang eksotik, terpopuler dan menarik untuk dijelajahi untuk petualangan seru dan menyenangkan.

Sebagai salah satu kota yang berada di kawasan pesisir pantai, tak heran jika Kota Samarinda terkenal dengan banyaknya destinasi wisata bahari yang menjadi destinasi terbaik untuk memanjakan mata. Pantai-pantai di kota ini menawarkan keindahan alam yang membuat setiap orang yang melihatnya akan jatuh hati.

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat liburan, berikut tempat wisata pantai di Samarinda terbaik yang layak untuk dikunjungi.

1. Pantai Pangempang

Pantai PangembanganFoto oleh Muhammad Ilham Ichsanul Muttaqin / Google Maps

Pantai pertama yang dikunjungi ketika ke Samarinda adalah Pantai Pangempang. Terletak di Desa Tanjung Limau Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara, pantai ini menjadi tujuan wisatawan karena menawarkan pemandangan yang indah.

Jika ingin berjalan-jalan di pinggir pantai, Anda akan disuguhkan semak bakau dan padang rumput indah yang berbatasan dengan pantai. Pemerintah Kabupaten Pangempang juga membangun jembatan untuk akses jalan kecil. Terbuat dari bilah kayu dan batang pohon, ini akan menjadi karya unik yang akan Anda nikmati.

Selain itu, pihak penyedia Pantai Pangempang juga menyediakan fasilitas seperti gubuk atau pendopo yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 100.000 per malam. 150.000. Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan pilihan sarapan selama menginap di sini, dengan pilihan ikan kakap bakar atau goreng.

harga tiket: Rp 25.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Limau, Pangempang, Muara Badak, Sambera Baru, Kec. Marang Kayu, Kab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

2. Pantai Nipah Nipah

Pantai Nipah NipahFoto oleh Misbahul Ulum / Google Maps

Sebagai destinasi wisata pantai yang sering dikunjungi wisatawan, pantai ini memiliki beragam keindahan alam yang indah. Pantai Nipah-nipah merupakan pantai dimana anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari. Dipadukan dengan pasir putih menciptakan suasana lebih menyenangkan.

Nuansa pasir putih yang eksotis menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat pertunjukan penting di Kota Samarinda. Tak heran jika pantai ini cukup ramai dikunjungi karena sering diadakan acara-acara di sini. Ada dua pemandangan yang disuguhkan kepada penonton, yakni keindahan laut dan keunikan seni yang ditampilkan dalam pertunjukan.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Jalan J L. Pantai, Nipah-nipah, Kec. Penajam Paser Utara, Cab.Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

3. Pantai Beras Basah

Pantai beras basahFoto oleh Penyair / Google Maps

Birunya air laut membuat Anda ingin berlama-lama menyaksikan dan menikmatinya, belum lagi semilir angin sepoi-sepoi yang semakin menambah kenyamanan pengunjung. Dengan pemandangan alamnya yang indah dan pasir putih bertekstur lembut membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan.

Pengunjung tidak hanya berwisata menikmati keindahan permukaan laut, angin sepoi-sepoi, dan pasir putih halus, namun juga dapat menikmati keindahan alat-alat yang ditawarkan Pantai Beras Basah. Di sini Anda bisa berenang dan menikmati olahraga air seperti snorkeling. Berbagai jenis terumbu karang juga tumbuh subur di kawasan pantai Beras Basah.

Bagi yang menyukai keindahan bawah laut wajib melakukan olahraga air di pantai ini, karena selain keindahan terumbu karangnya, airnya juga masih jernih. Tak hanya keindahannya saja, tempat ini juga cocok dijadikan tempat foto Sunset dan Sunrise.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

4. Pantai Lamaru

Pantai LamaruFoto oleh Umar Rohim / Google Maps

Letak pantainya memanjang dari utara ke selatan, sehingga pantai ini menghadap ke Selat Makassar. Topografi pantai yang cukup landai dan pasirnya berwarna coklat muda menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, ombak air yang tidak terlalu tinggi disuguhkan kepada para pengunjung.

Pantai yang dikelilingi pepohonan pinus membuat suasana nyaman dan sejuk. Pepohonan hijau yang menjulang tinggi menjadi spot foto yang sempurna. Tiket masuk kawasan Pantai Lamaru berkisar antara Rp10.000 hingga Rp75.000 per orang.

Ada juga harga sewa tabung apung yang berkisar Rp. 10.000 Bagi wisatawan yang tidak membawa tikar, wisata ini juga menawarkan penyewaan tikar dengan harga terjangkau. Selain pemandangan laut, pengunjung juga dapat menikmati wisata lainnya yaitu menunggang kuda, fly fox, naik kereta, dan lain-lain.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL.Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

5. Pantai Kemala

Pantai KamalaFoto oleh Hasbul Hadi / Google Maps

Suasana yang nyaman dan santai menjadi salah satu daya tarik pengunjung yang berwisata ke Pantai Kemala. Selain suasananya, pantai ini juga menawarkan beberapa olahraga air yang sangat menyenangkan seperti jet ski, fly fox, dan banana boat. Harganya mahal untuk bisa menikmati olahraga air tersebut. Anda cukup membayar sekitar Rp 25.000 saja.

