Tempat Wisata

11 rekomendasi wisata Garut kekinian dan Instagrammable

Pariwisata di Garut banyak diminati oleh wisatawan baik dari kota Garut maupun dari luar kota. Garut sendiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak tidak jauh dari Bandung sehingga banyak dikunjungi wisatawan yang juga berwisata di Bandung.

Tempat wisata di Kabupaten Garut ini banyak sekali, ada yang sudah ada sejak lama dan ada pula yang baru muncul. Beberapa rekomendasi wisata yang patut dikunjungi saat berlibur di Kabupaten Garut ada di artikel ini!

Rekomendasi Wisata di Garut

Jika Anda berencana berkunjung ke Kabupaten Garut, Anda wajib menyimak artikel ini sampai habis agar tidak bingung ingin menghabiskan waktu di mana saat liburan tiba.

1. Komplek Wisata Darajat

Rekomendasi tempat wisata di Garut yang pertama adalah Komplek Wisata Darajat. Tempat wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota Garut, sehingga sangat mudah dijangkau oleh Anda dan keluarga. Di lokasi kompleks ini, Anda bisa menikmati pemandian air panas dengan pemandangan dari atas.

Di kompleks ini Anda bisa mandi atau mandi air panas. Berendam di air panas memiliki banyak manfaat, antara lain melancarkan sirkulasi, relaksasi, dan menghilangkan rasa penat sepulang kerja atau sekolah.

2. Desa Naga

Rekomendasi kedua saat Anda berada di Garut adalah mengunjungi Kampung Naga. Namanya memang agak seram ya, namun sensasi atau pengalaman berwisata di desa naga adalah sesuatu yang hanya akan Anda dapatkan jika datang ke sini.

Sebenarnya Kampung Naga termasuk wilayah Tasikmalaya yang berbatasan dengan Garut, sehingga Anda bisa berwisata ke sini jika berkunjung ke Garut. Di Desa Naga sendiri anda bisa mengagumi keindahan alam yang masih sangat asri.

Selain indah, Anda juga bisa menikmati dan melihat langsung bagaimana kehidupan masyarakat berbudaya Sunda. Budaya Sunda di Kampung Naga masih sangat terjaga dan dilestarikan sehingga memungkinkan Anda menikmati pemandangan indah bernuansa Sunda.

3. Lembah Karacak

Rekomendasi ketiga adalah tempat wisata terbaru di Garut karena tempat ini masih tergolong baru dan cocok untuk wisatawan segala usia. Objek wisata ini berupa sepetak hutan pinus dan perkebunan kopi.

Lokasi objek wisata ini masih berada di kecamatan Garut, sehingga anda bisa mampir sebentar dan mudah untuk mencapainya. Di sini Anda bisa menikmati keindahan pohon pinus dan kopi sambil menghirup udara segar. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen karena tempatnya instagramable.

4. Kawah Kamojang

Tempat wisata ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Garut dan Bandung. Di tempat wisata ini Anda bisa melihat uap panas bumi keluar dari beberapa kawasan Kawah Kamojang. Di sini Anda juga bisa mandi air panas untuk relaksasi.

5. Taman Mawar Situhapa

Setelah keluar dari Kawah Kamojang, Anda bisa mengunjungi Sithapa Rose Garden karena lokasinya masih satu arah. Di sini Anda bisa melihat taman mawar yang sangat luas. Jika beruntung Anda bisa melihat keindahan bunga mawar yang bermekaran dengan berbagai warna.

Selain itu, Anda juga bisa bersantap di restoran yang ada di tempat wisata Situhapa Rose Garden. Harga makanan di sini juga sangat terjangkau sehingga nyaman di dompet. Jadi Anda bisa menikmati santapan Anda dengan pemandangan taman mawar yang indah.

6. Candi Cangkuang

Kabupaten Garut tidak hanya sarat dengan wisata alam saja, namun juga menawarkan wisata sejarah khususnya ke candi. Jika berkunjung ke Garut, tak ada salahnya mengunjungi Candi Cangkuang. Karena letak candi ini sangat dekat dengan jalan raya, maka sangat mudah untuk mencapainya.

Pura Cangkuang berada di tengah telaga kecil, sehingga harus menaiki rakit yang disediakan pengelola. Selain mengunjungi pura, Anda juga bisa mengunjungi desa adat Pulo yang berada di pinggiran pura.

7. Di Bawah Langit

Kalau rekomendasi wisata ini cocok banget buat para pecinta alam. Untuk memasuki tempat wisata ini Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan ada biaya tambahan jika menginap di campsite, glamping camp atau cottage house.

Di tempat wisata ini anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus serta udara yang masih sejuk dan sejuk. Ada taman bermain. Jadi jika Anda membawa anak-anak, mereka bisa bermain di taman bermain, sedangkan Anda bisa menikmati alam terbuka dengan membawa perlengkapan piknik atau berkemah.

8. Situ Bagendit

Jika anda sedang mencari tempat wisata garut terdekat, anda bisa mengunjungi Bagendit. Pasti Anda tahu nama danau ini. Danau ini hanya berjarak sekitar 4km dari pusat kota Garut dan berada di pinggir jalan raya sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Di sini Anda bisa mengagumi keindahan Danau Bagendit dengan menaiki rakit atau perahu kayuh berbentuk bebek. Jika akhir pekan, Anda akan menemukan warung makan unik di tengahnya.

9. Air Terjun Orok

Curug Orok merupakan kawasan wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan ketenangannya sejak zaman Belanda. Tiket masuknya sendiri sangat terjangkau yaitu Rp 15.000 sudah termasuk biaya parkir.

Anda bisa menghabiskan waktu merenungkan keindahan air terjun di objek wisata ini. Anda juga bisa bermain air jika kondisi air tidak terlalu tinggi. Di sini juga terdapat tempat perkemahan bagi Anda yang ingin merasakan tidur di sini dengan tenda.

10. Pantai Santolo

Jika sebelumnya rekomendasi tempat wisata mengacu pada dataran tinggi, kali ini tidak. Objek wisata ini merupakan pantai indah yang ada di Kabupaten Garut. Pantai Sentolo merupakan salah satu pantai paling terkenal di Garut.

Pantai berpasir putih ini menarik banyak wisatawan. Di sini Anda bisa menikmati lembutnya ombak sambil bermain pasir. Anda juga bisa membeli atau membawa makanan dan minuman di pantai ini dan piknik sederhana bersama keluarga.

11. Desa Sampireun

Jika Anda merasa lelah setelah berkeliling Garut, Anda bisa mengunjungi desa Sampireun. Kampung Sampireun adalah resor dengan spa. Tempat ini menjadi tujuan wisata khususnya bagi yang berbulan madu.

Di sini Anda bisa melepas kepenatan perjalanan sambil menikmati indahnya pemandangan alam resor. Anda dapat melakukan spa dengan pemandangan danau di tengah resor, yang pasti akan membantu Anda bersantai.

Anda juga bisa menyewa kamar di resor ini dengan harga sekitar Rp 1.500.000-2.000.000 per malam untuk satu kamar. Jika Anda memutuskan untuk memesan kamar di resor ini, Anda akan merasa seperti sedang menginap di bungalow mewah.

Menutup

Garut merupakan daerah yang terkenal sebagai tujuan wisata. Beberapa rekomendasi wisata Garut di atas bisa Anda jadikan referensi tambahan saat berkunjung ke Garut bersama keluarga atau teman.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button