Tempat Wisata

10 wisata pantai terpopuler yang hits di Ambon

10 wisata pantai terpopuler yang hits di Ambon

Temukan beragam pilihan wisata pantai populer di Ambon,Maluku. Tempat wisata bahari paling eksotik, indah dan populer yang menarik untuk dijelajahi di hari libur dan akhir pekan.

Kota Ambon identik dengan julukan “Ambon Manise”. Julukan tersebut berarti terdapat potensi wisata yang besar di beberapa daerah. Ambon tidak hanya menyimpan banyak peninggalan sejarah, tetapi juga memiliki destinasi wisata yang bisa melengkapi liburan Anda, termasuk wisata bahari. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata pantai di Ambon yang wajib dikunjungi untuk liburan menyenangkan.

1. Pantai Nguarbloat

Pantai NguarbloatFoto: Google Maps/Rikhardus Tanlain

Pesona birunya air laut yang begitu jernih serta panorama yang memanjakan mata akan membuat Anda enggan beraktivitas saat berkunjung ke pantai ini. Terletak di Cerukan Kei di tenggara Kabupaten Maluku, Nguarbloat memiliki pasir putih yang sangat halus. Daya tarik utamanya tentu saja pasir putihnya yang halus.

Pasir putih Pantai Nguarbloat digambarkan sebagai pasir pantai paling lembut di Asia dan hal ini tentunya menjadi aspek penting dalam menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Saat ombak relatif tenang dan iklim mendukung, inilah saat yang tepat untuk mengunjungi Pantai Nguarbloat.

Di sini pun Anda akan disuguhi deretan pohon kelapa yang menghadap ke laut biru. Dibandingkan destinasi wisata di Cerukan Kei lainnya, Nguarbloat memiliki fasilitas yang lebih lengkap mulai dari tempat parkir, kabin santai hingga banyak villa dan akomodasi. Anda juga bisa melakukan banyak hal menyenangkan.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Ngurbloat. Tual, Kab.Maluku Tenggara, Maluku.

2. Pantai Pintu Kota

Pantai Gerbang KotaFoto: Google Maps/Yustisea Satyalim

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki hamparan pasir luas, pantai ini dihiasi bebatuan karang. Tebing karang di Pantai Pintu Kota sering dijadikan tempat berfoto bagi para pengunjung dan jangan khawatir, Anda akan mendapatkan foto yang menakjubkan. Bahkan ada juga yang menjadikan bebatuan karang tersebut sebagai backdrop foto prewedding.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan tebing karang yang menjadi daya tarik khas Pantai Pintu Kota. Suasana sejuk ditambah dengan pemandangan gemericik air saat menghantam tebing karang menjadi alasan bagus untuk mengunjungi pantai ini. Bukan ide yang buruk untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau membicarakan topik di tempat ini.

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Pintu Kota menjamin kenyamanan kunjungan Anda, antara lain tempat parkir yang luas, beberapa gubuk untuk beristirahat, toilet, warung makan dan minum, bahkan akomodasi bagi Anda yang ingin bermalam.

Harga tiket: Rp 4.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

3. Pantai Natsepa

Tiket Wisata Pantai NatsepaFoto: Google Maps/Stefani B

Untuk melengkapi wisata bahari Anda, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Natsepa, tempat wisata legendaris di Ambon. Suasana sejuk dengan pantai berpasir putih dan pemandangan laut biru membuat tidak ada peluang bosan.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan sambil menikmati pemandangan Pantai Natsepa, seperti bermain bola, bersantai bersama keluarga dan teman, atau bermain pasir. Hamparan pasir yang luas dan kondisi ombak laut yang tenang membuat Anda bisa menikmati pemandangan sambil berlayar di atas perahu yang disediakan di pinggir pantai atau bahkan berenang.

Harga tiket: Rp1.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Suli, Kec. Salahutu, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

4. Pantai Liang

Tiket Wisata Pantai LiangFoto: Google Maps/Reyhan Aes

Pantai ini menghindarkan Anda dari rasa bosan meski berlama-lama di sana. Bukan tanpa alasan, pantai ini menyuguhkan pemandangan pasir putih dan air jernih kebiruan. Di pinggir Pantai Liang terdapat deretan pohon kelapa yang berjajar bersebelahan, memberikan keteduhan dan mengundang Anda untuk bersantai.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, telah disediakan fasilitas seperti tempat makan, ruang ganti, bilik kecil dan shelter sehingga Anda dapat menikmati pemandangan kawasan. Pesona ombaknya yang tenang membuat Anda bisa bermain air bahkan berenang tanpa rasa takut.

Air lautnya sangat jernih dan memiliki gradasi warna. Tak heran pengunjung mengatakan warna airnya terkadang berbeda-beda. Selain itu, Pantai Liang dilengkapi dengan jembatan kayu sepanjang 200 meter sebagai jalur menuju pantai, menjadikan liburan tak terlupakan.

Harga tiket: Rp15.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Liang, Kec. Salahutu, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

5. Pantai Ora

Ora BeachFoto: Google Maps/Yuswira Effendi (weryoe)

Pemandangan indah dengan air hijau jernih menjadi gambaran yang melekat pada Pantai Ora. Pantai ini terletak di wilayah Seram Utara, kecamatan Kabupaten Maluku Tengah dan berada di tepi hutan. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai pantai ini dari Kota Ambon.

Namun jangan khawatir karena rasa lelah dan letih Anda akan terbayar tuntas saat menyaksikan pemandangan yang tiada tandingannya. Keanekaragaman biota laut, suasana tenang, serta beragamnya terumbu karang dan ikan menjadi kombinasi yang tepat menjadikan Pantai Ora wajib dikunjungi wisatawan.

Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving, tidak perlu menyelam terlalu dalam karena sudah di kedalaman 2 meter Anda bisa melihat berbagai terumbu karang dan ikan-ikan kecil di bawah air Laut Ora. Di pantai ini Anda juga bisa bersantai atau mengabadikan banyak momen.

Harga tiket: Rp 25.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: J L. Regency, Kec. Seram Utara, Kab.Maluku Tengah,Maluku.

6. Pantai Ngurbutut

Pantai NgurtafurFoto: Google Maps/Guy Laban

Pantai ini merupakan pantai yang unik dengan keistimewaan yang belum tentu ditemukan di pantai lain. Panorama eksotis yang ditampilkan hanya bisa disaksikan saat air laut surut. Tentunya momen ini sangat dinantikan nantinya oleh para pengunjung yang sudah menunggu untuk berkunjung ke Pantai Ngurbutut.

Terletak di Kabupaten Maluku Tenggara dengan pasir putih dan air berwarna kebiruan yang sangat jernih bagaikan kaca menjadi daya tarik tersendiri. Berkunjung ke Kota Ambon, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Ngurbutut dengan segudang pesonanya. Pemandangannya yang luar biasa bisa menjadi spot foto Instagram yang bisa Anda unggah ke akun media sosial Anda.

Harga tiket: Rp 200.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Warbal, Kecamatan. Kei Kecil Barat, Cab.Maluku Tenggara, Maluku.

7. Pantai Nanseri

Pantai NanseriFoto: Twitter/PanduanWisata.id

Sulit untuk dilewatkan, itulah kalimat yang pas untuk Pantai Nanseri. Airnya yang biru jernih dengan gradasi warna biru kehijauan menjadi ciri khas Pantai Nanseri. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini saat liburan, seperti bermain air, memancing, snorkeling, dan menyelam.

Namun yang paling menarik dan patut untuk dicoba adalah snorkeling dengan keindahan terumbu karang dan beragam ikan laut yang mempesona. Di salah satu bagian pantai terdapat sebuah batu besar yang menjadi daya tarik sekaligus spot foto bagi pengunjung. Di pinggir pantai terdapat perahu nelayan yang menjual ikan.

Anda bisa membeli ikan dan menikmati sensasi membakar ikan di tengah pantai. Meskipun sebagian besar pantai di Maluku berpasir putih, namun pasir di Pantai Nanseri berbeda. Pasirnya berwarna kecoklatan namun tetap memancarkan keindahan tersendiri.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Naku, Kec. Leitimur Selatan, Kota Ambon, Maluku.

8. Pantai Pulau Pombo

Alamat Wisata Pulau PomboFoto: Google Maps/Gary Murakami

Tak heran jika masuk dalam daftar pantai terindah di Kota Ambon, air yang jernih dengan gradasi biru kehijauan, hutan yang asri dan burung pombo yang merupakan burung endemik sudah cukup menjadi alasan Pantai Pulau Pombo. Terletak di antara pulau Ambon dan Haruku, pantai ini hanya bisa dikunjungi dengan speedboat.

Namun, Anda mendapatkan pemandangan target yang sangat mengesankan. Pasalnya perpaduan pemandangan dan suasana sejuk membuat setiap orang yang berlibur di pantai Pulau Pombo akan merasa senyaman berada di pantai pribadi. Sayang sekali jika dalam konteks wisata bahari, Anda melewatkan satu pantai yang ingin Anda kunjungi.

Harga tiket: -; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Wah, Kek. Salahutu, Kota Ambon, Maluku.

9. Pantai berpasir panjang

Pantai Pasir Panjang, MalukuFoto: Google Maps/Mendy Risamasu

Karena panjang garis pantainya yang mencapai 3 km, maka nama Pantai Pasir Panjang sangat tepat. Pantai ini terletak jauh dari Kota Ambon namun tetap menarik perhatian pengunjung. Bagaimana tidak, Pantai Pasir Panjang menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Tentunya dengan air yang jernih berwarna biru dengan gradasi hitam-biru. Udaranya sejuk dan pepohonan berjejer rapi di sepanjang pantai, sehingga pengunjung mana pun tidak perlu takut terkena sinar matahari langsung. Fasilitas yang ada antara lain toilet, warung makan dan minum serta kebersihan pantai selalu terjaga.

Harga tiket: Rp15.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Ngurbloat, Kec. Tual, Cab.Maluku Tenggara, Maluku.

10. Pantai Namalatu

Pantai NamalatuFoto: Google Maps/Adi Aghoy

Pesona Pantai Namalatu berbeda dengan kebanyakan pantai di Kota Ambon. Pantai Namalatu menghadap ke Laut Banda, laut terdalam di Indonesia. Gradasi air lautnya sungguh menarik perhatian setiap pengunjung.

Salah satu daya tarik yang dimiliki Pantai Namalatu adalah banyaknya pecahan batu kecil dan warnanya yang putih jernih. Jadi terlihat seperti memiliki pasir putih yang berkilauan diterpa sinar matahari. Saat Anda berkunjung ke pantai ini rasanya mustahil jika Anda tidak tertarik untuk menyelam ke perairannya.

Jernihnya air pantai semakin memukau dengan warna hijau zamrud dan biru menarik yang akan sangat memanjakan mata Anda. Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup memadai seperti pendopo, tempat makan, toilet, dan fasilitas bermain untuk keluarga atau anak-anak.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Latuhalat, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

Inilah rekomendasi wisata pantai indah di Ambon yang paling populer. Keindahan setiap pantai di Kota Ambon sudah tidak perlu diragukan lagi. Setiap pantainya masih alami dan selalu dijaga kebersihannya. Alangkah baiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik jika berencana mengunjungi wisata bahari yang memiliki batasan akses tertentu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button