Namun wisata air di Pantai Kumala baru mulai beroperasi sekitar pukul 16.00. Jadi apabila pengunjung ingin mendapat kesempatan untuk melakukan olahraga air, disarankan untuk berkunjung pada waktu yang telah ditentukan. Disarankan untuk mengunjungi tempat tersebut dengan banyak keluarga karena olahraga air seperti banana boat 6 penumpang dapat beroperasi.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

6. Pantai Panrita Lopi

Pantai Panrita LopiFoto oleh Kawi Boedisetio / Google Maps

Pantai yang menawarkan banyak aktivitas olahraga air ini tidak pernah sepi. Apa pun yang terjadi, pengunjung disuguhi berbagai olahraga air yang menyenangkan seperti scuba diving, snorkeling, permainan pasir, dan berenang. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan berkemah di pinggir pantai.

Selain itu, wisatawan juga bisa membakar ikan dan membuat api unggun selama berkemah di sana. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini karena jarang ditemukan pantai yang menawarkan wisata alam seperti Pantai Panrita Lopi. Sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata.

harga tiket: Rp30.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Muara Badak—Semberah, Tanjung Limau, Kec. Muara Badak, Cab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

7. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara SariFoto oleh Haris Putra Nasution / Google Maps

Pantai dengan luas kurang lebih 13.000 m² ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai di Samarinda. Air lautnya yang bersih dan jernih, ditambah dengan pasirnya yang putih, ditambah dengan ombak laut yang cukup tenang menjadikan pantai ini tempat yang cocok untuk beristirahat dan melepas penat dari segala penat.

Pepohonan yang memenuhi area pantai membuat suasana lebih sejuk dan rindang, serta angin sepoi-sepoi melengkapi semuanya. Siapa pun yang datang ke sini ingin berlama-lama menikmati suasana nyaman. Di sini Anda juga bisa merasakan sensasi bermain bola voli di pinggir pantai.

harga tiket: Rp3.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Pantai Biduk

Pantai BidukFoto oleh Hildiana Apriliani / Google Maps

Pantai ini dinamakan Pantai Pesona Matahari Terbit karena letaknya yang strategis untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Terdapat pula pasir putih di sepanjang pantai yang membentang indah dan bersih. Pasirnya yang merupakan perpaduan terumbu karang mengharuskan setiap pengunjungnya menggunakan alas kaki untuk menjamin keamanan.

Selain keindahan pantai yang telah dijelaskan di atas, Pantai Biduk Biduk juga menawarkan fasilitas seperti wisata perahu dan berkemah di tepi pantai. Hal ini juga menjadi pengikat bagi wisatawan yang ingin mencoba bermain kano di laut lepas. Saat menaiki kano, pengunjung berkesempatan untuk melihat laut lebih dekat.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Giring-Giring, Kec. Biduk, Cab.Berau, Kalimantan Timur.

9. Pantai Tanah Merah

Pantai Tanah MerahFoto oleh Yusup Marwan / Google Maps

Saat berkunjung ke Pantai Tanah Merah, Anda tidak hanya bisa menikmati hamparan pantai dan jernihnya air laut, namun juga indahnya pepohonan pinus yang berjajar di tepi pantai. Banyaknya pohon pinus yang berjajar bersebelahan membuat pantai ini menjadi pantai yang populer.

Nama Pantai Tanah Merah belum tentu sekedar nama umum. Namun karena tanah di pantai ini berwarna merah. Warna merah pantai ini membuatnya sedikit unik dibandingkan pantai lainnya. Selain itu, tanah merah yang dipadukan dengan pasir putih membuat tempat ini semakin indah.

Pengunjung yang mempunyai hobi fotografi bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata selanjutnya. Selain perpaduan pasir merah putih dan dikelilingi pepohonan pinus hijau yang menjulang tinggi, pengunjung juga bisa menikmati matahari terbenam dari kenyamanan tenda yang disediakan pihak pengelola pantai.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Cab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Pantai Ambalat

Pantai AmbalaFoto oleh Anik Setyawati / Google Maps

Tak kalah indahnya, Pantai Ambalat ini juga menawarkan beberapa olahraga air yang menyenangkan seperti banana boat, berenang, memancing, dan berlayar. Untuk memasuki kawasan pantai ini Anda perlu menyiapkan biaya sekitar Rp. Rp 2.500 untuk roda dua dan Rp 15.000 untuk roda 4.

Harganya pun sudah pasti termasuk murah sehingga pantai ini tidak pernah sepi apalagi di hari libur. Pantai yang merupakan singkatan dari Amborawang Laut ini memiliki pasir berwarna coklat dan pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Karena kondisi alamnya tersebut, lokasi pantai ini cocok untuk fotografi.

Banyaknya pohon pinus di sekitar pantai membuat pengunjung lupa waktu. Pasalnya, suasana sejuk dan rindang yang tercipta dari pepohonan tersebut membuat setiap pengunjung ingin menginap disana dan menikmati indahnya hamparan pantai serta pasir putih dan bersih.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ambowang, Kec. Samboja, Cab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Itulah beberapa pantai terpopuler di Samarinda yang bisa Anda jadikan tujuan wisata bersama keluarga atau teman. Setiap tempat menawarkan keindahannya masing-masing, sehingga Anda bisa mengunjunginya sesuai keinginan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan saat mengunjungi berbagai pantai tersebut, karena keindahannya tetap terjaga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button