Tempat Wisata

11 Spot Foto di Pantai Siung Gunung Kidul – Tiket Masuk

Pantai Siung, banyak wisatawan yang mengatakan bahwa tempat wisata di Yogyakarta ini adalah surga yang tersembunyi. Keindahan karang dan birunya air laut sungguh memukau.

Bibir pantainya tidak terlalu lebar seperti di parangtritis. Namun, selalu ada yang istimewa yang tersaji di tempat ini. Seolah-olah objek wisata ini memang disiapkan sebagai ikon wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Menurut warga setempat, nama Siung berasal dari bentuknya. Coba lihat dari jauh atau dari atas dengan drone. Sehingga akan terlihat seperti bentuk gigi Siung Wanara atau binatang kera.

Simak juga daftar Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta terlengkap untuk dijadikan referensi liburan.

Biaya masuk ke Pantai Siung

Biaya masuk ke Pantai CengkehFoto:

Harga tiket masuk ke Pantai Siung adalah 10.000 rupiah yang sudah termasuk biaya masuk ke Nglambor dan Jogan yang masih dalam satu kawasan.

Untuk biaya parkirnya sendiri kita dikenakan 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 rupiah untuk kendaraan bermotor.

Harap dicatat bahwa tiket dan biaya lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Kunjungi juga pantai Sundak Gunung Kidul yang masih berdekatan.

Rute ke lokasi

Rute menuju lokasi Carnation BeachFoto:

Alamat Pantai Siung adalah Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 70 km. Anda juga bisa mencapai kawasan ini dari Klaten atau Solo

Rute menuju Pantai Siung jika anda datang dari kota Yogyakarta. Arahkan kendaraan ke daerah Piyungan, Pathuk, Wonosari dan Jalan Baron. Selanjutnya masuk ke jalur Mentel – Bintaos – Tepus – lalu pertigaan Winangun. Kemudian belok kiri dan Anda akan sampai ke titik lokasi.

Jalan menuju pantai anyelir lainnya mengarah melalui Klaten. Arahkan kendaraan Anda ke Semanu, Giripanggung, Sumber Wungu. Kemudian Klayu, Gude, Blekonang, hingga Winangun. Anda akan segera mencapai tujuan Anda.

Bagi Anda yang memulai solo di kota. Arahkan kendaraan menuju Sukoharjo, Wonogiri, Praci. Saat Anda sampai di pertigaan pasar Praci, belok kiri. Ikuti saja jalan sampai Anda menemukan pertigaan sebelum pasar runtuh.

Belok kanan, Anda akan segera memasuki pasar squishy. Lurus terus hingga pertigaan Winangun dan belok kiri hingga tiba di destinasi wisata Kotapraja Tepus.

Kunjungi juga Pantai Wedi Ombo yang menawarkan pemandangan sunset terbaik.

Kegiatan yang dapat dilakukan

Alamat Pantai CengkehFoto:

Meski masih tergolong sepi di kawasan ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menghibur.

Tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang namanya cukup terkenal.

1. Berkemah

Wisata Pantai AnyelirFoto:

Salah satu destinasi wajib di wisata pantai Siung adalah berkemah. Terdapat bumi perkemahan di sisi timur pantai yang digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda dan menikmati dinginnya malam sambil mendengarkan nyanyian deburan ombak yang tiada henti.

Di kawasan ini juga terdapat rumah panggung yang mampu menampung hingga 15 orang. Cobalah menikmati sunset dari sini. Juga, jika Anda datang dari bulan November hingga Februari. Sinar matahari akan terlihat menyilaukan.

2. Naiki bukit

Jalan menuju Pantai CarnationFoto:

Pantai Siung memang terkenal dengan keajaiban karangnya. Jadi jangan lewatkan untuk naik ke atas bukit dan menikmati keindahan kawasan ini dari atas bukit.

Namun, jalan menuju bukit ini tidaklah mudah. Jalannya sempit dan kontur jalannya naik turun. Anda harus ekstra hati-hati agar tidak jatuh. Pasalnya jurang menganga dengan bebatuan karst khas Gunung Kidul ini dipastikan akan menimbulkan luka serius jika terjadi benturan.

Dari sini kita juga bisa mengamati monyet vervet yang bermigrasi, terkadang turun dari atas. Jangan ganggu mereka karena mereka adalah hewan yang cukup jinak dan ramah. Namun, perlu diingat aturan tentang tidak membawa makanan terlalu banyak. Karena monyet namanya tetap hijau saat melihat makanan.

Ada harga 5.000 rupiah untuk mendaki ke puncak bukit ini. Nah, disarankan untuk membawa bekal yang lengkap. Namun cukup lembut dan tidak membutuhkan jarak yang jauh. Namun, saat konsentrasi tinggi, Anda merasa haus dan lapar.

Kunjungi juga Pantai Slili yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Daya tarik lainnya adalah Pantai Siung Gunung Kidul

Tempat wisata Pantai CengkehFoto:

Jika Anda puas dengan aktivitas yang ditawarkan, jangan pulang.

Karena kita disuguhkan atraksi lain yang tak kalah mempesona.

1. Berenang

Jalan menuju Pantai CarnationFoto:

Pantai Siung terbuat dari karang, berenang tidak mungkin. Namun yang istimewa di sini adalah adanya kolam alami yang tersusun dari jumbai-rumbai karang dan airnya ada karena adanya ombak yang datang.

Kolam di sini dalamnya sekitar 1 meter. Airnya agak kehijauan karena lumut yang menempel di karang. Areanya cukup luas dan bisa menampung 5 hingga 10 orang.

2. Kenali fotogenik

Wisata Pantai AnyelirFoto:

Fenomena alam memang sayang jika diabaikan begitu saja. Seperti air terjun spontan. Ke mana harus pergi ketika ombak besar datang. Air ini akan terhalang oleh karang dan air akan mengalir sedemikian rupa sehingga menciptakan air terjun yang mengesankan.

Dari atas bukit kita bisa melihat perpaduan karang dan birunya air laut. Rasanya seperti berada di dunia lain. Terutama saat eksposur senja akan turun. Sungguh, malas untuk pulang.

Juga, lihat ulasan kami sebelumnya tentang Pantai Baron untuk banyak peluang foto populer.

3. Memancing

Wisata Pantai AnyelirFoto:

Daya tarik lain dari sini adalah memancing. Banyak wisatawan dapat menggunakannya di beberapa tempat di sini. Anda bisa bertanya kepada beberapa penduduk setempat di mana tempat memancing tersebut.

Menariknya, banyak ikan yang bisa ditangkap dan dimakan saat berkemah. Rasanya tidak laris meski tanpa bumbu. Bau ikan laut benar-benar terasa. Selain itu, saat cuaca dingin di malam hari, sangat nyaman untuk menikmati ikan.

4. Mendaki

Jalan menuju Pantai AnyelirFoto:

Inilah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata pantai Siung ini: panjat tebing. Tebing-tebing yang menjulang memang sangat mengesankan. Mendaki adalah sebuah komitmen, terutama bagi Anda yang menyukai tantangan.

Menurut kabar, kawasan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan Jepang. Karena pada tahun 1989 mereka datang dan berkunjung ke tempat ini untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra.

Menurutnya, bentuk bebatuan tersebut terlihat sangat seksi saat dipanjat. Tingkat kesulitannya cukup tinggi. Inilah alasan mengapa turis Jepang datang dan berlatih olahraga ini.

Hal ini sungguh menggembirakan mengingat tempat wisata ini dulunya merupakan tempat kompetisi. Pada Pertemuan Panjat Tebing ASEAN. Tidak tanggung-tanggung pesertanya juga mencapai 250 orang.

Tidak hanya warga ASEAN, warga Eropa dan Asia juga menikmati tempat ini. Oleh karena itu, tempat di Yogyakarta ini disebut sebagai tempat panjat tebing terbaik di dunia. karena ada sekitar 250 jalur pendakian yang sangat mengesankan.

Kunjungi juga Pantai Seruni yang masih jarang dikenal di kalangan wisatawan.

Pantai Siung adalah keindahan yang sempurna di Yogyakarta. Banyak turis merekomendasikannya. Bagi Anda yang sangat menyukai tantangan, jangan lupakan wisata panjat tebing yang sangat seru dan mendebarkan. Kapan Anda akan mengunjungi tempat ini?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button